Teknologi Keren Mobil Wuling di Almaz RS

Indobot Update

Teknologi Keren Mobil Wuling di Almaz RS
Teknologi Keren Mobil Wuling di Almaz RS

Beberapa brand APM sedang mencoba merebut pasar dengan menawarkan keunggulan fitur-fitur menarik dan canggih yang tidak ada pada kompetitornya. Salah satunya adalah dari Teknologi Keren Mobil Wuling pada SUV nya yakni Wuling Almaz RS. The first leading intelligent digital car. Pada varian tertinggi, Almaz RS, teknologi IoT ini mempunyai beberapa fitur keren.

Terdapat 3 fitur yang tertanam pada SUV ini yang menggunakan basis IoT tadi. Antara lain Internet of Vehicle (IoV), Wuling Indonesian Command (WIND), fitur perintah suara dalam Bahasa Indonesia, serta fitur Advanced Drive Assistanvce System (ADAS). Tiga fitur utama ini terdapat pada semua varian SUV Almaz RS, baik Almaz RS 1.5T Pro, Almaz RS 1.5T EX (7-seater) maupun Almaz RS 1.5T EX 5 seater.

Fitur Internet of Vehicle (IoV)

Fitur ini termasuk fitur pintar yang memberikan berbagai kendali dalam genggaman pengguna lewat koneksi antara smartphone dan Almaz RS. Pengguna harus melakukan registrasi akun, mengikat kendaraan, dan mendaftarkan kunci Bluetooth via aplikasi mobile My Wuling+. Jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan “Manajemen Otorisasi Kunci”. Pastikan orang lain yang punya otorisasi akses kunci memiliki email akun My Wuling+ yang sudah aktif.

Pengguna juga bisa melakukan preset navigasi untuk bisa menentukan terlebih dahulu tujuan navigasi (perjalanan), bahkan sebelum memasuki kendaraan. Navigasi akan aktif secara otomatis sesuai dengan tujuan yang kita tetapkan, sebelumnya saat setelah ponsel terinterkoneksi secara screen cast dengan headunit.

Fitur menarik lainnya, interkoneksi ponsel yang memungkinkan pengguna untuk memproyeksikan aplikasi pada smartphone ke layar headunit yang dapat berjalan secara nirkabel dan kabel. Dari dukungan IoV, pemilik kendaraan akan selalu terkoneksi saat akan memulai perjalanan, selama mengemudikan kendaraan hingga setelah selesai berkendara. Aplikasi MyWuling+ memungkinkan pemilik kendaraan melakukan monitoring aktivitas berkendaranya seperti estimasi jarak tempuh berdasar sisa bahan bakar pada tangki kendaraan. Selain itu, memungkinkan pemilik Almaz melacak posisi kendaraannya misalnya saat parkir pada area yang luas, pada area parkir mal dan sebanyaknya lewat fitur Vehicle Positioning.

Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Teknologi IoT pada IoV juga membantu pengemudi menjaga keamanan kendaraannya misalnya menjadikan smartphone. Kemudian untuk memberikan peringatan dini jika kendaraan bergeser dari posisi parkirnya saat tertinggal pada area parkir. Deteksi dini ini bisa aktif sampai radius tertentu. Fitur-fitur lainnya pada IoV adalah membuka kunci dan mengunci pintu mobil, memanaskan mesin kendaraan menyalakan AC dan membuka dan menutup jendela yang semuanya bisa berjalan lewat aplikasi MyWuling+. Dukungan teknologi IoV bisa memaksimalkan fungsi smartphone sebagai Bluetooth key alias pengganti kunci mobil. Pemilik kendaraan juga bisa mengirimdan menerima pesan, memutar musik online dan aktivitas navigasi lainnya melalui koneksi internet.

Fitur Wuling Indonesian Command (WIND)

Teknologi Keren Mobil Wuling di Almaz RS
Sumber : tribun, Teknologi Keren Mobil Wuling

Fitur ini bisa berfungsi untuk panggilan telepon serta menjalankan aplikasi pada sistem infotaiment pada kendaraan. Untuk sekadar meninggikan atau menurunakn volume audio juga bisa. Fitur WIND pada Almaz RS bisa aktif lewat tiga metode. yang mana dengan mengucapkan kata “Halo Wuling” lalu mengikuti perintah. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol pada head unit dan menekan tombol pada lingkar kemudi. Tambahannya, terdapat fitur perintah suara dalam bahasa Indonesia ini bisa ada pada dasbor Almaz RS.

Fitur Advanced Drive Assistanvce System (ADAS)

Memiliki sensor radar dan kamera resolusi tinggi pada ADAS yang berperan sebagai indra tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar, yang terproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respons yang sesuai. Fitur-fitur ADAS ini memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Maka itu, pengguna Almaz RS sangat perlu mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara. Terintegrasi dengan beberapa fitur canggih seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Inteligent Cruise Assistance (ICA), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Misalnya, untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada pada posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif. ADAS merupakan teknologi bantuan pengemudi (driver assistance) yang bekerja sebagai asisten pengemudi dalam berkendara sehingga perjalanan menjadi menyenangkan. Namun fitur ini tidak berfungsi menggantikan pengemudi. Pada beberapa kendaraan lain, teknologi ini bernama Honda Sensing pada beberapa tipe mobil. Contohnya, Honda, dan Toyota Safety System (TSS) pada mobil Toyota.

Cakupan Teknologi ADAS antara lain Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance, dan Intelligent Cruise Assistance, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, Collision Mitigation System, dan Intelligent Head Beam Assistance. Fitur ADAS ini sudah terintegrasi dengan teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terhubung melalui Internet of Vehicle (IoV).

Belajar Internet Of Things

Buat Fanbot yang ingin belajar Internet of Things, Indobot telah kembali membuka program beasiswa bagi talenta digital bersama Kominfo RI dalam Digital Talent Scholarship Professional Academy (DTS PROA) batch 4 dengan judul pelatihan “Internet of Things (IoT) Advanced”. Pelatihan IoT tersebut menyediakan modul berbahasa Indonesia dengan kurikulum mulai dari dasar elektronika, Arduino, hingga IoT berbasis proyek (simulasi) yang disusun oleh tim Indobot Academy.

Yuk segera daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi Beasiswa IoT DTS PROA Batch 4! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya.

Beasiswa Pelatihan Internet of Things, Teknologi Keren Mobil Wuling
Beasiswa Pelatihan Internet of Things, Teknologi Keren Mobil Wuling

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp