4 Ruas Tol Paling Banyak Dilalui Pemudik

Indobot Academy

kepadatan ruas tol cipali mudik lebaran 2023

Menjelang hari raya, persiapan mudik lebaran menjadi tujuan mayoritas muslim Indonesia saat ini. Selesai packing, sudah tahu mana saja yang banyak di lalui pemudik tahun ini? Kali ini Minbot akan coba mengulasnya sedikit

Tradisi mudik lebaran hampir di lakukan sebagian besar masyarakat Indonesia di setiap tahunnya. Mereka akan pergi dari desa ke kota atau sebaliknya, menggunakan transportasi darat, laut, dan udara.

[lwptoc]

Mereka yang menggunakan transportasi darat umumnya pergi mudik dengan Mobil pribadi, Kereta Api, Bus, dan transportasi darat lainnya yang tersedia.

Bagi kamu yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum selain Kereta Api,  biasanya akan melalui jalan tol ketika menuju kota-kota tertentu yang menjadi tujuan mudiknya.

Lalu mana saja yang paling banyak di lalui pemudik tahun ini? Mungkin saja, nanti kamu akan melaluinya. Berikut ulasan selengkapnya:

Perkiraan Jumlah Pemudik Lebaran 2023

Kegiatan mudik lebaran tahun 2023 ini, sepertinya akan berjalan normal di bandingkan saat pandemic Covid 19 sekitar 3 tahun lalu. 

Berdasarkan survey yang di lakukan pihak Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ), jumlah pemudik pada tahun 2023 ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Tahun 2022 lalu, jumlah pemudik di Indonesia sekitar 85,5 juta orang. Sementara untuk tahun 2023 ini, jumlah pemudik mengalami peningkatan hingga mencapai 123,8 juta orang.

Di lansir dari jabarprov.go.id , jumlah pemudik yang bergerak dari wilayah kota besar Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur melewati Jawa Barat di perkirakan sekitar 20 juta orang. 

Berdasarkan pantauan CCTV berbasis IoT yang di tempatkan pengelola tol maupun kominfo, mulai terjadi penumpukan trafik menuju berbagai kota terutama ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur

Baca Juga Tips Hemat Mudik Lebaran 2023

Daftar Ruas Tol di Indonesia

Di lansir dari finance.detik.com menjelang persiapan mudik lebaran 2023 ini, seluruh yang ada di Indonesia telah siap untuk di gunakan sebagai jalur mudik. 

Berikut ini daftar ruas tol di Indonesia yang bisa di lalui para pemudik di berbagai kota di lansir dari Kompas, berikut daftar lengkapnya:

  • Tol Serpong-Cinere Seksi 2
  • Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4
  • Tol Cisumdawu Seksi 6A dan 6B
  • Tol Cisumdawu Seksi 4A dan 4B
  • Tol Cisumdawu seksi 5A dan 5B
  • Tol Sigli-Banda Aceh
  • Tol Ciawi Sukabumi
  • Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A
  • Tol Cinere-Jagorawi
  • Tol Serpong-Balaraja
  • Tol Kuala Tanjung-Tebing Prapat
  • Tol Jakarta-Cikampek 
  • Tol Cipali

Tiga Ruas Tol Baru di Jawa Barat

ruas tol cipali padat pemudik

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan atau kendala saat masyarakat sedang mudik lebaran, pemerintah tentunya telah menyediakan berbagai fasilitas dan sarana yang di perlukan.

Salah satu antisipasi yang di lakukan untuk mudik lebaran 2023 ini adalah menyiapkan tiga yang  baru di wilayah Jawa Barat.

Tiga tol baru tersebut yaitu  Bogor-Sukabumi, Tol Japek 2 dengan tujuan Karawang-Sadang, dan Tol Cisumdawu antara Cimalaka-Cipali.

Dari ketiga ruas tol baru itu, khusus tol Cisumdawu dengan ruas Cimalaka-Cipali akan di operasikan secara situasional. 

Tol ini nantinya hanya di gunakan mulai pukul 06.00-15.00 WIB dengan ketentuan satu arah saja, baik untuk arus mudik lebaran maupun arus balik. 

Ruas Tol Paling Banyak Dilalui Pemudik

Dari beberapa yang siap di gunakan untuk mudik di Indonesia, X di antaranya ternyata paling banyak di lalui pemudik dan berada di wilayah Jawa Barat. Apa saja ruas tol tersebut, berikut ulasan selengkapnya:

Jakarta-Cikampek

Ruas tol ini di bangun untuk menghubungkan Jakarta dengan kota Cikampek di Jawa Barat. Jalan tol dengan panjang 72 km ini adalah bagian dari jalan Tol Trans-Jawa.

Jakarta-Cikampek ini memang di kenal sebagai jalan tol tersibuk di Indonesia, apalagi saat menjelang libur panjang dan mudik lebaran seperti sekarang ini.

Kemacetan yang cukup parah sering terjadi pada ruas tol ini, maka dari itu, kamu yang hendak mudik melaluinya harus lebih waspada.

Baca Juga Kartu e-Money Mudahkan Bayar Tol Mudik 

Cipularang

Ruas tol paling banyak di lalui pemudik berikutnya adalah ruas tol Cipularang. Jalan tol ini menghubungkan kota Jakarta hingga ke Bandung.

Sepanjang tol ini akan melalui kota lainnya seperti Cikampek, Purwakarta, hingga Padalarang dengan panjang hingga 116 km.

Jalan tol ini tentunya menjadi alternatif jalan utama bagi para pemudik yang ingin menghindari kemacetan di jalan nasional.

Pemudik yang hendak pergi ke wilayah Jawa Tengah, juga bisa melalui ruas tol Cipularang. Kemacetan karena padatnya jumlah kendaraan bisa terjadi selama musim mudik lebaran.

Pastikan kamu dan keluarga sudah mempersiapkan segala hal untuk mudik, sehingga dapat terhindar dari kemacetan atau kecelakaan pada ruas tol ini.

Trans-Jawa

Bagi kamu yang hendak mudik dari kota Jakarta menuju kota Surabaya melalui jalur darat, maka ruas tol Trans-jawa ini bisa kamu lalui.

Menjelang mudik lebaran, pemudik dari kota-kota besar di pulau jawa seperti Cikampek, Cirebon, Semarang, Solo, hingga Madiun, akan melalui ruas tol trans-jawa dengan panjang sekitar 1.167km.

Selain termasuk ruas tol paling banyak dilalui pemudik, jalan tol ini juga biasanya dilalui mobil-mobil yang hendak melakukan distribusi barang maupun jasa ke beberapa kota lainnya di Jawa.

Di tahun 2023 ini, bahkan ruas tol trans-jawa akan mengalami ekspansi sehingga bisa menghubungkan Cikampek hingga ke Banyuwangi bagian ujung Jawa Timur. 

Palikanci

Masih di Jawa Barat, ruas tol Palikanci yang menghubungkan kota Palimanan dengan kota Kanci, juga menjadi ruas tol paling banyak di lewati pemudik setiap tahun nya.

Dengan panjang sekitar 37,8 km, ruas tol palikanci ini merupakan bagian dari jalan tol Cikopo-Palimanan atau tol Cipali. Gerbang exit tol ini menuju ke Palimanan, Cirebon timur, dan Kanci.

Para pemudik yang hendak pergi ke wilayah Jawa Tengah atau Jawa Timur, biasanya menggunakan ini sebagai jalur alternatif melalui tol Cipali.

Meskipun saat musim mudik seperti ini, kemacetan dan antrian kendaraan yang terjadi pada ini mungkin tidak separah di ruas tol Cikampek atau Cipularang.

Kamu tetap di sarankan untuk  menjaga kondisi dan mempersiapkan diri dengan maksimal, agar bisa terhindar dari kecelakaan dan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi saat mudik lebaran.

Tips Mudik Lebaran

Agar mudik lebaran tahun ini berjalan dengan aman dan nyaman, kamu bisa menjalankan beberapa tips di bawah ini:

  • Pahami rute perjalanan, dengan mengetahui dan memahami rute perjalanan, maka kita bisa menentukan jalur yang akan dilalui termasuk memilih ruas tol paling banyak  dilalui pemudik.
  • Pahami waktu ideal berkendara, mudik memang perjalanan istimewa yang cukup menguras waktu dan tenaga. Usahakan kita mulai pergi mudik di jam yang lebih awal agar terhindar dari kemacetan yang parah
  • Pahami waktu istirahat, pastikan kita mengetahui titik di  mana kita perlu beristirahat ketika dalam perjalanan mudik agar tidak terlalu kelelahan
  • Cek kondisi kendaraan dan kembalikan, agar sesuai standar pabrik terdahulu dan nyaman saat digunakan.

Semoga selamat sampai tujuan Fanbot, dan bisa bertemu dengan keluarga tercinta merayakan Idul Fitri bersama.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp