Platform Investasi Ternak Berbasis IoT

Indobot Academy

Sumber : https://www.ternaku.id/
Platform Investasi Ternak Berbasis IoT

[lwptoc]

Indonesia sebagai negara agraris, membuat sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan dunia pertanian, karena sebagian besar masyarakat hidup dari hasil pertanian.

Tingginya potensi pertanian Indonesia, khususnya sektor peternakan tentunya diperlukan dukungan teknologi untuk mengembangkan sumber dayanya. 

Seperti yang dikutip dari laman jateng.tribunnews.com, Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang memberikan dukungan teknologi berbasis Internet of Things bagi para peternak kambing di Desa Dermaji, Kabupaten Banyumas.

Inovasi tersebut dilakukan untuk mendukung para peternak agar produktivitas dan keuntungannya dapat ditingkatkan lagi.

Wah menarik ya! Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Desa Dermaji Manfaatkan Teknologi untuk Menunjang Kegiatan Budidaya

Peternakan merupakan salah satu sektor pertanian yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Seperti pada masyarakat Desa Dermaji yang sebagian besar masyarakatnya merupakan peternak.

Mendukung potensi tersebut, Institut Teknologi Telkom Purwokerto menciptakan inovasi dalam bentuk platform investasi ternak berbasis Internet of Things.

Pemberian inovasi berbasis Internet of Things kepada masyarakat Desa Dermaji tersebut karena desa ini sudah melek teknologi. Selain itu, Desa Dermaji juga sedang menuju pengembangan desa digital.

Ternaku, Platform Investasi Ternak Berbasis IoT

Platform investasi ternak berbasis Internet of Things ciptaan Institut Teknologi Telkom Purwokerto tersebut atau “Ternaku.id”.

Ternaku.id merupakan platform yang terintegrasi dengan perangkat Internet of Things, sehingga dengan menggunakan platform ini, para peternak memiliki beberapa keuntungan.

Keuntungan tersebut adalah semua data dari perangkat dapat kita sajikan dalam bentuk digital. Kemudian, peternak dapat melakukan monitoring hewan ternaknya cukup melalui aplikasi saja. 

Penggunaan perangkat Internet of Things tersebut tentunya sangat memberikan keuntungan bagi para peternak, karena kegiatan budidaya dapat kita monitoring dengan lebih mudah dan efektif.

Selain untuk monitoring kegiatan budidaya, melalui Ternaku.id peternak dapat mengetahui estimasi harga jual dan laporan keuangan. Mengingat banyaknya peternak dalam skala kecil yang laporan keuangannya seringkali tidak tercatat dengan baik.

Harapannya, melalui platform ini para peternak di Desa Dermaji dapat lebih memperoleh keuntungan dari budidaya ternaknya. Selain itu, Desa Dermaji juga menjadi percontohan desa lainnya dalam penerapan teknologi digital.

 

Yuk Belajar Internet of Things Mulai dari Sekarang!

Wah, Internet of Things ternyata memiliki segudang manfaat bagi kehidupan sehari-hari atapun bagi perekonomian kita.

Mempelajari Internet of Things bisa melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengikuti pembelajaran Internet of Things di Indobot Academy

Indobot Academy menyediakan pembelajaran dan jasa terkait Internet of Things, sehingga sudah teruji kualitasnya.

Yuk bergabung bersama Indobot Academy! Jadilah salah satu talenta di bidang Internet of Things yang akan memajukan perkembangan teknologi bangsa.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp