Project-Project NodeMCU ESP8266 di Bidang IoT

Indobot Update

Hai Sahabat Indobot.

Kalian lagi nyari project buat Internet of Things?

Internet of Things (IoT) merupakan sistem yang memudahkan kita dalam melakukan monitoring dan controlling meskipun berada di manapun dan kapanpun. Sistem ini memanfaatkan internet untuk saling terhubung. Tentunya dengan kemajuan jaringan saat ini, Internet of Things ini sudah sangat populer. Dalam sistem IoT, kita membutuhkan beberapa perangkat, seperti mikrokontroler, sensor, aktuator, cloud, dan interface.

Baca Juga : Komunikasi 2 NodeMCU ESP8266 tanpa Koneksi Internet (Client Server)

Mikrokontroler yang sering digunakan dalam project IoT adalah NodeMCU ESP8266. Device ini sering dipilih oleh pengguna, dikarenakan fasilitasnya yang sangat memenuhi kebutuhan IoT, salah satunya yaitu wifi. Ukuran dari mikrokontroler jenis ini juga pas dengan jumlah pin yang lumayan banyak. Jika kita merasa kurang dengan jumlah pin, kita dapat menambahkan dengan multiplexer, atau device tambahan pin lainnya dan yang paling penting adalah harganya yang tergolong murah dengan fasilitas yang dimiliki.

Nah dalam bahasan kali ini, kita akan merangkum beberapa project Internet of Thing yang menggunakan NodeMCU sebagai mikrokontrolernya. Minbot juga sediakan link yang dapat kalian kunjungi agar dapat langsung praktik. Itukan yang kalian mau. Hehe. Yuk langsung saja kita gaskeun.

Baca Juga : Tutorial IoT Mengirimkan Data dari NodeMCU ke Google Sheets

Monitoring Suhu dan Kelembaban BLYNK NodeMCU ESP8266

Suhu dan kelembaban sering digunakan sebagai project di sistem kendali, baik untuk project Controller otomatis, Monitoring biasa, maupun sistem IoT. Project ini menggunakan sensor DHT11 dan NodeMCU sebagai mikrokontrolernya. Sistem kerjanya mudah. Di mana suhu dan kelembaban di baca oleh DHT11, kemudian dikirimkan oleh NodeMCU ke Blynk. Mudah kan? Nah bisa kalian coba dengan tutorial di laman di bawah ya.

Monitoring Suhu dan Kelembapan BLYNK NodeMCU ESP8266

 

Pemantau Suhu Akuarium dengan IoT Telegram

Suhu akuarium disini dimaksudkan pada suhu air ya. Berbeda dengan yang di atas, suhu air diukur dengan sensor suhu DS18B20. Data yang diterima dari pembacaan sensor dapat diolah untuk membuat suatu alarm ketika suhu tidak sesuai dengan suhu air seharusnya untuk akuarium. Alarm ini berupa notifikasi beruntun yang akan dikirimkan ke aplikasi telegram anda. Bagaimana? Tertarik untuk membuatnya? simk aja langsung di tutorial berikut ini.

Pemantau Suhu Akuarium Menggunakan Sensor DS18B20 dengan IoT Telegram

Monitoring pH dan Kelembaban Tanah Menggunakan Platform Thingspeak

pH dan kelembaban tanah dibaca dengan 2 sensor yang berbeda ya gaes. Berbeda dengan suhu dan kelembaban yang dapat dibaca oleh satu sensor, yaitu DHT11. Sensor yang digunakan di project ini adalah sensor pH tanah dan sensor Soil moisture. 2 sensor ini dikirimkan oleh NodeMCU ESP8266 ke Thingspeak sebagai platform cloud dan untuk ditampilkan di smartphone. Bagaimana caranya? Simak aja di laman berikut.

IoT Pertanian : Monitoring pH dan Kelembaban Tanah Menggunakan Platform Thingspeak

Controlling Penerangan Rumah dengan Menggunakan Arduino IoT Cloud

Nah kali ini, kita tidak menggunakan sensor ya. Karena yang kita lakukan adalah controlling. Di project ini kita bisa mengendalikan beberapa lampu rumah dengan menggunakan smartphone. Cloud yang di gunakan adalah Arduino IoT Cloud. Jika pada monitoring kita mengirimkan data dari NodeMCU ke cloud. Dalam controlling, kita akan mengirimkan data dari cloud ke NodeMCU. Kemudian dieksekusi untuk mengaktifkan relay yang terhubung dengan lampu-lampu rumah. Penasaran? Intip aja di laman berikut ini.Tutorial IoT: Arduino IoT CLoud Sebagai Platform Controlling Penerangan Rumah

Alarm Anti Maling dengan Menggunakan Arduino IoT Cloud

Baca juga : Apa Perbedaan Edge Computing dan Cloud Computing

Ini merupakan project terapan, di mana kita menggunakan sensor Ultrasonik untuk mengetahui adanya orang yang membuka pintu rumah. Dengan begitu ketika kita sedang tidur atau berada di luar rumah, jika tiba-tiba sensor mendeteksi adanya orang yang melewati, maka akan ada alarm dan juga  ada info yang masuk ke smartphone. Sistem ini menggunakan arduino IoT Cloud untuk platform cloud-nya. Lebih lengkapnya kalian dapat lihat di laman berikut ini.

Tutorial IoT : Arduino IoT CLoud Sebagai Platform Keamanan Rumah Anti Maling

Smart Door Telegram Menggunakan Tombol Keypad

Project Smart Door dengan Keypad pasti sudah sering kalian dengar ya. Bahkan pasti sudah banyak yang buat. Nah di project ini, kita menggabungkan dengan IoT Telegram, di mana kita dapat melakukan pergantian pin dengan telegram. Kita juga dapat melakukan monitoring jika ada yang mencoba untuk membukanya dengan memasukan pin. Caranya gampang ko. Silakan bisa ikuti langkah-langkahnya di project berikut ini.

Tutorial Project Internet of Things : Smart Door Telegram Menggunakan Tombol Keypad

MP3 Player dengan Menggunakan IoT Blynk

MP3 Player yang biasa di gunakan untuk project mikrokontroler biasanya menggunakan DF Player Mini. Di mana kita dapat mengendalikan lagu apa yang ingin kita putar dengan program di Arduino IDE. Nah di project ini, kita akan memanfaatkan salah satu fasilitas Blynk yaitu Music Player. Di mana kita dapat mengendalikan lagu yang ingin kita putar dari jarak jauh. Simak tutorialnya di laman berikut ya.

Tutorial Menghubungkan DF Player Mini dengan Music Player di IoT Blynk

Project di atas hanya beberapa dari ratusan tutorial yang ada di blog kita. teman-teman dapat mencarinya di kolom pencarian ya.

Buat kalian yang baru belajar, jangan khawatir. Kalian dapat menghubungi Minbot untuk di arahkan apa yang perlu di pelajari untuk mendalami IoT dengan NodeMCU ini.

Selain itu, jika udah mentok banget nih, sedangkan project IoT kalian udah masuk ke deadline, silakan hubungi bagian Project ya (KLIK DI SINI). Pasti kami bantu.

Yok Semangat Yok.

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp