Sulap Ruang Kerja Di Rumah Ala “Kantor” Agar WFH Semakin Nyaman dan Betah Seharian

Oby Zamisyak

Sulap Ruang Kerja Di Rumah Ala “Kantor” Agar WFH Semakin Nyaman dan Betah Seharian
Sulap Ruang Kerja Di Rumah Ala “Kantor” Agar WFH Semakin Nyaman dan Betah Seharian

Mau bikin ruang kerja di rumah nyaman setelah pandemi? Pandemi Covid-19 yang genap berusia 2 tahun pada Maret 2022 ini belum juga mengembalikan tatanan hidup di berbagai lini kembali normal sepenuhnya. Salah satunya kepada para pekerja yang mengharuskan kembali menjalani Work From Home (WFH). WFH tentu menjadi hal yang paling di nanti terutama oleh pekerja full time yang penat dengan situasi kantor dan setumpuk kerjaan. Namun sayangnya, WFH tidak senyaman yang dibayangkan. Pasalnya, meski hanya berpindah tempat, bekerja dari rumah tidaklah mudah. Sebab, rumah tidak di desain untuk bekerja.

WFH cenderung mudah membuat kita bosan karena sudut ruang kerja di rumah lebih statis. Selain itu, tak jarang WFH lebih sering membuat kita cepat mengantuk dan tidur. Hal itu dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya sudut ruang rumah yang kurang mendapatkan penerangan dan sirkulasi udara. 

Hal tersebut tentu perlu disiasati dengan strategi khusus agar WFH yangg tak tau sampai kapan ini dapat kembali nyaman. Berikut tips menyulap sudut ruang kerja di rumah ala “Office” : 

Menentukan Sudut Ruang Kerja di Rumah 

Sulap Ruang Kerja Di Rumah Ala “Kantor” Agar WFH Semakin Nyaman dan Betah Seharian

Rumah cenderung mempunyai suasana yang kurang kondusif karena banyak lalu lalang orang melintas. Oleh karena itu, saat WFH kita wajib membuat sudut ruang tertentu di rumah salah satunya kamar. Meski kamar berpotensi membuat kita ingin selalu kembali tertidur lelap, kita dapat mensiasati dengan menyediakan ruang kerja khusus di dalamnya. Kita dapat memanfaatkan meja rias sebagai meja kerja dengan merapikan semua perlengkapan skin care yang kamu miliki di dalam laci, dengan begitu kamu bisa mengguunakan meja rias untuk menaruh laptop. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Memperhatikan Cahaya dan Ventilasi 

Sulap Ruang Kerja Di Rumah Ala “Kantor” Agar WFH Semakin Nyaman dan Betah Seharian

Memanfaatkan ruangan di rumah untuk membuat ruang kerja ala ‘Office”, bukan berarti tidak memperhatikan faktor lainnya. Salah satunya, faktor pencahayaan dan ventilasi udara sangatlah penting agar kita menjadi lebih nyaman seharian. Jika kamu merasa sering lelah dan ngantuk, pastikan kembali kedua faktor tersebut sudah diperbaiki yaa. 

Merubah Warna Dinding 

Merubah warna dinding sesuai dengan ukuran ruangan itu sangat penting loh. Untuk ruangan yang tidak terlalu besar, pilihlah warna-warna terang untuk dinding guna membuat ruangan terlihat lebih besa seperti putiih, cream, biru muda, atau warna ala kayu juga cocok agar ruanganmu tampak minimalis. Dinding yang kosong bisa di berikan lukisan atau bisa menuangkan hobi yang disukai, misal Anda suka tanaman itu bisa meletakkan tanaman di dalam ruang kerja. Sedangkan untuk ruangan yang memiliki ukuran besar dapat bermain di warna  hitam putih atau monochrome karena kedunya mampu menambah feeling untuk konsentrasi. 

 

Baca juga : Buka Tutup Pintu Jendela Rumah dengan Smartphone menggunakan Bluetooth HC05

 

Berikut beberapa referensi gambar yang dapat kalian jadikan inspirasi dalam menyulap sudut ruang kerja menjadi ala “Office”. Simak di bawah ini : 

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp