Strategi Riset Pasar Biar Penjualan Brand-mu Sesuai Target

Oby Zamisyak

Strategi Riset Pasar Biar Penjualan Brand-mu Sesuai Target
Langkah Tepat Strategi Riset Pasar Tingkatkan Penjualan Brand-mu

Hallo fanbot, masih bingung dengan strategi riset pasar? Di artikel kali ini kita akan membahas berberapa strategi agar penjualan brand tercapat target. Meskipun tidak ada satu cara pasti dalam menciptakan penjualan yang tinggi di bisnis kamu, ada banyak strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang bisa dilakukan oleh pemilik usaha. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Perkembangan dunia industri yang sangat pesat menuntut para pengusaha baik industri kecil, industri menengah maupun industri besar untuk semakin kreatif dalam meningkatkan daya saing dengan para kompetitornya. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan inovasi terhadap produk yang dipasarkan serta melakukan riset pasar terlebih dahulu agar dapat mengetahui minat konsumen terhadap produk tersebut. Saat ini industri baru pun banyak bermunculan dengan menawarkan produk-produk unggulannya.

Pemasaran

“Bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan cara yang menguntungkan baik bagi konsumen maupun bagi produsen”. ujar Apri Budianto dalam Buku Manajemen Pemasaran.

Jadi Pemasaran menyangkut semua usaha menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan. Pemasaran dimulai dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, memutuskan tujuan pemasaran yang dapat dilayani organisasi dengan baik dan mengembangkan proposisi nilai. Bagi produsen,keuntungannya adalah laba yang optimal untuk kelangsungan perusahaan serta pencapaian. tujuan perusahaan lainnya. Sedangkan bagi konsumen, keuntungan tersebut berupa kepuasan atas terpenuhinya kebutuhan dan keinginan mereka.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Riset pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah (dan peluang) dalam bidang pemasaran (Malhotra, 2005). Perusahaan perlu melakukan riset pasar saat akan memulai usaha baru,  memperkenalkan produk baru dan untuk mempertahankan usaha yang sudah ada. Riset pasar juga menghindarkan perusahaan dari risiko produk tidak laku (Doman, 1997). Sebuah riset pasar harus mempunyai tujuan yang jelas sehingga fokus kepada hal-hal yang harus dicari.

Langkah-langkah dalam Melakukan Riset Pemasaran:

Identifikasi tipe pelangganmu (buyer persona)

3 Alasan Brand Communication Penting Bagi Start Up

Buyer persona atau persona pembeli adalah karakter fiksi yang mewakili pelanggan ideal merek yang dibuat berdasarkan riset pasar calon pelanggan dan pelanggan yang ada serta data nyata tentang pelanggan yang sudah ada.

 

Baca juga : 3 Alasan Brand Communication Penting Bagi Start Up

Fokus ke segmen pelanggan

3 Alasan Brand Communication Penting Bagi Start Up

Maksudnya adalah mencari tahu semua kebutuhan calon konsumen, lalu sesuaikan dengan produk yang kamu jual. Untuk bisa mendapatkan informasinya, kamu bisabertanya langsung kepada calon konsumen atau dengan melakukan serangkaian tes produk. Jika kamu telah mengetahui masalah konsumen, kamu dapat melakukan klasifikasi keinginan, kebutuhan dan juga masalah konsumen. Hal ini berguna untuk acuan dalam membuat road map strategi bisnis dan juga evaluasi produk.

Kenali kompetitor

3 Alasan Brand Communication Penting Bagi Start Up

Kompetitor adalah satu atau beberapa pesaing usaha yang mempunyai produk barang atau jasa yang sama dengan bisnis kamu. Mereka seringkali di anggap sebagai suatu tantangan atau risiko yang harus di taklukan agar usaha yang di jalankan menjadi berhasil atau mendapatkan keuntungan.

 

Baca juga : Customer Engagement : Langkah Tepat Optimalkan Penjualan Produk

Analisis Strategi riset pasar dengan lebih baik

Setelah berbagai riset di lakukan, baik yang primer maupun sekunder, langkah analisa adalah yang paling penting. Salah melakukan penilaian akan membuat strategi riset pasar yang tidak sesuai tujuan. Jika menggunakan riset kuantitatif, kamu bisa memastikan terlebih dahulu datanya akurat. Lalu, mulailah melakukan analisa dalam bentuk laporan catatan, statistik, atau bahkan diagram.

Hal ini akan memudahkan kamu untuk melakukan review atau untuk mendiskusikan dengan tim lain dalam bisnis. Setelah hasil analisa, tentukan rencana strategi bisnis yang akan kamu jalankan. Jika untuk melakukan promosi bisnis, kamu bisa melakukan A/B testing untuk mendapatkan strategi terbaik. Misalnya dari platform yang kamu gunakan hingga jenis konten yang kamu buat. Apabila tujuannya untuk membuat produk, lakukan dalam jumlah kecil dulu. Lalu, lakukan uji coba agar mendapat feedback dari konsumen apakah produk yang dibuat memang disukai.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp