Coding Arduino : Function Digital I/O, Analog I/O dan Time

Indobot Academy

Function Digital I/O Analog I/O dan Time Pada Arduino
Tutorial Function Digital I/O Analog I/O dan Time Pada Arduino
[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]

Digital I/O

Board Arduino mempunyai jumlah pin yang berlabel digital D0 – D13 sebanyak 14 dengan pengalamatnya 0 – 13. Namun apabila pin digital yang kita butuhkan masih kurang, kita masih bisa menambahnya dengan menggunakan pin yang berlabel analog A0 – A5 difungsikan sebagai pin digital input/output dengan pengalamatnya 14 – 19. Ada saat tertentu pin digital 0 dan 1 tidak bisa digunakan karena di pakai untuk komunikasi serial, sehingga harus hati-hati dalam pengalokasian I/O.

1. pinMode(pin, mode)

Biasa digunakan dalam void setup() untuk mengkonfigurasi pin apakah sebagai INPUT atau OUTPUT. Arduino digital pins secara default di konfigurasi sebagai input sehingga untuk merubahnya harus menggunakan operator pinMode(pin, mode).

PinMode
PinMode

2. digitalRead(pin)

Membaca nilai dari pin yang kita kehendaki dengan hasil HIGH atau LOW.

DigitalRead
DigitalRead

 

3. digitalWrite(pin, value)

Digunakan untuk mengeset pin yang kita kehendaki dalam kondisi level tegangan HIGH atau LOW (nyala atau mati). Pin digital arduino mempunyai 14 ( 0 – 13 ).

Digital Write
Digital Write

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Analog I/O

Selain pin digital Arduino di lengkapi juga oleh pin analog yang berfungsi untuk membaca input tegangan variabel antara 0 – 5 volt dengan resolusi ADC (Analog to Digital) 10-bit. Pada Arduino ada 6 pin yang berlabel analog input dengan pengalamatan A0 – A5. Tidak seperti pin digital yang dapat di fungsikan selain sebagai digital input dapat juga sebagai digital output, namun pada pin analog hanya dapat berfungsi sebagai analog input saja, apabila kamu ingin membuat Arduino mengeluarkan output tegangan analog kamu masih bisa melakukannya dengan menggunakan pin digital yang berlabel PWM (3,5,6,9,10,11), sejatinya tegangan analog yang di keluarkan Arduino adalah dengan memanipulasi output digital secara pulsa.

1. analogRead(pin)

Membaca nilai pin analog yang memiliki resolusi 10-bit. Fungsi ini hanya dapat bekerja pada analog pin (0 – 5). Hasil dari pembacaan berupa nilai integer dengan range 0 sampai 1023.

2. analogWrite(pin, value)

Mengirimkan nilai analog dengan metoda Pulse Width Modulation (PWM) ke pin yang berlabel PWM (3,5,6,9,10,11). Nilai yang dapat di gunakan adalah dari 0 – 255.

Time

1. delay(ms)

Menghentikan program untuk sesaat sesuai dengan yang di kehendaki, satuanya dalam millisecond.

2. millis()

Mengembalikan nilai dalam millisecond di hitung sejak arduino board menyala. Penapungnya harus long integer.

Jika kalian membutuhkan ebook bisa download gratis di sini!

Jika anda masih kesulitan dalam belajar Arduino bisa baca artikel Cara Belajar Arduino untuk Pemula

Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar dan juga  share postingan ini ke teman-teman kalian ya. Sampai jumpa di Artikel berikutnya ya…

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp