Smart Home Berbasis IoT Bikin Rumah Kamu Makin Keren!

Indobot Update

Smarthome Berbasis IoT Bikin Rumah Kamu Makin Keren!
Smarthome Berbasis IoT Bikin Rumah Kamu Makin Keren!

Halo Fanbot apakah kamu menyadari bahawa kehadiran smartphone di tengah kehidupan teknologi saat ini membuat semuanya berjalan dengan lebih mudah?. Meningkatnya keterjangkauan IoT juga membantu terintegrasinya smart home ke dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan-kemudahan yang di dapatkan setelah meningkatnya teknologi yang ada di kehidupan kita semakin membuat semuanya berjalan dengan ringan. Sehingga, berbagai aktivitas yang semula hanya sebagai impian, saat ini dapat di realisasikan dengan teknologi yang juga mutakhir. 

Pengertian Smart Home 

Smarthome adalah istilah yang di gunakan untuk menggambarkan rumah atau tempat tinggal yang di lengkapi dengan teknologi canggih, seperti sensor, kamera, dan perangkat elektronik terhubung ke internet. Tujuan utama dari smarthome adalah untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan. Dan efisiensi rumah tangga dengan memungkinkan pengguna untuk mengontrol berbagai perangkat dan sistem rumah dari jarak jauh menggunakan smartphone atau perangkat lainnya yang terhubung ke internet. Contoh dari sistem smarthome termasuk pencahayaan, AC, peralatan dapur, sistem keamanan, dan kunci pintu pintar yang dapat di kontrol melalui aplikasi seluler.

Contoh dari pengoptimalan teknologi tersebut adalah seperti mengendalikan pemanas menggunakan suara, membuka dan menutup pintu hanya dengan suara, menyalakan lampu hanya dengan sensor tepuk tangan atau langkah kaki, semua hal yang awalnya hanya sebuah kemungkinan saat ini sudah dapat di wujudkan berkat adanya teknologi IoT dan smarthome atau yang lebih sering di kenal sebagai IoT Smart Home.

Tidak hanya di aplikasikan pada rumah pintar atau smarthome, namun IoT Smarthome dapat di lakukan pada perangkat rumah yang di dukung oleh teknologi juga seperti sistem keamanan, kulkas, peralatan dapur dan peralatan kamar mandi yang secara terintegrasi dapat di gunakan tanpa bersentuhan dengan perangkat tersebut

Transisi dari Rumah Biasa Hingga Munculnya Smart Home

Perlu Fanbot ketahui bahwa berawal dari kedatangan listrik telah menghilangkan salah satu kerepotan dari semua jenis pekerjaan rumah tangga, termasuk mencuci pakaian. Kemudian, memasuki abad ke  21, muncul peradaban teknologi baru untuk perangkat smarthome yang sepenuhnya otomatis benar-benar di wujudkan. Berkat kemajuan tersebut, seluruh kegiatan dapat di pantau dengan mudah melalui browser Web di mana saja dan kapan saja. 

Gimana Sih Cara Kinerja Smart Home Itu?

Smarthome pada dasarnya adalah kombinasi kinerja dari Internet of Things (IoT) dengan rumah pintar (Smarthome). Dari kombinasi yang di lakukan maka muncul teknologi yang biasa di sebut sebagai smarthome. Teknologi ini merupakan konsep rumah yang memiliki sistem kontrol suara dari teknologi integrasi yang bekerja sama untuk memberikan Anda pengalaman di dalam rumah dengan lebih efisien karena berbasis teknologi canggih. 

Dengan kemajuan yang terus menerus meningkat. Teknologi IoT dapat di katakan sebagai salah satu elemen penting untuk kehidupan kita di masa yang akan datang. 

Smart Home atau rumah pintar adalah rumah di mana berbagai peralatan listrik dan elektronik dihubungkan ke sistem kontrol komputer pusat, sehingga mereka dapat dinyalakan dan di matikan pada waktu-waktu tertentu (misalnya, pemanas dapat diatur untuk dihidupkan secara otomatis pada pukul 6:00 pagi hari) atau jika peristiwa tertentu terjadi (lampu dapat di atur untuk menyala hanya ketika sensor fotolistrik mendeteksi bahwa itu gelap).

Artikel di atas semoga dapat menambah pengetahuan Fanbot tentang bagaimana cara kerja dan efisiennya penggunaan IoT Smarthome. Jadi, Fanbot siap untuk memiliki hunian dengan IoT Smarthome? Bagi Fanbot yang tertarik untuk mencoba teknologi ini. Atau ingin mencoba menciptakan smarthome versi Fanbot masing-masing maka Anda dapat mempercayakan kepada Indobot Academy.

 

Sekilas Tentang Indobot

Indobot adalah sebuah startup yang bergerak di bidang pelatihan dan sertifikasi IoT di Indonesia. Saat ini Indobot memiliki berbagai jenis pelatihan IoT yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah Use IoT Smart home

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami disini.

 

smarthome-dengan-basis-iot-bikin-rumah-kamu-makin-keren
smarthome-dengan-basis-iot-bikin-rumah-kamu-makin-keren

Klik Link di samping untuk klaim promo :  

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp