8 Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Robotika

Indobot Update

Pengalaman terbaik dalam belajar juga bergantung pada tempat di mana kita belajar. Hal tersebut juga berlaku pada universitas. Semakin baik kualitas universitas tersebut, maka semakin hebat pula fasilitas yang di berikan kepada mahasiswanya. Bagi mahasiswa yang banyak melakukan praktikum, fasilitas sangatlah penting. Mahasiswa dari teknik Elektro misalnya. Jika dari pihak universitas memiliki fasilitas seperti di sediakannya lab mikrokontroler yang lengkap dan terbaru, otomasi industri, adanya PLC atau di sediakannya komponen-komponen untuk riset mahasiswa, maka mereka dapat belajar lebih banyak hal di bandingkan mahasiswa yang berada di universitas dengan fasilitas lebih sedikit. Efeknya, mereka akan tertinggal terkait ilmu praktiknya, meskipun masih bisa di kejar dengan belajar teori dan praktik melalui video, namun pengalaman tetap di butuhkan untuk mahasiswa teknik. Akhirnya, mahasiswa juga akan merasa kaku saat berada di dunia kerja atau bahkan kebingungan. Nah kali ini, kita akan membahas 10 universitas yang memiliki jurusan robotika atau sejenisnya dengan fasilitas riset yang mumpuni, bahkan beberapa universitas juga menawarkan beasiswa untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Jurusan robotika merupakan jurusan yang mempelajari bidang robotik, dari controller, otomasi, mekanik, pemrograman dan lainnya yang berhubungan dengan robotik. Tentunya dengan bahan materi yang menggunakan teknologi terbaru ini, universitas juga di haruskan untuk memberikan dana lebih besar dalam pemberian fasilitas praktikum. Berikut ini, beberapa universitas terbaik yang memiliki jurusan Robotika terbaik di dunia. 

 Carnegie-Mellon University

Carnegie-Mellon University merupakan universitas robotika terbesar di dunia. Program pengembangan sistem robotika di universitas ini mempersiapkan mahasiswanya untuk belajar keteknikan, mekanik, kelistrikan, dan tentunya robotik.

Universitas ini menjadi universitas swasta terbaik Pennsylvania, Amerika Serikat.Carnegie-Mellon University menawarkan beberapa program studi robotika, seperti  Masters in Robotics, Robotics Additional Major, Master of Science – Robotic Systems Development (MRSD) dan tentunya PhD.

baca juga: Keren ! ,Robot Terapi ini Mengajarkan Keterampilan Sosial kepada Anak-Anak yang Mengidap Autisme

University of Michigan-Ann Arbor

Universitas ini di dirikan tahun 1817, berlokasi di Ann Arbor Michigan. Universitas ini terkenal sebagai universitas yang menyediakan jurusan robotika dengan fasilitas riset yang mumpuni.

di universitas ini, mahasiswa pascasarjana tahun pertama, memungkinkan untu mendapat pengalaman langsung dalam pengambilan kursus di Laboratorium Sistem Robotika. Mata kuliah di pusatkan pada 3 hal, yaitu sensing, Reasoning, dan Acting.

University of Michigan menawarkan gelar master dan doktor dengan tujuan untuk membuat pengaplikasian robotik melalui integrasi pengetahuan.

Georgia Institute of Technology

Georgia Institute of Technology di anggap sebagai pilihan terbaik bagi siswa yang mencari gelar teknik robotika. Dalam jurusan, mahasiswa dapat mengambil spesialisasi master dalam ilmu komputer, yang akan memandu mereka untuk belajar Robots Intelligence: Planning, Machine Learning, Computational Photography, dan lainnya.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

University of Pennsylvania (Penn)

Penn didirikan pada tahun 1740. berlokasi di Philadelphia, dan menjadi universitas tertua ke 4 di Amerika Serikat. 

General robotics, automation, sensing, and perception (GRASP) adalah salah satu laboraturium robotika yang paling canggih di dunia. Teknik Robotika Penn menarik sekelompok orang multitalenta dalam bidang robotika. Jurusan yang di tawarkan dari universitas ini adalah gelar Master di bidang Robotika.

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT didirikan tahun 1861 di  Cambridge, Massachusetts USA.

Universitas ini memiliki banyak laboratorium, dan kelompok penelitian di berbagai wilayah, namun pusat penelitian terbesarnya adalah  di Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL).

MIT dimungkinkan memiliki tempat penelitian yang paling luas jika dibandingkan dengan seluruh jurusan robotika yang kita bahas kali ini.

Stanford Univercity (Stanford, California)

Stanford University didirikan tahun 1885 di California. Pembelajaran robotika yang di dapatkan baik melalui teknik mesin maupun ilmu komputer, akan bergabung dalam Artificial Intelligence Research Area. Fasilitas penelitian robotika dan Lab kecerdasan buatan Standford ini telah berkontribusi pada bidang computer vision, knowledge systems, decision theory, dan bio-information.

Harvard Univercity (Cambridge, MA)

Harvard University pasti sudah tidak asing  di telinga kita. Universitas ini menyediakan banyak jurusan yang terbaik, begitu juga dengan Sekolah Teknik dan Ilmu Terapan yang mengelola kelompok penelitian yang terkait dengan robotika

Harvard menyediakan program Matematika Terapan, Bioteknologi, Ilmu Komputer, Teknik Elektro, Ilmu dan Teknik Lingkungan, dan Teknik Mesin.

Mahasiswa pascasarjana di fokuskan pada salah satu dari tujuh bidang studi mereka, yaitu Matematika Terapan, Fisika Terapan, Ilmu Komputer, Sains & Teknik Komputasi, Ilmu Data, Teknik Desain, atau Ilmu Teknik.

Columbia University (New York, NY)

Universitas Columbia di NYC menyelenggarakan sejumlah kelompok penelitian, program sarjana, dan program pascasarjana yang berfokus pada robotika.

Robotika di Columbia University memiliki beberapa mata kuliah seperti perception, control, learning, planning, manufacturing, and human-robot interaction.

Siswa yang tertarik untuk penelitian di bidang robotika dapat terhubung dengan Columbia University Robotics Group. Grup ini memiliki beberapa bidang penelitian, seperti Multimodal Brain Computer Interface for Human-Robot Interaction, Surgical Tool Tracking, Dexterous Manipulation Using Predictive Thin-Shell Modeling, Protein Streak Seeding, dan Visual Servoing: A Partitioned Visual Feedback System.

baca juga: Tau Sophia ? Robot Cerdas yang bisa berfikir layaknya manusia ? , ini adalah pemikiran dia tentang Gender dan kehidupan !

Bagaimana? ingin melanjutkan kuliah di sana? untuk kalian yang sangat menyukai bidang robotika, berusahalah lebi keras untuk bisa lanjut ke universitas yang terbaik. Selain pendidikannya, fasilitas juga menentukan pengalaman kita dalam bidang masing-masing. Untuk yang terkendala biaya, jangan berkecil hati. Masih ada banyak beasiswa yang bisa kita dapatkan untuk bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Semangat!

(sumber: collegelearners.com)


Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp