5 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance

Oby Zamisyak

5 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance
Berikut Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance

[lwptoc numeration=”none” title=”Daftar Isi”]

Hallo Fanbot, Di artikel kali ini kita akan membahas tentang peluang kerja online untuk freelancer, tentu yang langsung muncul dalam pikiran kita adalah situs freelance. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ikut   mendorong perkembangan dalam berbagai bidang, tak terkceuali pada sektor perdagangan dan jasa. Hal ini dapat terlihat dari bermunculannya berbagai ecommerce dan marketplace di Indonesia selama satu dekade terakhir ini.

Freelance atau tenaga lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri, tidak terikat jam kerja, dan biasanya memiliki keahlian tertentu. Kata freelance sendiri adalah sebuah istilah pada Abad Pertengahan yang digunakan kepada seorang prajurit bayaran (a freelance) yang tak terikat kepada siapa pun kecuali hanya pada orang yang mempekerjakannya.

Sebelum perkembangan internet yang sedemikian pesat sebagaimana pada saat ini, profesi freelancer di Indonesia pernah dianggap sebelah mata. Akibatnya, dunia bisnis (perusahaan) cenderung enggan menggunakan freelancer sebab takut dengan berbagai potensi risiko yang mungkin saja dialami. Namun seiring dengan waktu, meskipun anggapan miring ini belum sepenuhnya hilang, profesi freelance sudah mulai diterima serta menjadi bagian dari dunia usaha.

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Alasan Perusahaan Menggunakan Jasa Freelance

Bahkan, sebuah iklan produk komersial di televisi dengan tagline berkantor tidak melulu harus di ruang kantor, memperlihatkan posisi freelance yang sudah selayaknya diperhitungkan di tengah dunia. Adapun beberapa manfaat menggunakan freelancer:

Hemat

5 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance

Perusahaan yang menyewa freelancer memiliki keuntungan finansial karena dapat menyewa freelancer berdasarkan proyek dalam jangka waktu terbatas. Perusahaan cukup membayar freelancer berdasarkan proyek dan tak perlu membayar beragam biaya tunjangan seperti yang diterima pegawai full time.

Ide-Ide Segar

5 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance

Freelancer biasanya cenderung lebih bebas memberi masukan dan ide yang lebih objektif terhadap perusahaan yang menyewa jasanya, tanpa merasa takut terhadap struktur hierarki atau kebutuhan karir jangka panjang.

Tenaga Terampil

Hanya freelancer yang memiliki pengetahuan luas yang akan unggul dalam persaingan. Dalam hal ini, cenderung memaksa freelance mematangkan pengalamannya dalam berbagai kesempatan. Karena ia tidak punya ikatan pada suatu

pekerjaan dan struktur, freelancer lebih memiliki peluang untuk berkembang dari pada dengan pegawai full time yang terikat pada perusahaan atau jabatan. Selain itu, pengalaman freelancer yang pernah bekerja pada beragam perusahaan/klien merupakan kelebihan yang tersendiri dari pada dengan pegawai full time.

 

Baca juga : Sulap Ruang Kerja Di Rumah Ala “Kantor” Agar WFH Semakin Nyaman dan Betah Seharian

Fleksibel

5 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance

Seorang freelancer lebih fleksibel secara waktu; kapan saja seorang freelancer kita minta untuk membantu proyek atau memberi masukan, ia akan berupaya guna memenuhi permintaan kliennya. Freelancertidak terikat jam kerja sebagaimana pekerja di sektor formal. Pada umumnya, mereka selalu siap apabila klien membutuhkan bantuannya (Cohen, 2017).

Pelayanan

5 Alasan Kenapa Perusahaan Wajib Menggunakan Jasa Freelance

Freelancer yang baik senantiasa menjaga reputasinya, demi menjaga kepercayaan dari kliennya. Mereka berusaha disiplin pada deadline (tenggat waktu pekerjaan). Freelancer yang bergerak pada bidang desain, rancang bangun, agen penjualan, biasanya akan bekerja keras supaya bisa memenuhi target dan kualitas layanan atau kamu hasil pekerjaan. Mereka tidak ingin reputasinya tercoreng dan tidak terpercaya lagi. Karena itulah, nama baik adalah salah satu aset penting seorang freelancer bisnis.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp