Perusahaan Ini Siapkan Integrasi IoT dan Kendaraan Listrik

Indobot Academy

motor listrik selis agats terintegrasi iot
motor listrik selis agats terintegrasi iot

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk memiliki rencana untuk mengembangkan teknologi IoT guna memantau dan mengawasi kendaraan listrik. Serta membangun ekosistem pengisian daya (charging station) guna mendukung penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mengembangkan lingkungan kendaraan motor berbasis listrik. PT TKDN dan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta meresmikan unit motor listrik merek Selis Agats Patroli yang di modifikasi untuk digunakan sebagai kendaraan operasional Dishub.

Selis Agats Patroli adalah hasil modifikasi resmi dari motor listrik Selis buatan PT Juara Bike yang telah di sesuaikan dengan kebutuhan patroli.  Yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Motor listrik ini dirancang khusus untuk mendukung aktivitas patroli di jalan raya.

Dengan kecepatan mencapai 65 km/jam dan jarak tempuh 60 km, motor listrik Selis Agats Patroli di dukung oleh baterai Lithium 72 Volt 23 Ah dan dinamo berkapasitas 2.000 Watt. Performa yang tangguh ini membuat motor listrik Agats cocok di gunakan di berbagai jenis medan.

Selis Agats Patroli yang di tingkatkan desainnya juga di lengkapi dengan aksesoris tambahan yang menambah tampilannya yang gagah. Modifikasi yang di lakukan oleh Selis pada model ini mencakup penambahan ruang penyimpanan di bagian belakang dalam bentuk kotak (box). Dengan kapasitas 22 liter, yang di kenal dengan merek Givi. Selain itu, motor ini telah di lengkapi dengan STNK dan BPKB sehingga dapat di gunakan dengan sah di jalan raya. Sesuai dengan kendaraan pada umumnya.

Baca juga Keunikan Sepeda Listrik Semarang dengan ioT Tracker

Modifikasi ini meliputi penambahan box penyimpanan, lampu strobo, dan sirine patroli. Upacara peresmian di lakukan di Cikupa, Tangerang. David Santoso, Direktur Utama PT TKDN, mengungkapkan bahwa tahap awal kerja sama ini merupakan komitmen perusahaan. Dalam mendorong konsep smart city dengan memanfaatkan kendaraan listrik yang terhubung dengan Internet of Things (IoT).

Fleet Management System dengan Integrasi IoT

Selain itu, PT TKDN memiliki rencana untuk mengembangkan teknologi IoT guna memantau dan mengawasi kendaraan listrik, serta membangun ekosistem pengisian daya (charging station) guna mendukung penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga Besaran Subsidi Kendaraan Listrik Indonesia

Dalam hal pemantauan dan keamanan armada, PT TKDN menyediakan layanan TAM Fleet yang melibatkan Fleet Management System dan perangkat IoT untuk armada. Solusi ini meliputi:

  1. Vehicle Planning & Scheduling: Membantu armada dalam merencanakan, menjadwalkan, dan mengoperasikan sistem transportasi dengan efisien. Hal ini meningkatkan efisiensi tim, memberikan informasi cepat saat terjadi kerusakan, dan mengurangi biaya perawatan.
  2. Real Time Dashboard dan Executive and Operational Dashboard: Memberikan pengawasan secara real-time terhadap armada.
  3. Digital Reconciliation: Dokumentasi pelanggaran pada dashboard dan perhitungan rekonsiliasi di lakukan secara digital.
  4. Driving-Anomaly Alert: Memberikan pemberitahuan secara real-time mengenai perilaku pengemudi yang menyimpang untuk pencegahan dan evaluasi.
  5. Teknologi AI: Memantau perilaku penumpang di dalam armada untuk menghitung jumlah penumpang secara real-time, serta mengidentifikasi medan jalan dengan akurasi tinggi guna meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas. Perangkat IoT ini terintegrasi dalam satu dasbor yang menggunakan analisis big data sehingga lebih akurat.

Dengan kerja sama ini dan pengembangan teknologi yang di lakukan oleh PT TKDN, langkah menuju penggunaan kendaraan listrik yang terhubung dengan IoT dan pengawasan yang canggih semakin dekat di masa depan.

Baca juga Bus juga udah pake Teknologi IoT

Kerja sama ini tidak hanya menunjukkan komitmen PT Juara Bike dan PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) dalam mengembangkan solusi kendaraan berbasis listrik yang ramah lingkungan. Tetapi juga mendorong penggunaan teknologi yang berkelanjutan dalam bidang transportasi. Dengan penekanan pada keberlanjutan dan inovasi, perusahaan-perusahaan ini telah bersama-sama menghadirkan solusi patroli. Denganlebih efisien dan berdampak positif bagi lingkungan.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp