Turnitin, Plagiarism Checker di Dunia Akademik

Indobot Academy

mengenal turnitin aplikasi plagiarism checker dunia pendidikan
mengenal turnitin aplikasi plagiarism checker dunia pendidikan

Turnitin adalah sebuah platform yang digunakan untuk mendeteksi kemiripan atau plagiarisme dalam tulisan atau karya akademik. Biasanya digunakan oleh lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi, sekolah, dan institusi lainnya.

Aplikasi Turnitin memanfaatkan teknologi deteksi plagiarisme yang canggih untuk membandingkan teks yang diunggah dengan database yang luas, termasuk jurnal ilmiah, situs web, dan karya tulis lainnya. Tujuan utama dari Turnitin adalah untuk membantu mengidentifikasi apakah suatu teks mengandung konten yang telah diambil dari sumber lain tanpa menyertakan atribusi atau referensi yang tepat.

Baca Juga: Mengenal ARJUNA Sistem Akreditasi Jurnal Nasional

Cara Kerja Turnitin

  1. Pengguna mengunggah dokumen atau teks yang ingin diperiksa ke dalam sistem Turnitin.
  2. Turnitin akan memproses teks tersebut dan membandingkannya dengan database yang dimilikinya.
  3. Sistem akan menghasilkan laporan originalitas yang menunjukkan persentase kemiripan antara teks yang diunggah dan sumber-sumber yang terdeteksi.
  4. Dalam laporan originalitas, Turnitin akan menyoroti bagian-bagian yang di anggap mirip dengan sumber lain dan memberikan referensi untuk sumber tersebut.
  5. Pengguna, seperti dosen atau guru, dapat menggunakan laporan originalitas tersebut untuk mengevaluasi keaslian teks dan memutuskan apakah ada pelanggaran plagiarisme yang perlu di tindaklanjuti.

Perbedaan Turnitin dengan Plagiarism Checker Lain

Turnitin memiliki beberapa perbedaan dengan plagiarism checker lain seperti Duplichecker, PlagiarismChecker dan yang lain yang biasa di gunakan untuk memeriksa plagiasi di website. Berikut adalah beberapa perbedaannya:

Database yang luas

Turnitin memiliki database yang luas yang mencakup berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, publikasi akademik, buku, situs web, dan karya tulis lainnya. Database ini terus di perbarui dan di perluas secara teratur. Dengan demikian, Turnitin dapat mengidentifikasi kemiripan teks dengan beragam sumber informasi.

Algoritma deteksi yang canggih

Turnitin menggunakan algoritma deteksi plagiarisme yang canggih untuk membandingkan teks yang di unggah dengan database tersebut. Algoritma ini dapat mendeteksi kemiripan tidak hanya dalam kata-kata atau frasa, tetapi juga dalam struktur kalimat, sintaksis, dan gaya penulisan.

Laporan originalitas yang terperinci

Turnitin menghasilkan laporan originalitas yang menyajikan hasil deteksi plagiat secara terperinci. Laporan ini memberikan persentase kemiripan antara teks yang di periksa dengan sumber yang terdeteksi, serta memberikan tautan atau referensi ke sumber tersebut. Hal ini memudahkan pengguna untuk memeriksa dan memverifikasi kemiripan tersebut.

Baca Juga Perbedaan Jurnal Nasional dan Internasional

Fitur penilaian dan umpan balik

Selain deteksi plagiarisme, Turnitin juga menyediakan fitur penilaian dan umpan balik (grading and feedback) online. Dosen atau pengajar dapat memberikan penilaian dan komentar langsung pada teks yang di periksa. Ini memungkinkan proses penilaian dan pemberian umpan balik menjadi lebih efisien dan terintegrasi.

Dukungan institusi pendidikan

Turnitin umumnya di gunakan oleh institusi pendidikan seperti perguruan tinggi dan sekolah sebagai bagian dari kebijakan akademik mereka. Oleh karena itu, Turnitin menawarkan dukungan dan fitur yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan lembaga pendidikan, termasuk integrasi dengan sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang umum digunakan.

Selain deteksi plagiarisme, Turnitin juga menyediakan berbagai fitur lain seperti penilaian dan umpan balik (grading and feedback) online, kolaborasi antara pengajar dan siswa, serta penyimpanan arsip dokumen untuk tujuan referensi dan penggunaan di masa mendatang.

Baca Juga Cara Mudah Upload Jurnal ke Google Scholar

Tips Menurunkan Skor Plagiasi di Turnitin

Untuk menurunkan skor plagiasi dalam karya ilmiah Anda di Turnitin caranya adalah sebagai berikut

Gunakan sumber secara hati-hati

Ketika melakukan riset, pastikan Anda mengutip dan merujuk dengan benar semua sumber yang Anda gunakan. Jika Anda mengambil kutipan langsung, pastikan untuk menuliskannya dengan tanda kutip dan mencantumkan sumbernya. Jika Anda mengutip dari sumber online, pastikan untuk mencantumkan URL atau tautan yang relevan.

Parafase dengan bijak

Jika Anda ingin menggambarkan ide atau informasi dari sumber lain dengan kata-kata Anda sendiri, lakukan parafase. Namun, pastikan untuk menghindari pengulangan yang terlalu dekat dengan teks asli. Ubah struktur kalimat, gunakan sinonim, dan tampilkan pemahaman Anda sendiri tentang materi tersebut.

Baca Juga Perbedaan Skala Nominal, Ordinal, Interval dan Rasio

Gunakan kutipan dengan bijaksana

Kutipan langsung di perlukan dalam beberapa situasi, terutama ketika Anda mengutip definisi, pernyataan penting, atau pendapat yang signifikan. Pastikan untuk mengutip dengan benar menggunakan tanda kutip dan mencantumkan sumbernya. Hindari mengandalkan terlalu banyak kutipan langsung, dan pastikan untuk memberikan analisis dan pemahaman pribadi Anda tentang materi tersebut.

Gunakan alat deteksi plagiasi

Sebelum mengirimkan tulisan Anda melalui Turnitin, gunakan alat deteksi plagiasi yang tersedia secara daring atau melalui aplikasi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan mengoreksi kemiripan atau plagiasi yang tidak di sengaja sebelum mengirimkan karya Anda.

Periksa dan edit tulisan Anda

Setelah menyelesaikan tulisan Anda, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap plagiasi dan kesalahan lainnya. Periksa kutipan, parafase, dan referensi Anda untuk memastikan semuanya di sajikan dengan benar dan sesuai dengan aturan lembaga Anda.

Gunakan sumber primer dan ide orisinal

Upayakan untuk mengutip sumber-sumber primer atau artikel penelitian yang terpercaya untuk memperkuat argumen Anda. Selain itu, jadilah kreatif dan tampilkan pemikiran orisinal Anda sendiri dalam tulisan Anda. Menghadirkan perspektif unik dan analisis yang mendalam dapat membantu menurunkan skor plagiasi.

Apakah Bisa Menggunakan Turnitin Secara Gratis?

Turnitin sebenarnya tidak tersedia secara gratis untuk penggunaan umum. Biasanya, Turnitin adalah layanan berbayar yang di gunakan oleh lembaga pendidikan, seperti universitas atau sekolah, untuk mendeteksi plagiarisme dalam tulisan mahasiswa atau siswa. Lembaga pendidikan yang berlangganan Turnitin memperoleh lisensi akses dan biasanya menyediakan akses kepada pengguna mereka, seperti mahasiswa atau siswa, melalui platform pembelajaran yang di miliki oleh lembaga tersebut.

Baca Juga Website Penyedia Template PPT Sidang Skripsi Gratis

Kekurangan Turnitin Versi Gratis

Jika Anda ingin menggunakan versi gratis Turnitin, penting untuk memahami beberapa kekurangan dan risiko yang mungkin Anda alami. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

  1. Terbatas pada satu file: Versi gratis Turnitin hanya memungkinkan Anda untuk mengunggah dan memeriksa satu file saja pada satu waktu.
  2. Batasan unggah dan pengecekan: Terdapat batasan unggah, di mana Anda hanya dapat mengunggah satu file per hari, dan batasan pengecekan di mana hasil pengecekan baru akan tersedia setelah 24 jam.
  3. Jumlah akun terbatas: Versi gratis Turnitin memiliki batasan jumlah akun yang dapat di buat, dengan batas maksimal hanya 100 pengguna.
  4. Tidak dapat mengubah foto profil dan nama: Tidak ada opsi untuk mengubah foto profil atau nama pengguna dalam versi gratis Turnitin.
  5. Koneksi internet stabil di perlukan: Penting untuk memiliki koneksi internet yang sangat stabil saat menggunakan Turnitin versi gratis. Koneksi yang tidak stabil dapat menyebabkan gangguan dalam proses unggah dan pengecekan.
  6. Tidak dapat mengenali teks dengan akurasi tinggi: Robot Turnitin dalam versi gratis tidak dapat secara akurat membedakan teks Perlakuan Khusus, seperti kutipan yang benar. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan dalam hasil pengecekan kesamaan.
  7. Kemungkinan gangguan situs: Situs Turnitin sering mengalami masalah teknis atau penggunaan yang tinggi, yang dapat menyebabkan situs menjadi tidak dapat di akses atau mengalami “down”. Jika hal ini terjadi, Anda perlu mengulang proses unggah dan pengecekan dari awal setelah situs berfungsi normal kembali.

Namun, ada beberapa alternatif gratis yang dapat di gunakan untuk tujuan serupa, meskipun fitur dan akurasi mungkin tidak sebanding dengan Turnitin. Beberapa contoh alternatif gratis yang umum di gunakan adalah Grammarly, PlagScan, dan Copyscape. Namun, penting untuk selalu memeriksa syarat penggunaan dan kebijakan privasi setiap alat tersebut sebelum menggunakannya.

Dengan menggunakan Turnitin, lembaga pendidikan dapat memastikan integritas akademik dan mendorong praktik penulisan yang etis. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan alat ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas karya tulis mereka dan menghindari plagiarisme yang tidak di sengaja.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp