Wajib Tahu, Penerapan Big Data pada Perangkat Mobile

Indobot Academy

Wajib Tahu, Penerapan Big Data pada Perangkat Mobile
Wajib Tahu, Penerapan Big Data pada Perangkat Mobile

[lwptoc title=”Daftar Isi”]

Big data telah menjadi sebuah istilah yang kerap di gunakan di jaman sekarang yang semakin canggih. Biasanya, istilah tersebut di gunakan untuk menyebut kumpulan data yang ada di internet. Saat ini, penerapan big data semakin hari semakin meluas. Salah satu contoh penerapan big data yaitu pada perangkat mobile. Penerapan big data pada perangkat mobile bahkan telah membawa dampak yang besar bagi kemajuan teknologi dan informasi yang bisa di rasakan hingga sekarang. 

Walaupun banyak orang tidak menyadarinya, tetapi dampak big data yang di terapkan pada perangkat mobile telah banyak mengubah kehidupan masyarakat jaman sekarang. Untuk mengetahui apa saja penerapan big data tersebut ke perangkat mobile, yuk simak penjelasan berikut dengan seksama!

Penerapan Big Data pada Perangkat Mobile

Ponsel pintar dan tablet adalah contoh perangkat mobile yang menerapkan big data dalam sistemnya. Berikut ini adalah bebeapa fitur serta aplikasi yang menggunakan big data untuk pengembangannya. 

Global Positioning System (GPS)

Banyak orang pasti pernah mendengar singkatan GPS. GPS yang terdapat pada perangkat mobile memiliki fungsi utama untuk mengetahui lokasi tertentu, Fitur ini dapat di temukan pada aplikasi Google Maps ataupun aplikasi lain yang memiliki kemampuan untuk menunjukkan lokasi perangkat mobile tersebut. 

Fitur GPS yang ada di Google Maps menggunakan bantuan big data untuk memproses dan mengelola berbagai bentuk data. Data-data tersebut dapat berupa gambar pemetaan lokasi serta informasi lainnya terkait suatu lokasi.

Media Sosial

Selain GPS, penerapan big data pada perangkat mobile juga dapat di temukan pada media sosial. Penggunaan media sosial di kalangan pengguna perangkat mobile terbilang cukup tinggi. Hal tersebut karena media sosial adalah salah satu jenis aplikasi yang pasti dimiliki oleh pengguna ponsel ataupun tablet. 

Seperti yang di ketahui, pengguna media sosial biasanya akan mengunggah berbagai macam data yang berupa gambar ataupun video. Data berupa gambar, video, dan lain sebagainya tersebut ketika di unggah haruslah disimpan ke dalam suatu wadah yang besar. Oleh karena itu, media sosial menggunakan big data sebagai solusi penyimpanan data-data yang berukuran besar tersebut. Terlebih lagi, big data memiliki performa yang cukup baik dalam hal pengelolaan data. 

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Media Digital

Memiliki kemiripan dengan media sosial, media digital ini merupakan salah satu fitur yang biasa diakses melalui perangkat mobile. Contoh dari media digital yang menerapkan big data adalah aplikasi streaming seperti Netflix ataupun e-Commerce. 

Dalam aplikasi streaming, big data di gunakan untuk menyimpan berbagai data terkait riwayat konten yang telah Anda akses sehingga nantinya dapat memberikan rekomendasi tertentu. Selain mencatat riwayat konten, big data juga mampu menyimpan berbagai aktivitas Anda yang lainnya yang di lakukan pada aplikasi streaming tersebut. 

Sedangkan, penerapan big data pada e-Commerce yaitu dapat di jumpai pada saat munculnya rekomendasi suatu produk yang muncul pada linimasa Anda. Munculnya rekomendasi produk tersebut sebenarnya dapat terjadi karena adanya data yang berisi rekaman aktivitas Anda selama menggunakan e-Commerce tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena data yang tersimpan tersebut dapat mencerminkan minat Anda terhadap suatu produk.

Penerapan big data pada perangkat mobile memang membawa banyak dampak pada perkembangan teknologi informasi. Dengan adanya big data yang di gunakan di perangkat mobile, maka informasi dapat lebih cepat tersebar dan lebih mudah untuk di dapatkan.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp