Wow Diskominfotik DKI Jakarta Memenangkan Penghargaan IDC Smart City Asia

Indobot Update

Wow Diskominfotik DKI Jakarta Memenangkan Penghargaan IDC Smart City Asia
Wow Diskominfotik DKI Jakarta Memenangkan Penghargaan IDC Smart City Asia

[lwptoc]

Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) masuk nominasi Public Safety pada Internasional Data Corporation (IDC). Yang kemudian meraih penghargaan tersebut berkat proyek Manajemen Pengetehuan untuk Sistem Pengendalian Banjir (Knowledge Management for Flood Control System). Diskomintofik DKI Jakarta mengalahkan empat proyek lainnya yang dinominasikan pada ajang IDC Smart City Asia/Pacific Awards (SCAPA) 2022.

Mevira Munindra selaku Country Manager pada IDC Indonesia mengucapkan selamat kepada Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta atas pencapaian yang memang patut bersyukur. Beliau menyebut inisiatif dari Diskominfo dan Statistik DKI Jakarta adalah contoh nyata yang sangat baik tentang bagaimana teknologi dapat membantu mengatasi tantangan kota dan meningkatkan kualitas hidup warganya.

Latar belakang terciptanya proyek ini bearwal daerah Jakarta yang sering mengalami banjir setiap tahun. Manajemen Pengetahuan untuk Sistem Pengendalian Banjir adalah proyek smart city yang hadir sebagai upaya kebijakan berbasis data untuk mendeteksi area yang berpotensi tergenang air.

Cara kerja sistem ini dengan mengumpulkan data dan pengetahuan seccara historis. Selanjutnya, melakukan analisis prediktif untuk membantu meningkatkan kesadaran bencana, mempercepat respons berbasis sistem, dan melakukan pemantauan secara real-time.

Wow Diskominfotik DKI Jakarta Memenangkan Penghargaan IDC Smart City Asia
Sumber : Canva

Tercipta sistem ini terdapat perangkat Internet of Things (IoT) yang menarik dan memproses sejumlah besar data dan sistem Machine Learning untuk meningkatkan akurasi model. Kelengkapan dari sistem ini terdapat sensor dan data cuaca untuk mendapatkan kesadaran situasional secara real-time dan memprediksi yang mana banjir akan terjadi. Tambahannya bisa memberikan masukan yang memberikan peringatan dan rekomendasi keputusan.

Whatsapp Indobot
Whatsapp Indobot

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Penghargaan yang Masuk Nominasi

Dari proyek ini, sebagai awal mula contoh penerapan teknologi IoT, data analytics, kecerdasan buatan, dan machine learning. Tindak lanjutnya berfungsi untuk menyediakan kesadaran situasional tentang naiknya permukaan air sebagai prediksi letak banjir secara real-time.

Lebih dari 330 nominasi smart city untuk SCAPA 2022 yang keterima dari perusahaan publik dan swasta pada Asia Pasifik. Hanya 22 proyek dalam 15 kategori eService yang menjadi yang terbaik dari yang terbaik pada bidangnya masing-masing. Asia Tenggara mendapatkan 7 dari 22 penghargaan, sedangkan kawasan Asia Timur mengantongi 11 dari 22 penghargaan.

Melansir Jezamin Razak sebagai Manajer Riset Senior di IDC ASEAN mengatakan “Kami senang menyaksikan lebih banyak peserta dalam penghargaan dan pengenalan kategori Manajemen Pandemi di mana kami mengenali solusi teknologi inovatif untuk mengelola situasi COVID-19. Di ASEAN, kami menyambut peningkatan penggunaan automatisasi, data real-time, data analytics dan kecerdasan buatan oleh sektor publik”.

Kolaborasi dengan Jerman guna Jakarta Future City Hub

Gubernu DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke lokasi Jakarta Future City Hub. Beliau datang Bersama dengan Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel. Hubungan tersebut termasuk bagian dari Jakarta Smart City dan mendapat dukungan dana dari Uni Eropa.

Dari pertemuan tersebut, rilis remis Kedutaan Besar Jerman di Jakarta pada hari Jumat tanggal 29 April 2022. Bahwa Jakarta Future City Hub akan one-stop-shop untuk startup, founders, dan inovator dalam konsep co-working, networking, dan ruang kegiatan serta lokakarya.

Pada sambutannya, Gubernur Anies menyampaikan, ini merupakan tempat bagi para wirausahawan, pelaku usaha startup dan kegiatan digital untuk bisa bekerja bersama. Ini merupakan satu tempat di mana siapa saja bisa datang untuk saling bertemu, sehingga ada interaksi, saling belajar, berbagi pengalaman, tukar pikiran, dan kerja bersama. Sebuah fasilitas untuk membuat ekosistem digital di Jakarta bisa tumbuh lebih pesat lagi,” ucap Gubernur Anies Baswedan.

Gubernur Anies juga menjelaskan kekuatan dari pembangunan bidang digital ini. Pastinya, dalam ruang kolaborasi perlu menghadapi tantangan perkotaan. “Perhatikan saja sekarang semua tumbuh dalam bentuk kolaborasi. Penggunaan tempat ini supaya terjadi kolaborasi, khususnya di area digital bisa berjalan dengan baik. Insya Allah September nanti bisa digunakan,” kata Gubernur Anies. Dari sisi lain, strategi keamanan dengan indikator performa kunci yang terukur, yang mendapatkan dukungan dengan produk keamanan yang tepat, akan berdampak secara luar biasa. Antaranya berpengaruh bagi produktivitas dan pertumbuhan bisnis, terlepas dari banyak tantangan keamanan di lingkungan hybrid working.

Bagian penting dari Smart City ini pun diharapkan menjadi pusat pengembangan ekosistem kewirausahaan di Jakarta. Dampaknya untuk mendorong inovasi, ketahanan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan memberdayakan wirausahawan dan memungkinkan kolaborasi lintas sektoral.

 

 

Buat Fanbot yang ingin belajar Internet of Things, Indobot telah kembali membuka program beasiswa bagi talenta digital bersama Kominfo RI dalam Digital Talent Scholarship Professional Academy (DTS PROA) batch 4 dengan judul pelatihan “Internet of Things (IoT) Advanced”. Pelatihan IoT tersebut menyediakan modul berbahasa Indonesia dengan kurikulum mulai dari dasar elektronika, Arduino, hingga IoT berbasis proyek (simulasi) yang disusun oleh tim Indobot Academy.

Yuk segera daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi Beasiswa IoT DTS PROA Batch 4! Jangan lewatkan kesempatan ini ya, karena kesempatan baik tidak datang dua kali ya.

Beasiswa Pelatihan Internet of Things
Beasiswa Pelatihan Internet of Things

Segera daftarkan segera dirimu dan cek persyaratan lengkapnya melalui link berikut :

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp