Project Arduino : Buat Rangkaian Arduino dengan Breadboard

Indobot Academy

Rangkaian Arduino dengan Breadboard pada Fritzing
Project Arduino Membuat Rangkaian Arduino dengan Breadboard pada Fritzing yuk Sahabat Indobot

  Halo Sahabat Indobot, Apa Kabar Nih, Masih Semangat kan untuk belajar ardunio Oke, balik lagi pada topik kita hari ini Project kedua sekarang , kita akan menggunakan dari pin 0 sampai 4 pada Arduino UNO untuk menyalakan sebuah Project Lampu LED Berjalan Menggunakan Arduino UNO, serta kita akan  memulai dari hardware dan software berserta cara kerjanya yang bermaksud membuat sahabat Indobot dapat mengerti dengan apa yang akan kita buat untuk belajar ardunio ini.

Pada bagian ini akan di jelaskan mengenai pembuatan rangkaian sederhana, membuat lampu berkedip dengan Arduino dan breadboard pada aplikasi Fritzing. Berikut langkah-langkah pembuatan rangkaian yang harus di ikuti sahabat Indobot :

  1. Buka aplikasi Fritzing,
  2. Pilih tab Breadboard. Breadboard terdiri dari jalur vertical dan jalur horizontal. Jalur vertikal ada di bagian tengah yang terdiri dari 2 x 64 jalur. Masing-masing jalur terdiri dari 5 titik vertical yang keduanya tidak saling tersambung. Jalur horisontal sebanyak 8 jalur, 4 jalur ada di bagian atas dan 4 jalur lagi ada di bagian bawah. Jalur ini bisanya di gunakan untuk power supply (VCC dan GND) untuk rangkaian yang akan di buat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah, garis-garis yang berwarna merah, hitam dan biru menunjukkan bahwa lubang tersebut terhubung secara fisik.

 

Baca Juga : Project Arduino Menyalakan Lampu Rumah (AC) Menggunakan Arduino

Pada tampilan awal, breadboard di setting secara default dengan ukuran full+. Untuk merubah ukuran breadboard, size dibagian Properties diganti sesuai dengan ukuran yang di butuhkan seperti tampak pada gambar di bawah.

  1. Jika ingin memutar posisi breadboard, dapat melakukan Rotate. Posisi breadboard dapat di putar 90 derajat ataupun 180 derajat. Sebelum melakukan Rotate, pastikan breadboard telah di pilih dan kemudian pilih Rotate.
  2. Selanjutnya menambahkan komponen board Arduino dengan cara memilih Parts Arduino yang ada di bagian sebelah kanan. Setelah board Arduino di pilih, misalnya Arduino Uno. Kemudian tarik dan letakkan board Arduino ke dalam jendela editor.
  3. Selanjutnya menambahkan LED (Light Emiting Diode) pada breadboard. LED merupakan komponen jenis semikonduktor yang dapat memancarkan cahaya. LED memiliki dua kaki, yaitu kaki bagian anoda (+) dan kaki bagian katoda (-). Sehingga dalam pemasangan komponen LED harus di perhatikan antara kaki anoda dan kaki katoda, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan LED akan rusak.

Kemudian pada bagian Parts, pilih menu CORE lalu cari komponen LED. Selanjutnya tarik komponen LED ke jendela editor. Kaki LED yang memiliki lekukan merupakan kaki anoda (+) sedangkan kaki yang lurus merupakan katoda (-).

Untuk merubah warna LED, dapat mengganti properties color yang ada di pojok kanan bawah, seperti tampak pada gambar di bawah.

  1. Selanjutnya manambahkan komponen resistor pada rangkaian. Untuk menambahkan komponen resistor, langkahnya hampir sama dengan menambahkan komponen LED diatas.
  2. Langkah terakhir yaitu menghubungkan setiap komponen Arduino dengan kabel jumper. Untuk menggunakan kabel jumper, cukup menarik ujung atau lubang yang berhubungan dengan setiap komponen yang akan di rangkai.

    Nah, itu dulu ya sahbat Indobot materi Project arduino dan belajar ardunio untuk kali ini, eits tenang untuk pembahasan lengkapnya akan dibahas pada materi selanjutnya, makanya bookmark dulu website kita dan tunggu update an dari kita ya !

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp