Sistem Internet of Things (IoT)

Indobot Academy

Inovasi baru yang terus mengembangkan teknologi tidak pernah berhenti. Bahkan telah banyak penggabungan bermacam teknologi yang akhirnya menjadi teknologi baru.

Menghubungkan teknologi untuk saat ini sudah tidak asing lagi. Dalam teknologi memiliki bahasa dasar dalam pengoperasiannya. Jika dalam teknologi tersebut dapat kita ketahui bahasa yang mereka gunakan, maka menghubungkannya menjadi hal yang mudah.

Sistem teknologi yang saat ini masih terus berkembang adalah IoT (Internet of Things). IoT merupakan sistem teknologi yang memiliki kemampuan dalam menerima dan mengirim data melalui jaringan internet. Sistem ini memungkinkan manusia dapat mengendalikan rangkaian elektronika atau barang elektronik hanya dengan bantuan HP/komputer tanpa harus berada di lokasi yang sama. Penerimaan dan pengiriman data tercepat saat ini adalah internet. Di mana internet masih ada, maka akses ke seluruh dunia juga tetap bisa kita lakukan.

 

Dapatkan puluhan ebook gratis dengan registrasi melalui tombol di bawah!

 

Sistem IoT juga sudah bisa kita buat sendiri. Baik secara sederhana maupun kompleks.

Untuk membuat sistem ini, kita membutuhkan device sebagai berikut:

Controller

Controller adalah device yang berfungsi sebagai kendali dari rangkaian, mulai dari pembacaan sensor, penggerak aktuator, pengirim dan juga penerima data. Saat ini device controller sudah semakin mudah kalian dapatkan. Bukan hanya ukurannya yang semakin mengecil, namun juga controller sudah bisa diatur fungsinya hanya dengan program melalui komputer/HP. Dalam tahap belajar, device controller yang sering dipakai adalah seperti Arduino, Wemos, NodeMCU, ESP32, dan lainnya.

Wifi

Device wifi digunakan untuk mengirim data dari controller ke database di internet. Device Wifi yang biasa digunakan saat ini adalah seperti ESP 8266, atau untuk bisa juga menggunakan NodeMCU ESP8266 yang sudah tergabung antara controller dan device Wifi. Penggunaan Wifi ini untuk menghubungkan controller dengan koneksi internet. Artinya butuh wifi penghasil internet untuk menggunakannya. Pengganti dari device Wifi untuk tetap terhubung dengan internet adalah seperti GSM, LAN atau device apapun yang dapat menangkap internet.

Database

Database merupakan tempat menyimpan data di cloud (internet). Perannya dalam sistem IoT adalah mengumpulkan informasi dari controller. Untuk saat ini sudah banyak penyedia database yang bisa kita akses untuk keperluan IoT, seperti Thingspeak, Firebase, Telkomsel IoT, dan lain sebagainya.

Display

Display dalam hal ini adalah penampil hasil dari pembacaan sensor yang digunakan. Selain itu, dari tampilan ini, kita juga bisa menambahkan fitur yang bisa menggerakkan aktuator yang terpasang pada controller. Display dapat ditampilkan pada platform untuk database. Seperti thingspeak ataupun firebase. Namun kita bisa membuat aplikasi sendiri untuk tampilan yang lebih baik. Dalam pembuatannya biasanya menggunakan App Inventor, Adobe Animate, dan lain sebagainya.

Sensor

Sensor merupakan device untuk membaca kondisi luar menjadi listrik yang dapat terbaca oleh controller. nilah yang dapat memberikan informasi kondisi fisik di sekitarnya. Dapat membaca jarak, suhu, kelembaban, tekanan, dan lainnya. Banyak sekali jenis-jenis sensor yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Aktuator/Indikator

Aktuator merupakan device yang dapat melakukan gerakan/perubahan pada obyek lainnya. Dalam IoT,  Melakukan tindakan oleh sensor, seperti menyalakan motor servo, pompa air menggunakan aktuator. Namun bisa jadi, tindakan hanya berupa indikator, seperti lampu atau buzzer.

Misalnya kita ingin membuat sistem IoT untuk menyalakan lampu halaman saat sudah menjelang malam dan dapat kita monitoring melalui HP meskipun berada di luar kota. Maka dalam project tersebut. Kita bisa menggunakan NodeMCU ESP8266 untuk dijadikan controller dan Wifi. Kemudian penghubungan sensor cahaya seperti LDR untuk mengetahui hari sudah gelap atau masih siang. Kemudian hubungkan ke lampu sebagai aktuator yang dapat kita nyalakan sesuai dengan program di controller. Pengiriman informasi ke HP dapat menggunakan Thingspeak sebagai database, yang kemudian dapat kita tampilkan di aplikasi HP.

 

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp