Penting Nggak Sih Sertifikasi Guru?

Indobot Academy

Halo para guru semuanya.

Kalian pasti tidak asing dengan istilah sertifikasi. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan juga dosen. Sertifikat pendidik akan menjadi bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru atau bahkan dosen sebagai tenaga profesional.

Sebenarnya apa saja sih kegunaan dari adanya sertifikasi guru?

Menentukan kelayakan guru sebagai agen pembelajaran

Guru sebagai agen pembelajaran dimaksudkan bahwa seorang guru adalah salah satu hal pokok yang diperlukan untuk menjalankan suatu fungsi pembelajaran. Dengan fungsi yang penting ini, kita membutuhkan kelayakan dari guru tersebut. Mungkin kita sering menemukan berbagai guru yang sudah mengabdikan dirinya ke pendidikan dalam jangka waktu lama hingga kita tidak perlu mempertanyakan apakah guru tersebut layak atau bahkan tidak. Namun dengan adanya sertifikasi, kita dapat memastikan tanpa harus mengetahui latar belakang atau sisi lainnya untuk mengetahui bahwa guru tersebut layak menjadi seorang guru.

Belajar Elektronika, Arduino, dan juga IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Meningkatkan proses dan juga mutu pendidikan

Adanya sertifikasi akan meningkatkan proses dan mutu pendidikan untuk siswa. Proses dan mutu pendidikan dapat didukung dengan adanya kemampuan-kemampuan yang dimiliki guru untuk menyampaikan materi. Seperti yang sudah kita tau, bahwa banyak orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi dengan berbagai pengalaman yang banyak, namun tidak bisa memberi pemahaman untuk orang lain. Dengan sertifikasi, Membuat proses pendidikan lebih berkualitas dan efektif.

Meningkatkan martabat guru

Guru akan mendapatkan bekal dari berbagai pendidikan formal dan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan selama proses sertifikasi. Banyaknya ilmu mereka berikan siswa, secara psikologis akan meningkatkan martabat guru tersebut.

Meningkatkan profesionalisme

Guru yang profesional dapat ditentukan dari pendidikan, pelatihan, pengembangan diri, dan juga aktivitas lainnya yang sesuai dengan profesinya. Dengan mengikuti sertifikasi, kita akan mendapat pengalaman untuk meningkatkan profesionalitas kita sebagai guru.

 

baca juga: Pentingnya Belajar IoT untuk Siswa SMK

 

Nah, dari berbagai kegunaan di atas, maka manfaat paling utama dari sertifikasi guru adalah sebagai berikut.

Melindungi Profesi dari praktik yang merusak Citra Guru

Antar sesama guru harus saling menjaga citra guru sebagai seorang guru. Sertifikasi akan memberikan tanggung jawab kepada guru untuk menjadi profesional di bidangnya.

Melindungi Masyarakat dari praktik pendidikan yang tidak berkualitas dan profesional

Adanya oknum guru yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat akan membuat masyarakat ragu untuk menitipkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan secara formal di sekolah. Adanya sertifikasi dapat meyakinkan masyarakat terkait tugas seorang guru sebagai seorang pendidik.

Meningkatkan kesejahteraan ekonomi guru

Guru sebagai profesi dapat fokus dalam profesinya. Keadaan ekonomi dari guru juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesejahteraan guru di seluruh Indonesia.

Hal yang lebih penting lagi kenapa guru membutuhkan adanya sertifikasi adalah supaya lebih memahami hak dan kewajibannya seperti tercantum dalam UU No.14/2005 pasal 14 ayat 1 antara lain : 
  1. memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.
  2. mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja.
  3.  memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual.
  4. memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi.
  5. memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan.
  6. memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan ikut menentukan kelulusan, penghargaan, dan/atau bahkan sanksi kepada peserta didik sesuai dengan kaidah pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundang-undangan.
  7. memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas.
  8. memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi.
  9. memiliki kesempatan untuk berperan dalam menentukan kebijakan pendidikan.
  10. memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi.
  11.  memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

 

baca juga: Program Kolaborasi SMK dan Industri Membangun Startup

Keuntungan

Berbagai keuntungan di atas adalah bonus dari adanya sertifikasi. Hal dalam pengembangan diri sebagai seorang guru adalah melalui adanya pelatihan-pelatihan. Apalagi untuk guru yang mengajarkan materi keteknikan seperti guru elektro, elektronika, mesin, otomasi industri, otomotif, sipil, arsitektur, dan lain sebagainya. Berbagai pelatihan dalam sertifikasi akan meningkatkan skill guru dalam bidang tersebut.

Seperti yang kita tau, bahwa teknologi tidak pernah berhenti berinovasi. Guru pun dituntut untuk tidak berhenti belajar materi atau bahkan tool yang lama dan sudah ada. Namun guru diharapkan dapat memahami teknologi baru dan dapat mengajarkannya kepada siswa. Hal yang paling minimal dari teknologi baru ini adalah penjelasan secara lisan dan juga pengalaman secara langsung untuk memberi gambaran kepada siswa terkait teknologi tersebut.

Teknologi terbaru di bidang elektro, elektronika, mekatronika, otomasi industri atau yang berkaitan adalah seperti Internet of Things, Artificial Intelligence, Embedded System, Robotic, dan lainnya. Begitu juga yang ada pada jurusan-jurusan lainnya, pasti ada teknologi-teknologi baru yang harus diketahui oleh siswa.

Jadi anda sudah sertifikasi? Apakah tertarik untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk pengembangan diri?

Yuk semangat belajar dan juga mengajarkan.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau bahkan Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp