Webcam Toy, Ternyata Ini Cara Menggunakannya!

Indobot Academy

pengertian webcam toy adalah

Webcam Toy adalah sebuah aplikasi kamera web yang dapat diakses melalui browser web dan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau merekam video menggunakan kamera web mereka.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam filter dan efek yang dapat diterapkan pada gambar atau video yang diambil, sehingga pengguna dapat membuat gambar dan video yang unik dan menarik. Webcam Toy dapat digunakan secara gratis dan tidak memerlukan pengunduhan atau pemasangan perangkat lunak tambahan.

[lwptoc]

Kembali populer baru-baru ini sebab mendukung penggunaan di ponsel, tidak sedikit orang yang mencari lagi informasi cara menggunakan Webcam Toy. Seperti diketahui, platform buatan Neave Interactive ini telah ada sejak tahun 2013.

Di awal kemunculannya, produk software ini juga trending di kalangan pengguna media sosial sebab dapat menghasilkan foto-foto keren. Jika Anda penasaran ingin mencoba platform kamera ini, yuk, simak ulasan berikut!

Apa Itu Webcam Toy?

Webcam Toy adalah aplikasi foto selfie yang dikenal memiliki puluhan filter menarik. Mulai dari filter beauty, opsi kroma, stiker lucu, frame keren, dan masih banyak lagi fitur terbaik lainnya.

Dengan banyaknya fitur gratis tadi, software satu ini juga populer karena foto-foto yang dihasilkan tampak seperti buatan photobooth. Platform ini sangat patut dicoba oleh Anda yang hobi selfie dengan perangkat apa pun, baik itu PC, ponsel Android, maupun iOS.

Cara Menggunakan Webcam Toy di Berbagai Perangkat

Dulu, Webcam Toy hanya dapat digunakan di perangkat desktop, tetapi sekarang Anda bisa menggunakannya di ponsel juga. Berikut ini adalah cara menggunakan Webcam Toy di ponsel ataupun di beberapa perangkat lainnya yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya.

1. Cara Menggunakan Webcam Toy di Laptop atau Desktop

selfie webcam toy

Untuk menggunakan Webcam Toy di laptop ataupun desktop, Anda bisa membuka aplikasi Google Chrome terlebih dulu. Selanjutnya, ikuti tahapan berikut.

  • Ketik Chrome Web Store di kolom pencarian.
  • Tap situs web yang akan mengarahkan Anda ke situs Chrome Web Store.
  • Jika sudah masuk ke situs tersebut, input nama Webcam Toy di kolom pencarian.
  • Jika tidak ditemukan di bagian atas, Anda bisa menggulir layar ke bawah untuk menemukan aplikasi dengan nama Webcam Toy. Apabila sudah ditemukan, klik opsi tersebut.
  • Selanjutnya, klik tambahkan ekstensi untuk menginstal program tersebut.

Tidak butuh waktu lama untuk menginstal aplikasi tersebut. Jadi, Anda bisa menggunakannya segera dengan mengetuk program tersebut di menu ekstensi dalam Chrome.

Sebagai informasi tambahan, ekstensi program ini tidak hanya mendukung penggunaan di laptop melalui Google Chrome. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan browser lain yang disukai, seperti Firefox, Microsoft, dan lain-lain.

2. Cara Menggunakan Webcam Toy di Android

Untuk diketahui, terdapat dua cara untuk menggunakan program kamera Webcam Toy melalui ponsel Android. Salah satunya adalah dengan mengunduh aplikasinya.

cara selfie webcam toy hp android

Namun, perlu diketahui bahwa platform ini tidak tersedia di Google Play Store. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mencari file format apk di situs web yang menyediakan berbagai aplikasi, lalu ikuti langkah berikut ini.

  • Unduh aplikasi di perangkat Android dengan mengeklik oke jika terdapat notifikasi persetujuan pengunduhan.
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai mengunduh, lalu klik instal program. Jika belum mengaktifkan penginstalan dari sumber tidak dikenal, ponsel akan membawa Anda ke pengaturan.
  • Aktifkan perizinan untuk menginstal dari sumber tidak dikenal agar bisa menggunakan Webcam Toy.
  • Terakhir, Anda bisa langsung membuka aplikasi yang sudah di unduh dan menggunakannya kapan pun dengan mudah.

Jika khawatir ponsel bermasalah karena program bukan dari Google Play Store, Anda bisa menggunakan kamera ini tanpa perlu mengunduhnya. Adapun cara menggunakan platform tanpa mengunduh file aplikasinya bisa di ketahui di poin selanjutnya.

3. Cara Menggunakan Webcam Toy di Android Tanpa Download

Sebagai informasi, tidak ada perbedaan yang signifikan jika Anda menggunakan kamera ini melalui aplikasi maupun situs web. Semua fitur maupun filter terbaik tetap bisa di manfaatkan oleh pengguna melalui cara mana pun.

Baca Juga Cara Membuat Kamera Otomatis di Alam Liar 

Oleh karena itu, jika ingin mencoba program ini tanpa proses download, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka situs Webcam Toy di https://www.webcamtoy.com/
  • Di laman utama, terdapat tombol navigasi yang mengarah ke kanan serta tulisan Ready? Smile. Anda bisa menekan tombol tersebut untuk memulai penggunaan aplikasi.
  • Selanjutnya, klik menu dengan ikon kamera dan bertuliskan Use my camera.
  • Lalu, izinkan program untuk mengakses kamera ponsel dan pilih filter yang ingin di gunakan.

Jika sudah masuk ke laman kamera, Anda bisa bebas berpose apa pun dan mengeklik ikon kamera untuk memotret gambar diri. Untuk di ketahui, menggunakan kamera Webcam Toy melalui situs web tergolong mudah dan tidak memakan waktu lama.

Hanya saja, jika Anda memiliki aplikasinya, penggunaannya tentu akan terasa lebih praktis. Sebab, Anda dapat membukanya dengan cepat kapan pun di butuhkan.

4. Cara Menggunakan Webcam Toy di iOS

Jika smartphone Anda berbasis iOS, aplikasi kamera ini bisa di gunakan dengan cara yang tidak jauh beda seperti pada Android. Anda bisa menggunakan opsi pertama, yaitu dengan mengunduh aplikasinya, ataupun opsi kedua, yakni memanfaatkan situs webnya. Jika tertarik memakai situs webnya, cara menggunakan Webcam Toy di iOS berikut ini bisa di terapkan.

  • Pertama, Anda bisa langsung mengunjungi website Webcam Toy.
  • Kemudian, pilih ikon Ready? Smile.
  • Lalu, klik tombol Use my camera.

Selanjutnya, Anda bisa memakai aplikasi tersebut hingga puas. Jika ingin mengganti opsi kamera yang di gunakan, Anda juga bisa melakukannya.

5. Cara Menggunakan Filter Foto di Webcam Toy

Untuk menggunakan filter foto di aplikasi ini, Anda bisa masuk terlebih dulu ke programnya, baik melalui file apk maupun situs web. Di laman awal, masuk ke fitur kamera seperti biasa, lalu ikuti cara berikut.

  • Pilih tanda plus (+) untuk menambahkan filter.
  • Jika sudah 100% memproses, Anda bisa mengeklik navigasi kanan untuk mengganti filter foto ke opsi selanjutnya.
  • Jika ingin kembali ke filter sebelumnya, klik navigasi kanan.
  • Untuk menggunakan filter, tap opsi filter yang sudah tertera di foto Anda.
  • Kemudian, take foto selfie sebanyak yang Anda inginkan.

Sebagai informasi tambahan, kamera web ini hanya berfungsi untuk kamera depan. Sementara itu, penggunaan kamera belakang belum di dukung oleh pengembang aplikasi.

6. Cara Menyimpan Foto dari Webcam Toy

Jika Anda tertarik menyimpan foto-foto hasil bidikan software ini ke memori perangkat, caranya tidak sulit. Setelah pengambilan gambar, Anda bisa mengeklik opsi Save ataupun Share.

Jika memilih Save, Anda bisa melihat foto hasil bidikan Webcam Toy di file download. Sementara itu, opsi Share sangat berguna jika Anda lebih suka menyimpan foto di internet langsung.

Selain itu, opsi Share ini juga bermanfaat untuk menghindari hilangnya foto karena tidak sengaja terhapus ataupun kerusakan perangkat.

Yuk, Coba Fitur Menarik Webcam Toy!

Webcam Toy merupakan software webcam yang dapat di gunakan untuk mendapatkan foto-foto estetik. Software ini sangat berguna untuk siapa pun yang memiliki perangkat komputer dengan kamera depan.

Menariknya lagi, Webcam Toy dapat di gunakan tanpa perlu mendaftar akun terlebih dulu. Selain itu, Anda juga bebas dari biaya langganan yang umumnya di terapkan aplikasi kamera dengan banyak opsi filter menarik.

Jika Anda hobi berfoto dengan kamera desktop dan ingin menambahkan filter unik, ekstensi ini wajib di simpan di perangkat. Jika ingin menggunakannya di ponsel, Webcam Toy juga sudah bisa di manfaatkan melalui perangkat berbasis Android maupun iOS.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, rasakan serunya berfoto ala photobooth dengan aplikasi Webcam Toy.

Itulah informasi mengenai cara menggunakan Webcam Toy di berbagai perangkat. Mulai dari laptop ataupun desktop hingga smartphone berbasis Android maupun iOS.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp