Penjelasan Smart Home dan Manfaat untuk Sehari-Hari

Indobot Academy

Penjelasan Smart Home dan Manfaat
Bagaimana Penjelasan Smart Home dan Manfaat untuk Sehari-Hari

Smart Home (Rumah Cerdas) berbasis IOT adalah bagian oleh inovasi IOT (Internet of Things), yang di mana seluruh benda atau perabotan sehari-hari yang akrab dengan dan juga kehidupan masyarakat “dibuat menjadi pintar” karena integrasi teknologi didalam bentuk chip serba bisanya.

Dalam hal Smart Home, Internet of Things akan hadir dalam rupa barang-barang yang biasa di temui di tempat tinggal orang kebanyakan Dengan Smat Home rumah biasa akan menyediakan kenyamanan, keamanan, efisiensi energi bagi rumah setiap saat. Teknologi ini dapat bekerja saat orang ada di rumah maupun tidak ada di rumah.

Contoh Video Aplikasi Smart Home Android Arduino dari Duwi Arsana

Sistem yang serba otomatis bisa sangat membingungkan para pengguna teknologi yang terbagi antara yang berpengalaman (generasi milenial yang lebih muda) serta yang belum pernah membiasakan diri dengan internet yang serba praktis (pada rentang usia yang lebih tua).

Baca juga Mengenal Konsep Smart Farming

Hal ini, tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi teknologi Smart Home di Indonesia untuk mulai di aktivasikan di dalam target marketnya: para keluarga.

Manfaat Smart Home

Berdasarkan Penjelasan diatas, adapun manfaat dari Smart Home  adalah sebagai berikut :

1. Mudah Di gunakan

Smart Home mudah di gunakan karna dengan teknologi IOT saat ini semuanya menjadi praktis dengan begitu penghuni tempat tinggal maupun apartemen tidaklah perlu repot mengontrol perabotan yang terdapat di dalamnya, misalnya menyalakan perangkat elektro, lampu, jendela juga pintu.

2. Kegiatan di rumah menjadi praktis

Dengan menggunakan fitur Smart Home pengguna akan di beri akses mudah dalam mengakses fitur-fitur Smart Home hanya dengan menggunakan Smartphone pribadi anda, seperti contohnya kita bias mengakses lampu rumah, membuka pintu rumah dari Smartphone, atau juga bisa mengakses cctv rumah dari Smartphone, dan masih banyak lagi.

3. Menjamin Keamanan

Dengan Adanya teknologi Smart Home keamanan rumah ataupun apartement akan bisa terjamin. Jadi kita tidak perlu risih maupun gelisah saat kita ada di rumah maupun tidak ada di rumah. Smart Home umumnya di lengkapi dengan hak akses pada pintu buat masuk ke di dalam tempat tinggal. Misalnya sidik jari, pendeteksi retina, password ataupun RFID. Selain itu semakin kondusif bila di lengkapi dengan kamera CCTV online dan juga alarm yang akan terpicu jika keamanan di tembus.

Baca juga Datasheet ESP8266

4. Ramah lingkungan dan Energi

Fitur penting dan utama yang muncul dari Smart Home ini merupakan perlindungan sumber daya yang terbatas di bumi. Semakin banyak orang menjadi sadar akan kemampuan menciptakan rumah mereka benar-benar cerdas dan juga ramah lingkungan (hijau) dengan memanfaatkan pengendali tempat tinggal yang terintegrasi dengan dan juga semua sub-sistem tempat tinggal untuk meningkatkan penghematan dengan mengendalikan pencahayaan, penutup jendela, HVAC, irigasi dan juga dengan memantau penggunaan.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp