Waspadai Bencana Banjir dengan Penerapan Alat Berbasis IoT

Indobot Academy

Sumber : https://unsplash.com/photos/4zxp5vlmvnI?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink
Waspadai Bencana Banjir dengan Penerapan Alat Berbasis IoT

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di jalur khatulistiwa. Akibatnya, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu kemarau dan penghujan.

Banjir merupakan salah satu bencana yang kerap terjadi ketika musim penghujan berlangsung. Terdapat banyak faktor penyebab banjir masih sering terjadi di Indonesia.

Tingginya tingkat pembangunan di Indonesia yang digunakan untuk pemukiman atau lahan perkantoran, membuat tanah yang dapat menyerap air semakin berkurang keberadaannya.

Selain itu, kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih sering membuang sampah di sungai, berpotensi menyebabkan banjir ketika musim penghujan datang karena sungai tidak mampu menampung debit air.

Meskipun sering terjadi bencana banjir, masyarakat masih sering terdampak banjir cukup parah kurangnya persiapan atau mitigasi bencana.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan banjir yang masih sering terjadi. Beberapa upaya seperti normalisasi sungai, pelebaran sungai, sosialisasi masyarakat, ataupun dengan penggunaan teknologi canggih Automatic Water Level Recorder berbasis IoT.

Mitigasi Banjir dengan Automatic Water Level Recorder Berbasis IoT

Banjir yang terjadi di Indonesia, seringkali disebabkan sungai yang tidak lagi mampu menampung debit air.

Seperti yang dikutip dari laman inilahjogja.com, Manajer Pelaksana PT. Merapi Tani Instrumen (Mertani), Yudhistira mengungkapkan bahwa “Tinggi muka air sungai yang melebihi daratan menyebabkan air menyebar ke daratan dan menggenangi lingkungan sekitar”. 

Dampak dari banjir sangat merugikan masyarakat, oleh karenanya pemerintah mulai menerapkan teknologi-teknologi untuk mitigasi bencana banjir.

Teknologi untuk mitigasi banjir adalah Automatic Water Level Recorder (AWLR). Data melalui perangkat AWLR tersebut dapat di akses secara realtime dan dari mana saja karena sudah berbasis Internet of Things.

Perangkat AWLR berbasis Internet of Things nantinya dapat memberikan data terkait tinggi air sungai, serta titik vital aliran sungai.

Ketika air sungai mulai meluap, petugas dapat lebih mudah mengatur gerbang air sungai karena memiliki data yang kita monitoring secara realtime menggunakan Internet of Things.

Selain dapat mengurangi potensi terjadinya bencana banjir, peringatan kepada masyarakat lebih dini.

Berbagai Pengaplikasian Internet of Things

Internet of Things memang teknologi yang sangat bermanfaat bagi berbagai pihak. Penggunaan Internet of Things mampu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Penerapan Internet of Things untuk mitigasi bencana, tentunya membantu banyak masyarakat karena dampak dari bencana dapat kita minimalisir sejak dini.

Selain untuk mitigasi bencana, Internet of Things juga dapat di terapkan di berbagai sektor, seperti pertanian, perkebunan, perikanan, transportasi, dan kesehatan.

Kamu tertarik mempelajari Internet of Things? Yuk bergabung bersama Indobot Academy!

Bersama Indobot Academy, Internet of Things dapat kita pelajari dengan mudah dan menyenangkan!

Indobot Academy menyediakan berbagai e-course dan workshop terkait Internet of Things yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari sektor pertanian, kesehatan, keamanan, dan dunia kuliner. Apabila kalian tertarik untuk belajar Internet of Things dengan mudah, silahkan kunjungi website indobot.co.id

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp