Mudik Lebaran 2023? Ini Tips Hemat di Momen Idul Fitri

Indobot Academy

tips hemat mudik lebaran

Hai Fanbot, udah pada siap mudik lebaran belum nih? Mungkin kalian sekarang lagi hectic selesaiin pekerjaan kantor biar bisa di tinggal dengan tenang sebelum cuti lebaran ya? Menurut Kementerian Perhubungan jumlah pemudik pada Lebaran 2023 ini d iperkirakan mencapai 123,8 juta. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 47% secara nasional di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dengan jumlah pemudik hampir setengah kali lipat dari tahun kemarin, ada baiknya Fanbot mempersiapkan diri lebih baik lagi agar terhindar dari kemacetan dan tentu saja tetap menghemat pengeluaran di momen mudik lebaran kali ini.

[lwptoc]

Tips Mudik Hemat Lebaran 2023

Para pemudik lebaran 2023 ini umumnya akan menggunakan dua jenis transportasi, yaitu transportasi publik seperti kereta api, bus, pesawat atau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Berikut adalah beberapa tips yang bisa minbot berikan untuk rekan-rekan yang hendak menjalankan mudik lebaran 2023/1444 hijriah.

Gunakan transportasi umum

Untuk menghemat pengeluaran, cara terbaik adalah gunakan transportasi umum saat mudik lebaran. Selain lebih murah, transportasi umum juga dapat menghindarkan kamu dari kemacetan yang biasanya terjadi saat mudik. Kamu juga akan terhindar dari rasa capek akibat menyetir selama perjalanan.

Cari tiket promo

Gak usah dibilang pun Fanbot udah pasti udah paham tips satu ini, cari tiket transportasi mudik yang menawarkan promo atau diskon khusus pada saat lebaran. Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk menghemat pengeluaranmu.

Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah

Meski Fanbot sedang menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah. Siapa tahu nanti fanbot terjebak dalam kenangan eh kemacetan panjang dan sudah masuk waktu berbuka.

Selain itu membawa bekal makanan dan minuman dari rumah untuk menghindari pengeluaran yang besar di perjalanan. Kamu bisa mempersiapkan makanan dan minuman yang cukup di rumah sebelum perjalanan.

Membeli oleh-oleh secara bijak

Jika harus membeli oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat, belilah oleh-oleh secara bijak dan hindari membeli oleh-oleh yang terlalu banyak atau mahal. Kamu bisa memilih oleh-oleh yang murah, tetapi tetap berkualitas dan bisa memberikan kebahagiaan bagi yang menerima

Berbagi biaya dengan keluarga atau teman

Jika kamu mudik bersama keluarga atau teman, ajaklah mereka untuk berbagi biaya seperti transportasi seperti bensin, bayar toll, atau biaya konsumsi selama perjalanan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran dan tetap merayakan lebaran tanpa harus menghabiskan uang banyak.

Baca Juga Kartu e-Money solusi persiapan mudik

Bawa perlengkapan yang dibutuhkan saja

Bawa perlengkapan yang memang benar-benar dibutuhkan saja. Baju yang akan kamu pakai untuk hari lebaran, sementara baju lain bisa kalian sesuaikan dengan lama waktu mudik, kebutuhan pribadi, charger ponsel,  jika kalian membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas pun tak masalah.

tips hemat mudik lebaran 2023

Hindari membawa barang-barang yang tidak penting dan hanya akan menambah beban serta menguras pengeluaranmu.

Atur Pengeluaran

Biasanya nih Fanbot, libur lebaran orang cenderung abai dengan pengeluaran selama libur lebaran, mulai dari memberi angpau untuk para ponakan, mentraktir keluarga besar, piknik bareng, staycation dan masih banyak lagi.

Coba deh alokasikan pengeluaran kamu secara bijak, boleh bergembira dan mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk merayakan lebaran, tapi tetap memperhatikan pengeluaran ya. Jangan sampai setelah mudik lebaran kalian malah boncos dan mengalami kesulitan finansial sendiri.

Daripada uangnya abis buat leisure selama lebaran, mending dipakai buat nabung, investasi atau buat upgrade skill kamu bareng Indobot Academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp