Tingkatkan Mutu SDM, Akademisi UGM dan UB ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Internet of Things dari Indobot Academy

Indobot Update

Tingkatkan Mutu SDM, Akademisi UGM dan UB ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Internet of Things dari Indobot Academy

[21/11/2022] Era Revolusi Industri 4.0 ini memaksa kita untuk belajar dan meningkatkan skill baik hard maupun soft untuk mengikuti perubahan yang terjadi seiring maraknya perkembangan industri teknologi digital. Kebutuhan akan upgrade skill ini rupanya sudah menjadi keharusan di sektor manapun termasuk Teknologi. Bidang teknologi menjadi salah satu yang paling di butuhkan untuk mendukung perubahan industri dari era konvensional menjadi industri digital. Pasalnya dengan menggunakan teknologi, kita mampu melakukan tracing supply chain bisnis dengan mudah tanpa harus melakukan upaya-upaya yang berat, dan meningkatkan kecepatan kinerja dengan dukungan teknologi yang ada. Luar biasa sekali ya manfaat teknologi ini? Antusiasme orang-orang untuk belajar dan memperdalam ilmu teknologi tercermin dari banyaknya pelatihan hingga penetapan standar sertifikasi yang di akui secara nasional seperti sertifikasi iot. Yaitu sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan Standar Kerja Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI). 

Pelatihan Sertifikasi IoT

 

Pelatihan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things
Pelatihan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things

Pada tanggal 16 November 2022 yang lalu, Indobot Academy mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi di bidang IoT yang bertajuk “Perekayasaan Perangkat Internet of Things”. Program pelatihan dan sertifikasi ini di laksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 16 hingga 17 November 2022  di Ruang Pelatihan Indobot Academy. Dan di ikuti oleh 7 orang Akademisi Program Studi Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Brawijaya Malang. 

Ada dua agenda besar pada program ini, yaitu program Pelatihan Perekayasaan Perangkat Internet of Things (IoT) pada tanggal 16 November, yang di bimbing oleh trainer profesional Indobot Academy yaitu Bapak Oby Zamisyak dan Muhlisun Nur Hidayat. Kemudian di lanjutkan dengan agenda sertifikasi SKKNI pada tanggal 17 November yang di uji oleh Asesor. Materi bahan uji pada pelatihan ini meliputi uji coba dan pengintegrasian perangkat keras dan perangkat lunak dengan aplikasi IoT, pembuatan program visual antarmuka pada perangkat berbasis web yang terintegrasi dengan Mikrokontroller, melakukan instalasi perangkat IoT (device) sesuai dengan desain, dan masih banyak lagi. 

Susunan Acara

Pelatihan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things
Pelatihan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things

Program Pelatihan dan Sertifikasi Internet of Things Indobot Academy di mulai dengan persiapan pelatihan IoT oleh Ibu Eva Kurnia Sari. Sebagai koordinator panitia Indobot Academy. lalu di lanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Oby Zamisyak. Selaku trainer profesional Indobot Academy hingga pukul 11.10 WIB. Kemudian ada sesi diskusi tanya jawab seputar materi dengan trainer hingga pukul 12.00. Kemudian peserta melaksanakan istirahat, sholat, dan makan hingga pukul 13.00 WIB. 

Pemaparan materi pelatihan di lanjutkan kembali pada pukul 13.00 WIB dengan di bimbing oleh trainer profesional Indobot Academy yaitu Bapak Muhlisun Nur Hidayat. Lalu Pada pukul 16.30 di lakukan pengisian APL01 dan APL02. Untuk persiapan Uji Kompetensi Sertifikasi Internet of Things yang akan di laksanakan pada hari selanjutnya. 

Pada tanggal 17 November 2022 di lanjutkan dengan agenda pelaksanaan Sertifikasi yang di mulai pada pukul 09.00 dengan di bimbing oleh Asesor. Sertifikasi ini di laksanakan secara bergantian antara satu peserta dengan peserta lainya hingga pukul 14.30 siang. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini dengan harapan agar materi pelatihan dapat di implementasikan ke riset penelitian di masa mendatang. Dan dapat di jadikan bahan ajar untuk mahasiswanya.

Pelatihan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things
Pelatihan Sertifikasi Perekayasaan Perangkat Internet of Things

Tujuan dan Harapan

Harapan dengan adanya pelatihan dan sertifikasi IoT ini. Indobot Academy dapat terus berkontribusi sebagai salah satu perusahaan yang berkomitmen atas peningkatan mutu sumber daya manusia. Khususnya di bidang Internet of Things. Selain itu Indobot Academy berharap dengan adanya sharing ilmu untuk upgrade skill ini dapat memberikan manfaat dalam bidang akademis. Untuk terus mengupgrade ilmu yang akan di ajarkan kepada mahasiswa agar dapat menciptakan SDM SDM yang berkualitas nantinya. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Tingkatkan Mutu SDM, Akademisi UGM dan UB ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Internet of Things dari Indobot Academy”

  1. Ping-balik: Indobot Kembali Laksanakan Sertifikasi BNSP IoT Batch 5 - PT Ozami Inti Sinergi

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp