10 Kompetisi Robotika Terpopuler di Dunia

Indobot Update

Halo sahabat Indobot!

Buat kalian yang suka turnamen Robotika, berikut ini kita sajikan 10 Kompetisi robotika terpopuler di dunia. Simak ya.

Turnamen robotika adalah salah satu turnamen yang diadakan untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang robotika pesertanya. Turnamen dapat berbentuk suatu perlombaan dan ada juga dalam bentuk pertandingan yang diharuskan untuk saling melawan. Peserta yang mengikuti turnamen pun berbeda-beda, ada yang diharuskan untuk wilayah, jenis, atau hal lainnya yang ditentukan. Bahkan ada juga yang bebas dari peraturan.

Kira-kira apa saja ya? Langsung saja kita lihat.

Kompetisi Robotika Terpopuler di Dunia

1. Robo-One

Robo-one pertama kali diadakan di Jepang pada tahun 2002. Kemudian dilanjutkan di Tokyo sebagai kompetensi robotika untuk skala dunia. Kompetensi ini berfokus pada robot humanoid atau robot yang mirip dengan manusia. 

kompetisi ini diadakan 2 kali dalam satu tahun, dengan kompetisi bernomor ganjil dijadwalkan di area Tokyo, sedangkan untuk kompetisi yang bernomor genap, diadakan di daerah terpencil untuk meningkatkan visibilitas dan mendorong partisipasi dalam kompetisi.

 

2. FIRST

FIRST Championship adalah kejuaraan yang diadakan pertama kali di Amerika Serikat. Kejuaraan ini berlangsung selama 4 hari. Terbagi menjadi 3 divisi, yaitu LEGO, Tech, dan Robotics. Perlombaan ini ditujukan untuk anak-anak dan usia SMA.

Dalam kejuaraan ini, robot harus menyelesaikan tugas seperti mencetak bola, menempatkan ban dalam rak, menggantung di palang, dan menyeimbangkan robot di balok keseimbangan. Tugas ini sebenarnya juga dapat berubah-ubah tiap tahunnya.

Peserta akan mendapatkan satu set suku cadang standar slama annual Kickoff. Mereka diijinkan dan bahkan didorong untuk membeli atau membuat part spesial untuk kejuaraan.

 

3. World Robot Olympiad

World Robot Olympiad mereka adakan setiap tahun di seluruh dunia. Kejuaraan pertama kali pada tahun 2004 di Singapura. Peserta dalam kejuaraan ini berusia 19 tahun ke bawah.Pada tahun 2014, kejuaraan diadakan di Amerika Serikat (di Lawrence Technological School).

Kompetisi terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Reguler, College, Open, dan Soccer. Untuk Reguler dan Open menjadi 3 grup, yaitu elementary (SD),Junior School (SMP), dan High School (SMA) atau yang sederajat.

Kategori Reguler adalah perlombaan dengan tantangan kejutan dan langsung melakukan perakitan pada hari kompetisi.  College/advanced menyelesaikan tantangan dengan menggunakan TETRIX dan MATRIX. Kategori Open adalah perlombaan dengan membuat robot sebebas-bebasnya. Sedangkan untuk Soccer, adalah pertandingan sepakbola dengan robot.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan juga IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO:

Whatsapp Minbot

 

4. MIT Zero Robotics

MIT Zero Robotics mengadakan kejuaraan dengan penyajian masalah dari NASA, DARPA, dan MIT. Peserta berasal dari seluruh dunia dengan latar belakang pendidikan, jurusan, dan profesi. Masalahnya biasanya lebih ke bidang pemrograman dari pada bidang robotika lainnya. Peserta pemrogram secara khusus kita sebut dengan nama SPHERES.

 

5. Micromouse

Micromouse adalah kompetisi tahunan di negara manapun di seluruh dunia. Tantangan dalam perlombaan ini adalah, pembuatan robot tikus untuk melewati labirin persegi. Robot ini harus berjalan secara otomatis dan harus menemukan jalan keluar.

baca juga: Ternyata Gampang Buat Robot Pengikut Garis dengan IR Obstacle Sensor

 

6. BEST

BEST robotics adalah perlombaan yang mengacu pada peningkatan, teknik, sains, dan teknologi. Kejuaraan ini diadakan setiap satu tahun sekali di Amerika Serikat, dan berlangsung tidak lebih dari satu minggu.

 

7. IARC

IARC adalah perlombaan drone, di mana drone harus melewati halangan. Perlombaan ini diadakan di Georgia Institute of Technology. Peserta berasal dari wilayah Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

 

8. GLXP

Google Lunar XPrize atau dapat kita singkat dengan GLXP merupakan perlombaan untuk membuat pesawat luar angkasa yang mampu terbang ke luar angkasa dan dapat mengirimkan gambar dari sana. Perlombaan ini yang mengadakan google dengan total hadiah mencapai 30 juta dollar Amerika.

 

baca juga: 8 Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Robotika

 

9. MIT Robocon

MIT Robocon Team adalah kejuaraan hampir setiap musim sepanjang tahun. Kejuaraan iada di Maharashtra Institute of Technology di India. Tim yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini terdiri dari 3 kategori, pemrograman, elektronik, dan mekanik.

 

10. DARPA

DARPA Grand Challenge adalah kejuaraan yang lebih fokus pada penggunaan robot militer. Hadiah untuk kejuaraan ini adalah 1 juta dollar Amerika. Kejuaraan ini bertujuan untuk mendapatkan teknologi yang dapat mengubah kekuatan militer mereka menjadi kekuatan otomatis, itulah sebabnya mereka siap menginvestasikan uang untuk kompetisi besar ini.

 

Baca juga: Tau Sophia ? Robot Cerdas yang bisa berfikir layaknya manusia ? , ini adalah pemikiran dia tentang Gender dan kehidupan !

 

Teman-teman sudah ada yang pernah mengikuti kejuaraan ini? Jika belum, kita masih bisa lo buat ikut berpartisipasi, bahkan dapat memenangkan kejuaraannya. Bagaimana caranya?

Berjuang lebih keras, belajar lebih luas dan mendalam, dan memiliki semangat pantang menyerah. Tentunya robotika akan selalu terkendala dana, namun jangan sampai mengurangi keinginan kita untuk belajar yaa.

Semangatttt.

(Sumber: www.pouted.com)


Bikin project tanpa ribet beli komponen sana-sini? Starter Kit Arduino atau bahkan IoT bisa jadi solusi mu!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp