[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]
Hallo, Fanbot!!! Gimana menjalani hari ini??? Menyenangkan atau ada sedikit kerikil masalah yang ditemui??? Bangkitkan semangat lagi yuk, sini Minbot kasih informasi penting biar kamu lebih siap menjalani 2022 yang banyak perubahannya ini loh.
Memasuki tahun 2022, tentunya akan banyak sekali perubahan-perubahan hebat yang akan kita hadapi. Sama halnya ketika kita masuk ke 2021 dengan berbagai perubahan kebiasaan setelah pandemi menghantam Indonesia.
Salah satu yang wajib banget up to date adalah seseorang yang bekerja sebagai marketer dan content creator. Mau tau alasannya? Nih Minbot kasih tau ya. Media sosial sampai saat ini masih menjadi tempat terbaik untuk keperluan promosi dan menjangkau audiens baru salah satunya instagram.
Menurut riset Statista, sejak 2018 Instagram resmi menjadi platform sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, dengan angka 1 miliar user. Mode-mode yang akan muncul kebanyakan berlaku karena pembaruan dan pengembangan fitur di dalam aplikasi tersebut.
Nah, Instagram akan terus mengalam pembaruan dalam waktu yang cepat. Jangan sampai nih Fanbot ketinggalan. Yuk simak berikut ini Tren Instagram Marketing Yang Akan Booming Di Tahun 2022 :
Otomisasi Percakapan DM
Tren instagram marketing pertama yang wajib diketahui oleh marketer adalah otomatisasi percakap di dalam DM. Tren ini hadir karena pengguna Instagram terus berkembang, permintaan akan komunikasi yang hebat dari bisnis juga ikut meningkat.
Hal ini terbukti dari riset Many Chat, di mana pengguna Instagram mengirim lebih dari 400 juta pesan kepada akun bisnis setiap harinya. Pertanyaan terkait produk dan permintaan layanan pelanggan adalah alasan utama mengapa orang mengirim pesan kepada akun bisnis di Instagram.
Mengingat hal ini, tidak heran jika perusahaan beralih ke otomatisasi DM untuk mengelola beban kerja komunikasi mereka. Strategi ini efektif, hemat biaya, dan tak akan membuang waktu para petugas CS untuk menjawab setiap DM yang masuk.
Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO
Instagram Sebagai Platform untuk Shopping
Menurut Mobile Monkey, mode ini telah berkembang selama beberapa waktu tahun terakhir. Pasalnya, Instagram telah menciptakan marketplace, dan bahkan sekarang pengguna dapat berbelanja langsung di melalui fitur Stories. Maka dari itu, sebagai langkah persiapan, marketer perlu menyediakan strategi promosi bila perusahaan mereka ingin berjualan di Instagram.
Influencer Marketing Perlu Diprioritaskan
Pemasaran berbasis influencer juga digadang-gadang akan menjadi tren besar dalam dunia Instagram marketing di 2022. Pasalnya, selama tahun 2021, strategi ini dinilai sebagai cara paling efektif untuk tingkatkan minat pelanggan. Maka dari itu, jika ingin memiliki upaya pemasaran yang sukses di IG, kesepakatan bersama influencer akan menjadi bagian besar dari strategimu.
Baca juga : Kembangkan Start Up, Wajib Gandeng Gen Z
Mengembangkan Konten di Instagram Live
Bagi kamu yang belum tahu, Instagram kini telah menyediakan fitur baru agar bisnis kecil bisa tumbuh di platform mereka, Fitur ini adalah Instagram Live, yang dapat digunakan untuk menyiarkan live streaming. Tak hanya itu, dengan Live, perusahaan juga bisa dengan mudah mempromosikan video dan produk mereka secara langsung.
Instagram Poll Lebih Digemari Audiens
Menurut laman Many Chat, Polls diperkirakan akan menjadi tren di dunia instagram marketing karena ini menjadi jalan pintas bagi badan usaha untuk menerima engagement dan feedback dari customer. Maka dari itu, jika belum pernah menggunakan Polls, sekaranglah saatnya untuk mulai memanfaatkan fitur canggih satu ini. Cara memanfaatkannya juga cukup mudah. Marketer tinggal mengunggah foto dengan opsi yang berbeda di Stories dan bertanya kepada audiens mana yang lebih mereka.
Baca juga : Customer Engagement : Langkah Tepat Optimalkan Penjualan Produk
Video Pendek Mendominasi Instagram
Jenis video dengan durasi singkat ini mulai berkembang setelah munculnya Reels dan fitur-fitur lain seperti Stories. Video pendek pun populer karena dianggap mudah untuk diakses dan dikonsumsi oleh audiens.
Proses pembuatannya pun tidak sulit dan hemat biaya karena menggunakan kamera smartphone saja sudah cukup. Namun, supaya lebih efektif, marketer sebaiknya persiapkan beberapa ide dan konten Instagram Reels. Pasalnya, fitur tersebutlah yang menjadi tempat terbaik untuk meletakkan konten video pendek perusahaan.
Nah, itu dia Fanbot enam tren instagram marketing yang diprediksi akan segera booming di tahun 2022. Intinya, mode-mode baru ini dijamin bisa menjadi strategi yang baik untuk tingkatkan penjualan produk. Yuk bangkitkan semangat dan tingkatkan penjualanmu di tahun 2022 dengan menerapkan strategi fresh the oven!!!
Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!