Telkomsel Luncurkan Layanan Private Network Pertama di Indonesia

Indobot Update

Telkomsel Luncurkan Layanan Private Network Pertama di Indonesia

Telkomsel X Industri Pertambangan

Telkomsel dan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) berkolaborasi untuk memperkenalkan implementasi layanan private network  pertama di Indonesia. Ini bertujuan untuk mengakselerasi solusi penambangan cerdas yang  mendukung  industri pertambangan  yang lebih aman, terhubung, dan terintegrasi di Indonesia. Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler yang terus  mengakselerasi transformasi digital industri pertambangan. Industri pertambangan Indonesia dengan teknologi digital terdepan. 

Awal Mula Kolaborasi

Telkomsel Network Manager Nugroho mengatakan inisiatif ini merupakan bagian dari upaya nyata Telkomsel  mendukung agenda pemerintah untuk memperkuat keterampilan digital di sektor pertambangan yang merupakan salah satu fondasi yang akan mendukung Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0. “Dalam kerjasama ini, Telkomsel berkesempatan  untuk terus berinovasi memperluas penggunaan teknologi dengan memperkenalkan solusi digital yaitu pengenalan layanan private network untuk mendukung seluruh penambangan PT PPA menjadi lebih  efektif, efisien dan aman.

Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan produktivitas perusahaan, kami juga mengapresiasi PT PPA atas kerjasama dan kontribusinya dalam kualitas jaringan dengan Telkomsel. Dan sebagai perusahaan di sintegrasi layanan jaringan pribadi, mendukung penerapan solusi Smart Mining di industri pertambangan,” ujar. 

Meskipun Direktur Hukum PT PPA HCGA dan Teguh Subroto mengatakan,  inisiatif ini di lakukan PPA untuk mempercepat transformasi digital  industri pertambangan menuju Revolusi Industri 4.0 yang seharusnya meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan produksi, serta meningkatkan keamanan operasional PPA. “Dengan  PPA ini, kami menjadi bagian dari transformasi digital industri pertambangan Indonesia melalui  solusi digital terdepan,” jelasnya. 

Dalam rangka melakukan operasi penambangan yang lebih aman, efisien, dan efektif dalam kerjasama ini. Telkomsel akan menggelar solusi penambangan cerdas Telkomsel Enterprise, yang mencakup penyediaan jaringan pribadi Infrastructure as a Service (IaaS) untuk menjangkau seluruh situs milik PT . PPA. dan pelacakan bahan bakar, semuanya di sesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi operasional PT PPA. 

Kelebihan Private Network Telkomsel

Jaringan pribadi  Telkomsel memungkinkan konektivitas PT PPA  dengan keandalan dan keamanan tinggi serta latensi jaringan rendah kurang dari 50 milidetik (ms), yang dengan mudah mendukung proses otomasi di semua operasi penambangan dan operasi bisnis.

Baca Juga Indobot Ramaikan MSIB Fair di Telkom University

Ketersediaan latensi rendah juga  mendukung proses pemantauan aktivitas waktu nyata di mana semua data dapat di integrasikan untuk menciptakan alur kerja yang lebih aman. Koneksi jaringan yang lebih cepat memungkinkan bisnis mendapatkan data  real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat. Memberikan pengalaman yang lebih baik dalam setiap aktivitas bisnis. 

Padahal kebutuhan data real-time PT PPA  sangat tinggi, terutama untuk memantau penggunaan BBM setiap armada. Oleh karena itu, di perlukan implementasi solusi monitoring  bahan bakar  dengan IoT Intelligent Tank Monitoring System Layanan ini memudahkan PT PPA untuk mengecek ketersediaan BBM di tangki penyimpanan dan tangki BBM tambang di mana saja dan kapan saja.

Solusi pemantauan bahan bakar membantu PT PPA  memantau penggunaan armada secara akurat dalam hal konsumsi bahan bakar dan ketersediaan untuk mengelola biaya operasional secara lebih efektif. Untuk memastikan kinerja optimal dari solusi intelligent mining. Telkomsel juga akan membantu membangun infrastruktur pendukung lainnya, yaitu infrastruktur IAAS dan pembangunan BTS. Sehingga jangkauan private network Telkomsel semakin meluas ke seluruh wilayah operasional PT. PPA.

Anda ingin mempelajari IoT untuk pertambangan? Yuk belajar bersama kami di Indobot Academy

 

 

Sudah saatnya kita melek teknologi 4.0 salah satunya dengan mengikuti kursus IoT. Bersama Indobot Academy, Anda bisa belajar IoT dengan materi berbahasa Indonesia yang terstruktur dan terstandar industri. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami di sini.

Promo Maret Ceria Indobot Academy

Klik Link di samping untuk klaim promo : klaimpromonya

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp