Smart City Hasil Kolaborasi XL Axiata dan JIP

Indobot Update

Sumber : https://unsplash.com/photos/Qq0tmcUrOTM?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Seiring berkembangnya teknologi, semakin canggih fitur-fitur dan keunggulannya,sehingga penggunaan teknologi modern sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Masyarakat dari berbagai kalangan sudah mulai terbiasa dengan penggunaan teknologi-teknologi terbaru Smart City.

Kolaborasi XL Axiata dan JIP Menciptakan Smart City

PT XL Axiata dan PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) berkolaborasi menciptakan smart city. Kedua perusahaan tersebut, sepakat untuk berkolaborasi melakukan penelitian dan pengembangan ArtificialI Intelligent (AI) dan Internet of Things (IoT).

Pada kerjasama tersebut, di lakukan untuk mendukung penerapan Smart City pada kota Jakarta. XL Axiata akan membantu proses di gitalisasi Pemprov DKI Jakarta, baik dari aspek transportation management, waste management, hingga smart building.

Kerjasama tersebut nantinya akan membangun berbagai fasilitas smart city, salah satunya adalah License Plate Recognition (LPR). Perangkat tersebut di gunakan untuk mengenali berbagai nomor kendaraan bermotor yang melintas. 

Untuk mengesahkan kerjasama antara kedua perusahaan tersebut, Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Direktur Utama PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP), Araf Anbiya menandatangani nota kesepamahaman kerja sama (MoU) di Jakarta pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 lalu. 

Komitmen XL Axiata untuk Digitalisasi di Indonesia

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam pengimplementasian program guna meratakan digitalisasi di Indonesia. XL Axiata meraih kesempatan besar untuk bisa turut serta dalam pembangunan Jakarta yang akan di rancang sebagai Smart City melalui berbagai teknologi canggih milik XL Axiata.

Menurut I Gede Darmayusa yang di kutip dari laman indotelko.com, beliau mengatakan bahwa “Kerja sama dengan JIP sekaligus membuktikan XL Axiata dalam hal kemampuan menghadirkan berbagai solusi digital, termasuk di jaringan 5G, untuk membantu penanganan berbagai kebutuhan pemerintah daerah, termasuk salah satunya menyangkut pengaturan kendaraan bermotor”. 

Inovasi-inovasi XL Axiata guna mendukung digitalisasi yang sedang di bangun nantinya akan lebih customize, terotomasi, real time, akurat, serta efektif dan efisien. Teknologi License Plate Recognition (LPR) tersebut akan terintegrasi dengan Artificial Intelligence berbasis computer vision dalam merealisasikan program kolaborasi antara XL Axiata dengan JIP.

Keunggulan License Plate Recognition (LPR)

License Plate Recognition tersebut memiliki berbagai keunggulan, di antaranya adalah dapat mengenali, mengidentifikasi, serta melacak objek. Berbagai keunggulan tersebut berkat bantuan kamera CCTV yang telah terpasang di jalanan. 

Perangkat tersebut akan sangat berguna bagi penegakan kebijakan lalu lintas, yakni sistem ERP dan ganjil genap. Perangkat yang terintegrasi dengan Internet of Things dan algoritma AI tersebut dapat menterjemahkan data eksternal dengan cepat.

Proyek LPR akan di mulai pada pertengahan Oktober 2022 dan berlangsung selama dua tahun. Kerjasama tersebut akan terus di lakukan secara bertahap hingga LPR dapat di gunakan secara menyeluruh. 

Untuk pengembangan suatu sistem digital, XL Axiata memiliki laboratorium berbasis Internet of Things dan AI. Pada laboratorium tersebut, setiap kebutuhan konsumen dalam bidang IoT dan AI akan di jawab oleh XL Axiata.

Potensi Teknologi Internet of Things Bagi Masa Depan

Seiring berkembangnya teknologi, semakin beragam inovasi yang tercipta. Salah satunya adalah dengan penerapan Internet of Things pada berbagai perangkat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Internet of Things akan menjadi terobosan untuk berbagai bidang pada masa depan, karena dengan menggunakan Internet of Things, proses produksi ataupun berbagai pekerjaan dapat di lakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Yuk belajar Internet of Things di Indobot Academy! Karena materi pembelajaran Internet of Things yang disediakan oleh Indobot Academy sangat cocok untuk pemula yang ingin mempelajari Internet of Things. Selain itu, bersama Indobot Academy, Anda dapat memperoleh ilmu terkait Internet of Things yang ramah di kantong.

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp