Terbukti Bayar! Ini Daftar Situs Freelance Wajib Kamu Tahu

Indobot Academy

daftar rekomendasi situs freelance

Mau dapet cuan dengan menjadi pekerja lepas yang bisa kerja dari mana saja? Ketahui terlebih dahulu daftar situs freelance yang terbukti membayar para pekerjanya berikut ini. Seiring berkembangnya teknologi, bekerja ternyata tidak harus terikat dengan aturan dan jam kantor seperti dahulu. 

Hadirnya platform kerja online, memudahkan orang-orang dengan skill tertentu untuk bisa bekerja secara online dari rumah, dari cafe, bahkan dari pulau Bali sekalipun.

[lwptoc]

Waktu yang lebih fleksibel serta rate atau bayaran yang bisa ditentukan kita sendiri, menjadi alasan mengapa orang ingin bekerja secara freelance

Meskipun terlihat mudah, menjadi seorang freelancer harus dibekali dengan skill yang sedang dibutuhkan saat ini dan keterampilan komunikasi yang bagus, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Para fresh graduate, karyawan yang ingin beralih profesi, ibu rumah tangga, dan siapa saja yang punya skill mumpuni untuk menjadi freelancer, wajib tahu daftar situs freelance yang terbukti membayar para pekerjanya:

Pengertian Freelance

Freelance merupakan suatu istilah yang menggambarkan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh seorang individu, secara mandiri, tidak terikat dengan suatu organisasi atau perusahaan tertentu.

Orang yang menjalani pekerjaan seperti ini disebut freelancer. Mereka biasanya akan menawarkan jasa atau keahlian mereka untuk perusahaan maupun individu secara lebih fleksibel.

Freelancer dapat menentukan waktu kerja, pekerjaan yang diinginkan, hingga tarif yang disesuaikan. Mereka juga biasa bekerja dari rumah atau bekerja sambil travelling.

Dengan hanya bermodalkan internet dengan jaringan berkualitas, sebuah laptop, serta dukungan beberapa aplikasi kerja online, mereka sudah bisa mulai bekerja kapan saja dan dimana saja.

Seorang freelancer tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab khusus. Mereka harus mampu melakukan manajemen waktu dengan baik, saat mencari klien maupun mengerjakan tugasnya.

Kepuasaan klien dalam setiap project adalah tujuan utama para freelancer. Disamping itu freelancer harus mampu mengelola bisnisnya, mengatur keuangan, pajak, hingga administrasi sendiri.

Bidang Freelancer di Indonesia

Bekerja melalui platform kerja online di luar negeri sebenarnya bukan hal yang baru. Sebelum pekerjaan freelance dikenal di Indonesia, orang asing sudah banyak yang bekerja seperti ini. 

Beberapa kelebihan yang ditawarkan dari kerja freelance seperti waktu yang fleksibel, penghasilan yang besar, hingga keseimbangan hidup, menjadi pemicu hadirnya freelancer di Indonesia. 

Hingga kini, freelancer di Indonesia sudah cukup banyak dan bervariasi jenisnya berdasarkan jasa yang mereka tawarkan.

Adapun beberapa kategori freelancer yang populer di Indonesia, sebagai berikut:

    • Desainer Grafis, meliputi desain logo, pamflet, kartu nama, CV, portfolio,brosur, dan lain sebagainya.
    • Penulis konten, penulisan artikel untuk blog, website, copywriting, caption sosial media, email marketing, landing page, dan lain-lain.
    • Pengembang Web, membuat website, mengembangkan serta memelihara keamanan website, hingga mengerjakan pemrograman pada website.
    • Penerjemah, jasa menerjemahkan dokumen, buku, materi pelajaran, dokumen pernikahan, ke bahasa lain yang diminta.
    • Fotografer, mengambil foto untuk keperluan pemasaran, media sosial, hingga acara atau event khusus.
    • Pengajar Online, memberikan tutor lewat aplikasi online, kursus online, hingga bimbingan online untuk level pendidikan dasar, menengah, perguruan tinggi, dan para karyawan perusahaan.
  • IoT Developer, Membantu membuat project IoT untuk perusahaan dan bisnis.
    • Mystery Shopper, Mengevaluasi kualitas layanan atau produk dari perusahaan, bisnis, hingga UMKM serta membuat laporannya.
    • Virtual Assistant, membantu mengelola pekerjaan sehari-hari dari perusahaan atau individu.
    • Digital Marketing, membantu dalam hal pemasaran digital sebuah perusahaan atau bisnis.
  • Data Analyst, membantu menganalisis data dan memberikan masukan pada strategi perusahaan.

Di masa depan, tidak menutup kemungkinan bahwa jenis pekerjaan freelance yang baru akan muncul di Indonesia, seperti social media management, performance marketer, Data science dan lain sebagainya. 

Daftar Situs Freelance Populer

Untuk bisa memulai kerja sebagai freelancer, salah satu hal utama yang wajib diketahui adalah memilih daftar situs freelance yang terpercaya dan terbukti membayar para pekerjanya. 

Hingga saat ini, terdapat situs freelance dengan skala internasional dan skala lokal ( hanya di Indonesia ). Penasaran apa saja, berikut ulasannya:

Upwork

Situs freelance Upwork sudah sangat akrab dikalangan para freelancer pemula Indonesia dan dunia. Situs ini populer dan menawarkan berbagai pekerjaan freelance seperti desain, penulisan, grafis, dan lain-lain.

Para freelancer yang telah selesai mengerjakan project dengan benar, akan dibayar oleh klien melalui upwork. Bayaran bisa ditransfer melalui PayPal, Skrill, atau transfer bank.

cara gampang daftar situs freelance di Indonesia

Freelancer.com

Berikutnya ada situs freelancer.com yang juga menawarkan banyak jenis pekerjaan freelance di beberapa bidang seperti pengembangan web, penulisan, desain grafis, dan lain-lain. Pembayaran atas pekerjaan yang telah selesai di lakukan melalui PayPal, Skrill, dan transfer bank.

Fiverr

Jika Kamu sudah pernah mendapatkan project freelance melalui Upwork, selanjutnya bisa mencari project dari situs freelance Fiverr.

Bidang-bidang desain grafis, pengembangan website, penulisan artikel, hingga jasa pemasaran digital juga tersedia. Pembayaran seperti biasanya melalui PayPal, kartu kredit, dan transfer bank.

Guru.com

Masih seputar situs freelance internasional, Guru juga menawarkan pekerjaan freelance untuk beberapa bidang seperti sosial media marketing, penulisan artikel SEO, pemasaran digital, penerjemah, dan lainnya.

Kamu yang sedang mencari freelancer dengan skill tertentu untuk membantu bisnismu, juga bisa melakukan hire atau merekrut freelance di situs ini.

PeoplePerHour

Bagi para pemula di dunia freelance, saat mencoba situs Upwork atau Fiverr akan terlihat lebih rumit karena banyak keterangan yang harus di lengkapi.

Sebaliknya, PeoplePerHour bisa menjadi situs freelance yang paling mudah di gunakan, baik dalam pengisian data freelancer hingga pembayaran.

Beberapa bidang penting seperti pemasaran digital, pengembang web, penulisan artikel, penerjemahan, pembuatan materi untuk sosial media, dan lain-lain. 

Situs Freelance Lokal di Indonesia

Sedangkan di Indonesia sendiri, terdapat daftar situs freelance terpercaya yang terbukti membayar para freelancer-nya dengan nyaman dan aman, berikut ulasannya:

  • Projects.co.id, platform kerja online satu ini memang yang terbaik dan terbukti membayar di Indonesia. Mencari dan mendapatkan project juga bisa lebih mudah dengan skill yang mumpuni pastinya. 
  • Fastwork, para pemula yang ingin memulai karir freelance-nya bisa mencoba fastwork. Ambil project yang cukup mudah terlebih dahulu. Pekerjaan freelance untuk lulusan SMA juga ada.
  • Freelancer.co.id, situs ini mirip dengan versi internasionalnya freelancer.com. Di sini, Kamu juga bisa memulai pekerjaan freelance dari desain grafis, penulisan artikel SEO, pengelola sosial media, dan lain sebagainnya. Pembayaran bisa di tarik melalui PayPal atau transfer bank. 
  • KitaLulus, baru lulus dari Sekolah Menengah terus ingin kerja freelance juga? Platform kerja online KitaLulus juga bisa di coba. informasi lowongan kerja terbaru yang cocok untuk para fresh graduate juga tersedia. Pembayaran yang di terima langsung dari perusahaan yang membuat pekerjaan.
  • Sribulancer, platform ini juga cukup populer untuk mendapatkan pekerjaan freelance yang sesuai skill yang di miliki, khususnya pekerjaan desain grafis freelance. 

 

Kesimpulan Situs Freelance

Perlu di perhatikan oleh para freelancer, pastikan Kamu membaca aturan dan kebijakan pembayaran dari setiap situs freelance tersebut dengan cermat. Pastikan juga untuk memperhatikan reputasi klien dan perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Hindari mengerjakan project di luar situs freelance tersebut agar terhindar dari penipuan.

Pembayaran yang di terima para freelancer biasanya akan di potong oleh situs kerja online dengan persentase yang berbeda-beda.

Belum punya keahlian untuk di ajukan di situs freelance? Jangan kuatir kamu bisa ikutan bootcamp intensif dari Indobot Academy kok

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp