Siswa MAN Ciptakan Robot Penjaga Kompor Gas Berbasis IoT

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/8qgUQ4HfwDA?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Peluang Karier di Bidang Internet of Things (IoT)[lwptoc]

Kompor gas merupakan salah satu peralatan rumah tangga terpenting bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kompor gas dapat  untuk membuat berbagai masakan baik untuk keluarga ataupun kegiatan usaha.

Pada kasus penggunaan kompor gas oleh rumah tangga, para ibu-ibu seringkali kelupaan untuk mematikan kompor gas setelah digunakan. Hal tersebut terkadang memicu terjadinya kebakaran akibat kompor yang menyala secara terus menerus. 

Solusi Bagi Emak-Emak Saat Kelupaan Mematikan Kompor Nih!

Mengatasi berbagai permasalahan yang timbul akibat kompor gas yang lupa dimatikan. Beberapa siswa MAN 3 Medan ini merancang teknologi berbasis Internet of Things yang dapat mematikan kompor gas melalui chat bot. Selain dapat mematikan kompor gas melalui jarak jauh, alat tersebut juga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas.

Menurut Humam dari laman cnnindonesia.com, dia mengatakan bahwa “alat ini bertujuan supaya lebih aman dan meningkatkan keselamatan pakai kompor gas, baik lewat sensor maupun pakai chat bot telegram”.

Keunggulan Robot Penjaga Kompor Berbasis IoT

Alat dari siswa MAN 3 Medan ini memiliki segudang manfaat bagi masyarakat, terutama bagi yang sering lupa untuk mematikan kompor ketika berpergian.
Menggunakan alat tersebut, apabila kompor gas lupa mematikanya ketika sedang berpergian, kompor dapat kita matikan menggunakan smartphone dengan catatan perangkat harus terhubung dengan Wi-Fi.

Selain untuk mematikan dan menghidupkan kompor, alat tersebut juga dapat mendeteksi kebocoran serta mengetahui volume gas yang tersedia di tabung. 

Wadah Bagi Anak Bangsa Hasilkan Inovasi Canggih

Melalui kegiatan InaRI 2022, berbagai karya anak bangsa . Menurut Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), beliau mengatakan bahwa gelaran tersebut bertujuan untuk memotivasi anak bangsa agar dapat lebih kreatif dan menghasilkan berbagai inovasi dengan memanfaatkan sumberdaya Nusantara.

Pameran yang di ikuti oleh berbagai perguruan tinggi, perwakilan BUMN, perwakilan BUMD, Asean-Indian Startup Festival, Perwakilan Negara G20, perusahaan swasta, dan sekolah-sekolah tingkat SMA serta SMP berlangsung meriah di Gedung ICC Cibinong Science Center, Jawa Barat pada 30 Oktober 2022 yang lalu.

Harapannya, melalui kegiatan semacam ini berbagai talenta-talenta anak bangsa akan muncul ke permukaan, sehingga dapat memperkuat perekonomian maupun ketahanan Nusantara di bidang teknologi.

Wah keren bukan! Kamu mau jadi salah satu bagian dari anak bangsa yang mampu menciptakan berbagai inovasi di bidang Internet of Things? Yuk bergabung bersama Indobot Academy!

Dengan bergabung bersama Indobot Academy, kamu akan belajar dari materi dasar sampai kamu jago di bidang Internet of Things!

Baca juga :Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Yang Populer?

Jangan lewatkan kesempatan emas kali ini! Meskipun kamu tidak memiliki background di bidang IT, Internet of Things masih dapat kita pelajari dengan baik bersama Indobot Academy!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id/academy

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp