Persiapan Membuat Program Sederhana Pada Arduino

Indobot Academy

Persiapan Membuat Program Sederhana Pada Arduino

     Halo Sahabat Indobot lagi semangat-semangat nya yah belajar ardunio? , Nah sebelum kita memulai belajar pemrogram nya apa sajakah yang perlu kita persiapakan? apakah mahal memulai belajar program Arduino? jawabanya tidak, kita hanya butuh satu jenis Arduino ( bisa pakai Arduino Nano untuk harga yang lebih murah ) kemudian adalah Software Arduino IDE. Software nya bisa kamu download di software official Arduino sendiri. Download Arduino IDE nya disini.

     Setelah kita download Arduino nya sahabat Indobot, tinggal install di windows laptop kita. Cara nya cukup mudah, klik Arduino.exe nya kemudian click install sampai selesai.

Tahapan  belajar ardunio selanjut nya adalah kita bahas bersama di bawah ini.

Cara Upload Program Ke Ardunio

     Setelah di install software free dari Arduino IDE ini Sahabat Indobot , langkah selanjut nya adalah bagaimana cara memasukkan program ke dalam Arduino nya. Cara nya cukup mudah. Langkah pertama adalah pilih jenis board Arduino nya, apakah menggunakana Arduino Mega2560, Arduino Nano, Arduino Uno atau jenis Arduino lainya. Untuk Lebih jelas nya lihat gambar di bawah ini.

Sumber gambar : Galeri Pribadi

Nah, Setelah kita pilih pastikan tipe Arduino Board nya dengan Arduino yang kita punya, langkah selanjut nya adalah memilih PORT berapa Arduino kita terdeteksi. Cara nya sama seperti di atas, clik tools –> port ( pilih port ). Jika kita sudah plugin usb Arduino ke USB laptop atau PC maka akan terdeteksi di port mana Arduino kita.

Konsultasikan project mu bersama Tutor Indobot Academy dengan cara registrasi melalui tombol di bawah! 

Pastikan tipe board Arduino dan juga port yang terhubung ke Laptop sama dengan settinangan di Arduino Ide nya , ya sahabat Indobot

Setelah kita setting tipe board dan port nya, langkah selanjut nya adalah kita coba upload example program Arduino ke Arduino kita. Cara nya cukup mudah, clik file –> example –> 01.Basic –> blink, lebih jelas nya lihat pada gambar di bawah ini sahabat Indobot.

Sumber Gambar : Galeri Pribadi

Nah, kita akan mendapatkan satu file coding arduino untuk memprogram led internal nya Arduino board kita, coding nya kira kira seperti coding di bawah ini untuk belajar ardunio.

// the setup function runs once when you press reset or power the board

void setup() {

  // initialize digital pin LED_BUILTIN as an output.

  pinMode(LED_BUILTIN, OUTPUT);

}

// the loop function runs over and over again forever

void loop() {

  digitalWrite(LED_BUILTIN, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the voltage level)

  delay(1000);                       // wait for a second

  digitalWrite(LED_BUILTIN, LOW);    // turn the LED off by making the voltage LOW

  delay(1000);                       // wait for a second

Nah, sudah dimasukan Sahabt Indobot ?

Setelah itu tinggal upload program nya ke Arduino Board kita. Tombol upload program nya bisa kita lihat tepat dibawah menu edit. Lambang panah ke kiri, lebih jelas nya bisa di lihat pada gambar di bawah ini

Sumber gambar : Galeri Pribadi

 

Setelah selesai akan muncul pemberitahuan done uploading pada bagian bawah Arduino Ide nya. Coba lihat apa yang terjadi sahabat Indobot

Oke langkah-langkah sebelumnya akan menjadi terbiasa bagi teman-teman mikro ketika belajar belajar ardunio. Semoga tulisan ini bermanfaat ya Sahabat Indobot. Nah, itu dulu ya sahabat Indobot materi belajar ardunio untuk kali ini, eits tenang untuk pembahasan lengkapnya akan dibahas pada materi selanjutnya, makanya bookmark dulu website kita dan tunggu update an dari kita ya !

[zombify_post]

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp