Simak Persamaan dan Perbedaan NFT dengan kripto!

Indobot Academy

Simak Persamaan dan Perbedaan NFT dengan kripto!
Simak Persamaan dan Perbedaan NFT dengan kripto!

Tren dunia digital menjadi salah satu hal yang menarik minat generasi muda. Salah satu tren dunia digital terpopuler dalam dunia investasi adalah kemunculan non-fungible-token dan cryptocurrency. Meski menarik perhatian masyarakat, pada kenyataannya banyak masyarakat yang mengira jika NFT dan kripto merupakan hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang terlihat jelas. Pada ulasan kali ini Anda akan mengetahui persamaan dan perbedaan NFT dengan kripto yang jarang diketahui masyarakat.

Perkembangan NFT di indonesia telah ada sejak tahun 2014 dan semakin melejit popular pada tahun 2021, meski terbatas hanya pada bidang industri, seni, hiburan dan hobi tidak menyurutkan popularitas NFT. Berbeda dengan NFT, kripto sendiri merupakan sebuah mata uang digital. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait persamaan dan perbedaan NFT dengan kripto simak ulasan berikut ini!

Definisi Dan Cara Kerja NFT

Non fungible token merupakan aset digital yang dapat dijadikan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Namun tidak dapat ditukar ataupun diganti dengan NFT lainnya, karena setiap NFT memiliki kode identifikasi unik dan metadata sehingga hal itu menyebabkan NFT tidak dapat direplikasi dan hal itu yang membedakan satu dengan yang lainnya.

Anda dapat membeli NFT menggunakan mata uang kripto karena NFT merupakan bagian dari blockchain. Untuk membeli sebuah NFT Anda harus melalui proses bernama minting. Pada proses ini akan mengubah file digital menjadi sebuah aset digital pada blockchain. Dalam proses ini Anda memerlukan pihak ketiga atau marketplace seperti opeansea, mintable ataupun yang lainnya. 

Secara garis besar Anda akan melewati tiga langkah dalam proses minting yaitu membuat blok baru, memvalidasi informasi dan merekam informasi ke dalam blockchain. Beberapa macam NFT yang dapat Anda jual atau beli antara lain

  • Gambar dengan format GIF
  • Avatar virtual
  • Music
  • Seni 
  • Skin video gim
  • Barang koleksi

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Definisi Kripto Dan Cara Kerja

Kripto merupakan mata uang digital yang terdapat pada blockchain, kripto dapat di jadikan alat transaksi untuk pembayaran maupun investasi. Transaksi yang terjadi pada kripto akan tercatat dalam jaringan blockchain sehingga data ini tidak dapat di ubah oleh siapapun karena telah terjamin sistem keamanan tingkat tinggi

Persamaan Dan Perbedaan NFT Dengan Kripto yang Wajib Diketahui

Persamaan Yang Terdapat Antara NFT Dengan Kripto 

Teknologi blockchain NFT dan kripto memiliki persamaan yaitu dalam teknologi pembuatannya. Mereka sama-sama memanfaatkan teknologi blockchain dalam pembuatannya sehingga mereka terdata dalam blockchain. Apabila Anda ingin membeli NFT Anda harus membeli dengan mata uang kripto

Perbedaan NFT Dengan Kripto 

Meski di nilai sama oleh masyarakat namun pada kenyataanya NFT dan kripto merupakan dua hal yang berbeda.Hal pertama yang dapat di lihat perbedaan antara NFT dengan kripto adalah kemampuan di pertukarkan. NFT memiliki sifat yang tidak dapat di pertukarkan satu sama lain karena setiap NFT memiliki metadata yang berbeda dan keunikan yang berbeda. Sedangkan kripto memiliki sifat yang sepadan sehingga mampu di jadikan alat transaksi.

Itulah penjelasan terkait persamaan dan perbedaan NFT dengan kripto. Sebelum Anda terjun langsung kedalam dunia NFT maupun kripto Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang keduanya hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kerugian.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp