Telkom dan Alindo Kembangkan Lampu Jalan Pintar di Indonesia

Indobot Academy

lampu jalan
lampu jalan

Lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan jalan di malam hari sehingga mempermudah pengguna jalan melihat dengan lebih jelas jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan.

Fungsi utama lampu jalan umum (PJU) adalah memberikan pencahayaan buatan bagi pengguna jalan sehingga mereka merasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan pada malam hari.

Table of Contents

PJU Pintar

Sebagai bagian dari ekosistem smart city alias kota pintar, Penerangan Jalan Umum (PJU) dapat menjadi cerdas, yang tak hanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tetapi juga mudah terpantau dari jarak jauh.

Dalam rangka mengakselerasi digitalisasi Indonesia, Telkom menjalin kerja sama dengan Indonesian Luminaire Association (Alindo) untuk mengembangkan Smart PJU berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

Alindo merupakan asosiasi badan usaha atau produsen yang bergerak di bidang produksi luminer. Dengan kolaborasi ini, Telkom dan Alindo akan melakukan berbagai tahapan dalam pengembangan Smart PJU berbasis LoRaWAN, uji coba di lab dan lapangan, sampai dengan komersial.

LoRaWAN

Sebagai informasi, LoRaWAN merupakan konektivitas wireless dan jarak yang jauh yang memberikan konektivitas efektif dan efisien dari pada lainnya. LoRaWAN tidak membutuhkan SIM card untuk dapat bekerja. Sehingga meminimalisir risiko kerusakan benda tersebut akibat paparan cuaca panas dan hujan di lingkungan outdoor.

Opini

“Lewat produk Antares yang berada pada bawah payung Leap-Telkom Digital, Telkom sebagai BUMN memberikan konektivitas, platform IoT (Internet of Things). Dan pengembangan sensor yang butuhkan Alindo dalam merealisasikan Smart PJU Indonesia. ” ungkap Komang Budi Aryasa, Deputy EVP Digital Business Builder Telkom yang kutip melalui inet.detik.com.

Komang menuturkan, inisiatif ini juga merupakan bagian dari upaya pembangunan Smart City. Secara layanan Business to Business (B2B) untuk produk IoT kepada konsumen, Telkom tidak bisa mengerjakannya sendiri.

Telkom memerlukan mitra yang juga mempunyai kompetensi pada manufaktur tertentu. Dalam hal ini dengan Alindo yang memang punya kompetensi sebagai penyedia lampu khususnya lampu jalan.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp