Webinar Ahli K3 Umum Indobot Diikuti oleh 11 Ribu Peserta!

Indobot Academy

Webinar K3
Webinar K3

Lembaga pendidikan profesional, Indobot Academy, menyelenggarakan webinar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) secara gratis dengan topik “Raih kesempatan dan jenjang karir ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) umum”. Webinar dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Oktober 2023 dan sukses menjaring sebelas ribu peserta dengan mayoritas pendaftar berasal dari kalangan fresh graduate, guru, dan pekerja industri.

Tujuan diadakannya webinar ini adalah memberikan pemahaman dasar tentang K3 dan kecelakaan kerja, agar dapat terciptanya perlindungan keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja. Selain itu, dengan diadakannya webinar ini juga dapat menjamin setiap sumber produksi digunakan secara aman dan efisien, serta meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas nasional.

Pemaparan materi oleh mentor berlangsung selama 2 jam dengan sesi diskusi berdurasi 1.5 jam. Peserta aktif bertanya mengenai materi K3 yang dipaparkan dan banyak berdiskusi mengenai pengaplikasian K3 di tempat kerjanya masing masing.  Peserta juga banyak memberi respon positif tentang perusahaan Indobot Academy yang menaungi kegiatan webinar ini. 

Adapun materi K3 yang di bahas dalam webinar adalah sebagai berikut :

  • Pengenalan dasar K3 Umum
  • Dasar Perundangan K3
  • Penerapan K3 di Lapangan 
  • Memulai Karir di Ahli K3 Umum
  • Tips Meningkatkan Karir Sebagai Ahli K3 Umum 
  • Sertifikasi BNSP AK3U

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Menurut PP 50/2012 pasal 1 no 2, K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PAK). Kecelakaan kerja sendiri merupakan suatu kejadian yang tidak di sengaja dan tidak di kehendaki yang dapat mengacaukan proses yang telah di atur dari suatu aktivitas dan dapat menimbulkan kerugian harta benda dan korban manusia. K3 juga merupakan upaya untuk melindungi pekerja atau orang di sekitarnya dari penyakit yang timbul karena pekerjaan atau hubungan kerja. 

Grafik angka kecelakaan kerja dan kematian di Indobonesia

 

Dalam webinar K3, bapak Adhy Kurnia Triatmaja, S.Pd., M.Pd. selaku pembicara mengungkapkan bahwa “Angka kecelakaan kerja dan kematian akibat kerja di Indonesia dari tahun 2007-2020 mengalami kenaikan dan mulai menurun di tahun 2021. Hal tersebut di karenakan semakin banyak perusahaan yang mulai sadar akan pentingnya K3 dan melihat K3 ini sebagai suatu investasi jangka panjang”. Maka dari itu penting bagi seorang pekerja untuk menerapkan ilmu K3 di lingkungan kerjanya.

Pak Adhy Kurnia Triatma juga menjelaskan betapa pentingnya penerapan K3 untuk pekerja dan perusahaan. Salah satu alasan pentingnya K3 untuk pekerja adalah sebagai perlindungan hidup dan kesehatan, kesejahteraan mental, rasa kepemilikan, peningkatan produktivitas, dan penghargaan serta pengakuan. Sedangkan alasan pentingnya K3 untuk perusahaan adalah sebagai pemenuhan hukum dan regulasi, kurangnya biaya kecelakaan, sebagai peningkatan reputasi, meningkatkan produktivitas, penurunan premi asuransi, peningkatan keterlibatan pekerja, dan sebagai pengurang resiko hukum. 

Tips Sukses Berkarir sebagai Ahli K3 Umum

Dalam memulai Karir di Ahli K3 Umum, bisa di mulai dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan di bidang yang relevan. Mengaplikasikan apa yang sudah di pelajari sehingga akan tercipta kepatuhan terhadap peraturan dan standar K3. Adapun kiat untuk sukses menjadi seorang ahli K3 umum adalah sebagai sebagai berikut : 

  1. Bekerja keras : Keberhasilan memerlukan upaya dan komitmen yang tinggi. Memahami dan menjelaskan peraturan K3 adalah bagian penting dari tugas kamu
  2. Disiplin : Tingkat disiplin yang tinggi sangat di perlukan, termasuk kedisiplinan terhadap diri sendiri dalam hal seperti tepat waktu dan penyelesaian tugas.
  3. Mengikuti Sertifikasi Lainnya : Selain sertifikasi umum, pertimbangkan juga sertifikasi K3 spesifik yang sesuai dengan minat dan tujuan karirmu
  4. Terus Belajar : Tingkatkan pengetahuan K3 dengan terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terbaru
  5. Tentukan Tujuan yang Jelas : Menetapkan tujuan yang jelas akan membantu kamu tetap fokus dan tekun dalam mencapai kesuksesan karir
  6. Sertifikasi Ahli K3 Umum : Mendapatkan sertifikasi ahli K3 umum adalah langkah penting untuk meningkatkan nilai kamu dan memperbesar peluang promosi.

Selain mengadakan webinar gratis Ahli K3 Umum, Indobot academy juga mengadakan program pelatihan dan sertifikasi Ahli K3 Umum. Sertifikasi ini telah verifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesional (BNSP). Sertifikasi merujuk pada proses pemberian sertifikat kepada individu setelah mereka di uji atau di nilai terkait pengetahuan, keterampilan, atau kualifikasi mereka dalam bidang tertentu.

Baca Juga : 5 Manfaat Memiliki Sertifikasi Profesi BNSP

Banyak dari mereka yang mengikuti webinar ini, tertarik untuk mendaftar di program pelatihan dan sertifikasi BNSP untuk Ahli K3 Umum. Namun, yang lebih menggembirakan lagi, adalah bahwa Indobot Academy memberikan promo eksklusif sebesar 90% kepada peserta webinar Ahli K3 Umum. Ini merupakan peluang langka untuk memperdalam pengetahuan Anda dalam bidang K3. Serta mendapatkan sertifikasi yang di akui secara nasional dengan investasi yang lebih terjangkau. Hal tersebut sesuai dengan komitmen Indobot Academy untuk mendukung perkembangan peserta dalam bidang Ahli K3 Umum. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp