Petani di Kutai Timur Dapat Memperkirakan Kondisi Cuaca dan Pupuk Akibat Bantuan Teknologi Internet of Things

Indobot Update

Indonesia sebagai negara agraris menjadikan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Pertanian Indonesia telah terkenal sejak zaman nenek moyang, mulai dari penggunaan teknologi tradisional hingga modern. Pertanian tradisional seringkali menggunakan acuan lama yang terkadang tidak sesuai dengan keadaan lapangan pada saat ini, oleh karena itu membutuhkan inovasi baru untuk menunjang pertanian kita, salah satunya dengan penerapan teknologi Internet of Things (IoT) yang berguna oleh petani pada Kabupaten Kutai Timur.

Penggunaan Teknologi Internet of Things Oleh Petani Kutai Timur

Petani Kutai Timur telah menggunakan teknologi berbasis Internet of Things guna memperkirakan cuaca dan penggunaan pupuk yang tepat untuk tanaman mereka. Menurut hasil wawancara petani Desa Miau yang dari laman aptika.kominfo.co.id mengatakan bahwa “Aplikasinya sangat bermanfaat. Cocok untuk melihat kondisi tanah dan curah hujan”. Selain itu, penggunaan perangkat Internet of Things bagi kegiatan pertanian dapat bermanfaat untuk memonitor kebutuhan unsur N, P, K pada tanah. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi dosis pemberian pupuk oleh para petani. Penerapan pertanian digital oleh para petani tidak hanya bermanfaat bagi produktivitasnya saja, akan tetapi dari segi pemasaran juga memiliki keuntungan karena dengan pertanian digital, di pikirkan juga penjualannya. Petani di sediakan toko tani, off taker, dan akses perbankan.

Dalam acara panen raya dan talkshow bertema “Petani Kini dan Esok : Kita dan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Hasil Usaha Tani” yang di selenggarakan di Desa Miau Baru, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, para petani menyampaikan kepuasan penggunaan teknologi modern bagi kegiatan pertanian mereka. Meskipun teknologi tersebut tergolong baru bagi mereka, akan tetapi manfaat dari teknologi tersebut sudah dapat di rasakan.

Dukungan Dosen Fakultas Pertanian UGM dalam Penggunaan Teknologi Modern pada Dunia Pertanian

Menurut Dosen Fakultas Pertanian UGM, Bayu Dwi yang di kutip dari laman aptika.kominfo.go.id, pertanian digital yang banyak di terapkan di penjuru wilayah Indonesia ini guna membangun ekosistem pertanian digital, dari hulu hingga ke hilir. Beliau mengatakan bahwa teknologi pertanian tidak hanya dimanfaatkan guna peningkatan produktivitas saja, akan tetapi harus bermanfaat pada sektor pemasaran.

Meskipun penerapan teknologi digital tersebut sempat menemui kendala, akan tetapi dapat di atasi dengan mengalihkannya ke website yang baru. Penggunaan teknologi digital tersebut, tentunya dengan dampingan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang senantiasa mendampingi para petani untuk menjalankan kegiatan pertanian yang terintegrasi dengan teknologi tersebut.

Apa harapan Direktorat Ekonomi DIgital Kemkominfo?

Berdasarkan hasil wawancara Bahtiar Minarto yang di kutip dari laman aptika.kominfo.go.id, beliau mengatakan “teknologi berupa sensor tanah dan cuaca di harapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas lahan”. Program transformasi digital tersebut di harapkan agar petani mendapatkan nilai tambah yang lebih tinggi akibat penerapan Internet of Things (IoT) pada kegiatan pertaniannya.

Belajar Perangkat Internet of Things dengan Menyenangkan

Pandemi Covid-19 yang sempat melanda Indonesia beberapa waktu lalu menyebabkan beberapa perubahan terhadap aktivitas yang di lakukan sehari-hari. Salah satunya adalah pembelajaran online. Mengingat kemajuan teknologi pada saat ini, berbagai perangkat telah terintegrasi dengan Internet of Things. Seperti perangkat pertanian yang di gunakan petani di Kutai Timur. Kemajuan tersebut menuntut kita untuk selalu berkembang, salah satunya adalah dengan mempelajari Internet of Things. Internet of Things memiliki potensi yang bagus bagi masa depan, sehingga menguasainya akan membantu kita selangkah lebih maju. Terdapat banyak cara untuk mempelajari Internet of Things. Salah satunya melalui Indobot Academy yang menciptakan pembelajaran Internet of Thins lebih terarah dan menyenangkan. Indobot Academy menyediakan berbagai E-Course dan Workshop dengan harga terjangkau untuk membantu masyarakat menguasai Internet of Things.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy/

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp