Tengok Teknologi IoT Smart Warehouse Untuk Pergudangan Shipper

Indobot Update

Tengok Teknologi IoT Smart Warehouse Untuk Pergudangan Shipper
Tengok Teknologi IoT Smart Warehouse Untuk Pergudangan Shipper

[lwptoc]

Halo Fanbot!

Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya…

Sekarang, minbot akan membahas smart warehouse Shipper pada Indonesia.

Kasus COVID-19 belum kunjung mereda, namun sejumlah sektor dan industri Indonesia sudah menunjukkan kebangkitan sejak 2020. Contohnya, pergudangan, yang menurut Supply Chain Indonesia atau SCI proyeksikan bakal terkontraksi sampai 1,84% sampai akhir tahun.

Kegiatan bertransaksi  melalui online kian meningkat. Meningkatnya kegiatan belanja pada e-commerce hingga beralihnya masyarakat ke usaha mikro mempengaruhi peningkatan dan manajemen pergudangan. Kemudian dengan percepatan digitalisasi, implementasi smart warehouse yang sedang dicanangkan sejumlah penyedia gudang pun dapat berhasil terwujud semaksimal mungkin.

Dampaknya mulai ramai konsep smart logistics sebagai upaya modernisasi cara kerja logistik dengan teknologi. Tujuannya agar dapat menekan ongkos operasional dan pelayanan untuk konsumen tetap prima.

Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Hal Penting dalam Perkembangan Gudang

1. SDM

SDM yang merupakan aspek terpenting dalam pergudangan sebaiknya memperoleh pelatihan yang dapat mengasah keterampilan mereka. Khususnya yang berhubungan dengan kompetensi, kemampuan beradaptasi, pikiran untuk tumbuh dan berkembang, dan keinginan mempelajari sesuatu. Dengan begitu, semua tujuan yang ditargetkan bisa terwujud.

2. Teknologi

Sistem pergudangan yang canggih dalam smart warehouse tentunya memerlukan teknologi yang memadai. Dimulai dari penggunaan software untuk mengelola stok barang. Kemudian, perkenalkan karyawan pada perangkat yang membantu mereka memindahkan inventaris. Perlahan tapi pasti, smart warehouse dapat diimplementasikan secara optimal di sana.

3. Kegiatan Operasional

Kegiatan operasional tentunya akan mengalami perubahan saat kamu beralih ke smart warehouse. Untuk itu, kamu perlu melakukan adaptasi terhadap aktivitas-aktivitas pergudangan, termasuk regulasi dan peningkatan kualitas secara berkala. Hal ini pula yang membuat SDM dan teknologi prioritas, sebab keduanya mempengaruhi rutinitas baru yang dibawa smart warehouse.

4. Lingkungan Gudanng

Terapkan aturan dan sistem yang bakal mendukung keselamatan maupun kesehatan pekerja. Mengikuti pengertian pergudangan, kegiatan-kegiatan yang berlangsung pada gudang harus sesuai standar yang berlaku tanpa menimbulkan kerugian terhadap pihak-pihak yang terlibat.

Penerapan Smart Warehouse untuk Pergudangan Shipper

Tengok Teknologi IoT Smart Warehouse Untuk Pergudangan Shipper
Sumber : Canva

Shipper mengembangkan penyedia jasa pengiriman barang dan sewa gudang demi meningkatkan kapasitas transaksi e-commerce. Menurut Co-Founder dan COO Shipper Indonesia, Budi Handoko, berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistemnya guna memberikan solusi yang terintegrasi bagi penggunanya. Terlebih dalam bidang penyediaan jasa logistik dan pergudangan.

Dilansir Budi “Ke depannya kami akan terus berinovasi dalam mengelola layanan pergudangan dengan mengedepankan teknologi digital (IoT), mendekati apa yang diterapkan di pergudangan Amazon saat ini”. Contohnya, Amazon yang baru ini meluncurkan sistem manajemen pergudangan yang mengedepankan teknologi robotic untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pengelolaan yang canggih dan ekonomis.

 

Fungsi gudang pintar Shipper bekerja untuk mendukung aktivitas logistik end-to end. Dari proses penerimaan barang, identifikasi barang, sortir barang dan pengaturan barang. Semuanya dilakukan dengan dukungan teknologi guna meminimalisir terjadinya human error, menekan biaya operasional dan meningkatkan produktivitas. Dengan menggunakan jasa Shipper, penjual online tidak perlu berhubungan dengan banyak perusahaan logistik, khususnya di bidang ekspedisi. Apalagi, Shipper telah bekerja sama dengan cukup banyak perusahaan ekspedisi sehingga proses pickup barang bisa dilakukan sekaligus oleh Shipper.

Selain itu, gudang pintar dapat meningkatkan skill sumber daya manusia atau karyawan. Maklum, untuk mengoperasikan smart warehouseing ini membutuhkan skill orang yang terlatih pada bidang logistik modern yang serba otomatis.

Sistem Smart Warehouse

Pemanfaatan smart warehouse dapat berupa penggunaan RFID (Radio Frequency Identification), GPS, komputasi awan, dan teknologi informasi lainnya ke dalam proses logistic. Kemudian smart warehouse mendukung empat aspek, yakni jaringan sensor, jaringan seluler dan internet, komputasi awan, dan aplikasi layanan. Kombinasi tersebut menghasilkan manajemen yang komprehensif dari aliran material dan aliran informasi seluruh rantai logistik. Sehingga terjadi efisiensi dan penghematan ongkos. Bisa juga smart logistics tidak jauh berbeda dengan logistics 4.0.

Pertama, gudang modern dapat menghemat 70% biaya ruang daripada gudang tradisional. Kedua, smart logistik dapat mengurangi 80% biaya tenaga kerja di segmen pergudangan. Ketiga, melalui pemantauan penuh seluruh proses transfer dan penyimpanan bahan, efisiensi dan tingkat akurasi akan semakin meningkat. Selain itu, dari big data yang terkumpul dari sistem smart logistics, perusahaan logistik dapat memberikan lebih banyak nilai tambah untuk pelanggan.

Komponen penting untuk smart warehouse akan terhubung dengan data, analitik canggih, keputusan otonom, dan IoT. Oleh karena itu, smart warehouse akan memainkan peran yang sangat penting untuk merampingkan proses antara e-commerce marketplace – penjual – perusahaan logistik – dan konsumen akhir.

Dari sumber yang sama yaitu hasil implementasi smart warehouse mendukung empat aspek, yakni jaringan sensor, jaringan seluler dan internet, komputasi awan, dan aplikasi layanan. Kombinasi tersebut menghasilkan manajemen yang komprehensif dari aliran material dan aliran informasi seluruh rantai logistik.

 

Buat mahasiswa minimal semester 5 yang ingin belajar Internet of Things, Kampus Merdeka dan Indobot telah kembali membuka program Studi Independent “Internet of Things (IoT) Engineer Camp”. Program ini berjalan untuk mengasah kemampuan mahasiswa baik soft skill dan hard skill pada bidang IoT. Pastikan kamu ikut dan terdaftar pada pddikti.kemdikbud.go.id untuk ikut kelasnya.

Buruan segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti seleksi Studi Independent Internet of Things (IoT) Engineer Camp! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya…

Internet of Things (IoT) Engineer of Camp
Internet of Things (IoT) Engineer of Camp

Daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp