Presiden Jokowi Dukung Pentingnya Penerapan Teknologi Terbaru Pada Sektor Pertambangan

Indobot Update

Pertambangan merupakan salah satu sektor penyokong perekonomian Indonesia. Tanah Indonesia yang memiliki kandungan Sumber Daya Mineral melimpah mengakibatkan banyaknya titik pertambangan. Tingginya potensi pada sektor ini, harus sejalan dengan kemajuan teknologi yang gunakan. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sektor pertambangan Indonesia tidak boleh tertinggal dari segi teknologi, yang mana  adalah penerapan Internet of Things (Iot), artifical intelligence (Al), machine learning, dan big data yang dapat menerapkan pada indonesia guna kemajuan sektor pertambangan.

Teknologi 5G Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI)

Menurut Presiden Joko Widodo melalui wawancara yang dikutip dari laman artikel tirto.id, sektor pertambangan di Indonesia, seperti PT Freeport ini berlokasi di daerah terpencil dan sulit terjangkau jaringan, sehingga pengaplikasian 5G Smart Mining merupakan salah satu kemajuan Indonesia di sektor pertambangan. Beliau mengharapkan pengaplikasian teknologi yang merupakan hasil kerja sama antara PT Freeport Indonesia dan Telkomsel akan meningkatkan produktivitas Indonesia di sektor pertambangan. 

Karyawan Indonesia, Khususnya Papua Banyak yang Berkompeten dalam Pengoperasian Tambang Bawah Tanah melalui Kendali Jarak Jauh

Banyak karyawan asal Papua yang dapat menggunakan teknologi pertambangan jarak jauh. Hal tersebut tentunya mempermudah operasional tambang dan meningkatkan keselamatan kerja. Menurut Presiden Joko Widodo melalui wawancara yang dikutip dari laman artikel presidenri.go.id, beliau sangat gembira ketika mengetahui bahwa 99% dari total karyawan PT Freeport Indonesia yang dapat mengoperasikan tambang bawah tanah dari jarak jauh merupakan karyawan asal dari Indonesia, atau khususnya berasal dari Tanah Papua. 

Harapan Presiden Jokowi 

Penerapan 5G Underground Smart Mining yang merupakan pengaplikasian dari Internet of Things (IoT) mengharap dapat meningkatkan produktivitas sektor pertambangan Indonesia. Hal tersebut karena dengan adanya 5G Underground Smart Mining, aktivitas pertambangan bawah tanah dapat terpantau menggunakan kamera dan peralatan yang terkoneksi dengan Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI). Teknologi tersebut yakini akan mengakibatkan PT Freeport Indonesia memiliki reputasi yang baik dan makin berpeluang pada tingkat nasional maupun global, sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkontribusi untuk Tanah Air.

Manfaat Internet of Things (IoT)

Melalui teknologi 5G Smart Mining oleh PT Freeport Indonesia, Internet of Things (IoT) tentunya membawa dampak positif yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia dan memberikan kemudahan kegiatan operasional pertambangan. Internet of Things (IoT) dapat berguna pada berbagai sektor. Selain pada sektor pertambangan, Internet of Things (IoT) juga dapat pada sektor lain, salah satunya adalah pertanian. Indonesia sebagai negara agraris, membuat sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sehingga menanam adalah salah satu rutinitas bagi masyarakat Indonesia. Luasnya lahan pertanian seringkali berpengaruh pada biaya perawatan lahan karena membutuhkan banyak tenaga manusia. Inilah peran Internet of Things (IoT) bagi sektor pertanian akan sangat bermanfaat untuk menekan biaya perawatan lahan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi penyiraman dan pemupukan tanaman otomatis yang terintegrasi dengan Internet of Things (IoT). Teknologi tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi petani karena dapat dari jarak jauh dan dengan minimnya biaya tenaga kerja. 

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp