Software yang Akan Digunakan Dalam Program Pelatihan IoT dari Indobot dan DTS Batch 2 Kominfo

Indobot Academy

Hai Fanbot, apakabar? Sudah daftar program pelatihan IoT dari Indobot Academy dan Digital Talent Scholarship Kominfo? Sudah bersiap juga untuk mengikuti seleksi substansi? Untuk tau langkah-langkah seleksi substansi, Fanbot bisa lihat artikel Bagaimana Langkah-Langkah untuk Seleksi Substansi Program Pelatihan IoT Gratis dari Indobot dan DTS Kominfo ya..

Program pelatihan ini secara online melalui zoom meeting dan LMS Indobot Academy yaitu di website indobot.co.id. Selama 36 kali pertemuan dari bulan Mei hingga Agustus 2022, pelatihan online ini akan menggunakan beberapa software IoT sebagai pendukung pembelajaran. Lalu software apa saja yang kita butuhkan untuk dapat mengikuti pelatihan IoT ini? Berikut adalah list softwarenya.

Simulator :

1. Wokwi Arduino and ESP32 Simulator

Adalah simulator elektronik online, Fanbot dapat menggunakannya untuk mensimulasikan Arduino, ESP32, dan banyak papan, suku cadang, dan sensor populer lainnya. Wokwi memiliki beberapa fitur yaitu :

  • WiFi simulation – Menghubungkan proyek simulasi ke internet. Fanbot dapat menggunakan MQTT, HTTP, NTP, dan banyak protokol jaringan lainnya.
  • Virtual Logic Analyzer – Menangkap sinyal digital dalam simulasi Fanbot (misalnya UART, I2C, SPI) dan menganalisisnya di komputer.
  • Advanced debugging with GDB – Debugger Arduino dan Raspberry Pi Pico yang tangguh untuk pengguna tingkat lanjut.
  • SD card simulation – Simpan dan ambil file maupun direktori dari kode Fanbot. Club member juga dapat mengunggah file biner.
2. Tinkercad Circuits

Tinkercad adalah kumpulan software online yang membantu Fanbot untuk berpikir, berkreasi, dan membuat rangkaian elektronik Fanbot.

Platform :

1. Thingspeak

Adalah suatu platform website yang biasanya berfungsi untuk suatu project dengan sistem Internet of Things (IoT). Thingspeak dapat berfungsi secara open source untuk menjalankan aplikasi dan API. Data yang masuk pada Thingspeak juga dapat disimpan dan diambil dengan berbagai perangkat menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) melalui koneksi internet atau LAN (Local Area Network). Sebagai platform cloud memungkinkan kita untuk melakukan monitoring dan controlling seperti layaknya sistem IoT. Thingspeak dapat menerima data dan dapat menampilkan data untuk dikirimkan ke device atau interface lainnya. Thingspeak memiliki beberapa fitur  yang dapat digunakan seperti Open API, realtime data collection, Geolocation Data, Data Processing, Data Visualizations, Device Status message, dan Plugins.

2. Antares

ANTARES merupakan sebuah Horizontal IoT Platform, yang berarti kami mencoba untuk menjadikan layanan kami se-umum mungkin agar solusi vertikal IoT anda dapat menyesuaikan dengan arsitektur yang umumnya digunakan. Banyak kasus-kasus IoT yang dapat dipecahkan dengan menggunakan layanan kami, contohnya adalah smart home, smart metering, asset tracking, smart building, dan lain-lain.

3. Mosquitto

Mosquitt adalah sebuah broker MQTT open source. Protokol MQTT menyediakan metode ringan untuk melakukan pengiriman pesan menggunakan model publish/subscribe. Ini membuatnya cocok untuk pesan Internet of Things seperti dengan sensor daya rendah atau perangkat seluler seperti telepon, komputer tertanam, atau mikrokontroler.

4. Thingsboard

ThingsBoard adalah platform IoT open-source untuk mengumpulkan data, pemrosesan, visualisasi data, dan manajemen perangkat device. Memungkinkan konektivitas perangkat melalui protokol IoT standar industri – MQTT, CoAP, dan HTTP dan mendukung penyebaran cloud dan lokal.

Baca juga :10 Skill Kunci yang Diperlukan dalam Dunia Data Science

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Itu tadi adalah software-software yang akan Fanbot gunakan dalam program pelatihan IoT dar Indobot dan DTS Kominfo. Nah jika Fanbot mengalami kendala dalam pendaftaran, Fanbot bisa bertanya melalui Forum Discord Indobot Academy berikut. Selamat mencoba dan segera daftarkan dirimFu, karena registrasi hanya akan dibuka sampai tanggal 8 Mei 2022.

DAFTAR DISINI : https://indobot.co.id/digitalent

Jangan sampai kelewatan ya!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp