Smart City dan Perkembangannya di Indonesia

Indobot Academy

Sahabat Indobot, apakah  kalian  pernah mendengar istilah Smart City? lalu bagaimana kesan kalian  setelah mendengar istilah tersebut? dan pertanyaan yang paling penting apakah kalian sudah paham dari istilah yang sangat populer tersebut? kalau belum yuk kita bahas apa itu smart city pada kesempatan kali ini.

Table of Contents

Smart City

Kata Smart City sendiri terdiri dari 2 buah kata yaitu Smart yang artinya Cerdas dan juga City yang artinya Kota. Maka dari sini dapat kita katakan bahwa secara sederhana smart city sendiri dapat kita sebut sebagai kota cerdas. Lalu bagaimana konsep dari cerdasnya sebuah kota pada era sekarang ini? kalau kita jabarkan yang bernama kota cerdas adalah konsep sebuah kota. Yang memanfaatkan  dan memadukan antara teknologi informasi, teknologi komunikasi serta Teknologi Internet of things untuk upaya pengelolaan aset kota. Hal ini bertujuan untuk menunjang kelancaran  aktivitas masyarakat padakota tersebut dalam berbagai bidang.

Misalnya untuk menunjang Pendidikan, Transportasi, sistem pemerintahan dan lain sebagainya. Bahkan dengan menerapkan konsep smart city yang begitu sangat kental dengan dunia teknologi informasi seorang pejabat yang berada pada kota sangat bisa berkomunikasi dengan warganya yang ada pada pelosok desa. Dan bisa memantau perkembangan yang ada pada desa tersebut. begitupula sebaliknya. gimana nih Sahabat indobot?. Sangat bagus dan cocok bukan jika konsep smart city ini kita terapkan pada negara besar dengan bentuk kepulauanseperti negara kita ini?

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol bawah ini!

Konsep

lalu bagaimana dengan perkembangan Konsep Smart City pada negera Kita ini? tentunya jika ingin menerapkan Konsep Smart City  pastinya akan membutuhkan kualitas sumberdaya manusia yang modern dan mumpuni dalam bidang teknologi ya sahabat Indobot. Konsep Smart City pada indonesia sendiri pada inisiasi oleh seorang pakar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bernama Suhono S Supangkat. Menurut beliau konsep smart city ini terdiri dari komponen-komponen pendukung yang meliputi : smart economy, smart people, smart governance, smart government, smart mobility, smart environment, dan smart living.

selanjutnya kita juga patut berbangga jika berbicara mengenai perkembangan smart city pada negara kita ini, karena pemerintah sedang menggalakkan gerakan menuju 100 Smart City yang melibatkan berbagai kota/kabupaten pilihan pada seluruh wilayah indonesia. kota/kabupaten tersebut beberapa adalah kota Semarang, kota Bandung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kutai Kartanegara Bahkan sampai pada Kabupaten Mimika. jika kita lihat program Menuju 100 Smart City ini hampir merata pada seluruh wilayah indonesia. nantinya jika program smart city ini berhasil tentunya berharap dapat mewujudkan kemajuan pada indonesia yang terjadi secara merata dan seimbang.

Bagi kalian yang ingin mempelajari Teknologi Modern yang bisa di terapakan untuk menunjang Smart City maka simak terus tutorial – tutorial menarik di https://indobot.co.id. . disini kalian dapat mempelajari ilmu-ilmu baru dan menarik khusunya bidang Robotik, Otomasi dan  Internet of Things.

Kamu ingin memperbanyak jam terbang dan portofolio bikin project elektronika/ Arduino/ IoT? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp