SMK N 1 Ampelgading Gandeng Industri

Indobot Academy

Inovasi Pembelajarannya Menghadapi RE 4.0

Cepatnya perkembangan teknologi sekarang ini membuat lembaga-lembaga pendidikan, seperti SMK mau tidak mau membuat inovasi dalam pembelajarannya. Walaupun kurikulum sudah terancang, namun sekolah juga harus mengajarkan pembelajaran dan materi yang relevan dengan kondisi industri saat ini. Salah satu bentuk inovasi jurusan Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Ampelgading, Pemalang, Jawa Tengah adalah mengadakan Pelatihan Arduino dengan menggandeng Indobot sebagai mitra industrinya.

 

Pelaksanaan Pelatihan ini pada hari Jumat tanggal 8 November 2019 ini berlangsung selama sehari penuh. Guru dan siswa pun ikut andil dalam kegiatan yang baru pertama kali dilakukan oleh SMK favorit di Pemalang ini. Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala SMK N 1 Ampelgading.

Pembukaan

Pembukaan dan sambutan dari Wakil Kepala SMK N 1 Ampelgading Kemudian lanjut dengan pemaparan teori terkait Arduino oleh tentor sekaligus founder Indobot, Oby Zamisyak, S.Pd. Dalam kegiatan ini juga dibuka tanya jawab dan sharing pengalaman tentang Arduin. kemudian lanjut dengan pembuatan project pertama, karena pelatihan ini lebih menekankan pada praktik langsung, jadi untuk teori hanya dijelaskan secara sekilas.

Penjelasan mengenai arduino
Alat dan bahan untuk pelatihan

Para peserta tampak antusias dalam pembuatan project Arduino mereka. Mereka belajar Arduino mulai dari merakit komponen, checking pengkabelan/ wiring, memprogram Arduino hingga menguji hasil project yang telah mereka buat, serta menganalisis cara kerjanya.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan juga pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Peserta mulai merangkai komponen untuk membuat project
Peserta mulai memprogram project Arduino
Sesi konsultasi bersama tentor

Di akhir kegiatan, Kepala Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK N 1 Ampelgading, Bapak Mustari, M.Pd. menyampaikan harapan dari kegiatan ini, “Dengan adanya pelatihan ini, semoga guru-guru kami dapat menerapkan pembelajaran ini ke siswa/siswi sebagai bekal mereka kedepannya, apalagi di persaingan Revolusi Industri 4.0 ini ya mas. Dan harapannya, setelah ini sekolah dan juga mitra industri, Indobot, mampu menjalin kerjasama lainnya, untuk kepentingan siswa/siswi di SMK N 1 Ampelgading ini”. Dari pelatihan ini menghasilkan sebuah kurikulum yang akan menjadi bahan ajar siswa/siswi untuk mempersiapkan diri mereka di masa depan. (Eva).

Ingin mengadakan pelatihan di sekolah, lembaga, instansi atau perusahaan Anda? Hubungi kami melalui whatsapp 085731636408.

Kamu pemula dan juga ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp