Alat Pelindung Diri dan Sistem Keamanan Pekerja Tambang

Indobot Academy

mengenal alat pelindung diri pekerja tambang
alat pelindung diri pekerja tambang

Alat pelindung diri (APD) pekerja tambang adalah aspek yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam industri pertambangan. Di lingkungan kerja yang berpotensi berbahaya, menjaga keselamatan para pekerja harus menjadi prioritas utama. Perlengkapan keamanan yang tepat dapat melindungi mereka dari risiko cedera serius dan bahkan menyelamatkan nyawa.

Artikel ini akan membahas beberapa perlengkapan APD dan keamanan yang penting dan harus ada dalam setiap tambang. Kami akan menyajikan berbagai alat dan peralatan yang dirancang khusus untuk melindungi pekerja tambang dari bahaya seperti ledakan, gas beracun, runtuhan tanah, dan kondisi kerja yang ekstrim.

Kami juga akan membahas regulasi dan standar keamanan yang berlaku di industri pertambangan. Penting bagi setiap perusahaan tambang untuk mematuhi peraturan-peraturan tersebut demi melindungi kehidupan dan kesehatan pekerja mereka.

Baca Juga Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan Tambang

Dasar Hukum APD dan Keamanan Pekerja Tambang di Indonesia

Di Indonesia, dasar hukum terkait keamanan pekerja tambang diatur oleh beberapa peraturan dan undang-undang yang relevan. Berikut adalah beberapa dasar hukum yang penting dalam konteks keamanan pekerja tambang di Indonesia:

  1. Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja: Undang-Undang ini mengatur mengenai keselamatan kerja secara umum di Indonesia, termasuk dalam sektor pertambangan. Hal ini meliputi kewajiban perusahaan untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman, perlindungan terhadap pekerja, pelatihan keselamatan, dan upaya pencegahan kecelakaan kerja.
  2. Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara: Peraturan ini mengatur secara rinci tentang persyaratan keamanan yang harus dipenuhi oleh perusahaan tambang mineral dan batubara. Hal ini mencakup persyaratan perlindungan terhadap pekerja, pemantauan lingkungan kerja, penanganan bahan berbahaya, serta rencana darurat dan evakuasi.
  3. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 38 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara: Peraturan ini mengatur tentang pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja yang spesifik dalam sektor pertambangan mineral dan batubara. Termasuk di dalamnya adalah persyaratan mengenai pengawasan dan pemantauan kesehatan pekerja, perlindungan terhadap bahaya fisik dan kimia, serta persyaratan pelatihan keselamatan.
  4. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pertambangan Umum: Peraturan ini menetapkan persyaratan khusus untuk keselamatan dan kesehatan kerja dalam sektor pertambangan umum di Indonesia. Regulasi ini mencakup persyaratan perlindungan terhadap pekerja, manajemen risiko, pemantauan lingkungan kerja, perlindungan terhadap bahaya kimia, serta pelatihan dan sertifikasi bagi pekerja tambang.
  5. Standar Nasional Indonesia (SNI): SNI juga memiliki peran penting dalam mengatur standar keamanan untuk peralatan, alat pelindung diri, dan prosedur kerja di sektor pertambangan. Standar ini mengikuti ketentuan internasional yang relevan dan digunakan sebagai acuan untuk memastikan keamanan yang optimal di tempat kerja.

Baca Juga Pemanfaatan IoT di Bidang Energi

Alat Pelindung Diri dan Sistem Keamanan Pekerja Tambang

Industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang berpotensi sangat berbahaya bagi para pekerja. Lingkungan kerja yang melibatkan ledakan, gas beracun, runtuhan tanah, dan kondisi kerja yang ekstrim menuntut perlindungan yang maksimal terhadap keselamatan pekerja. Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa perlengkapan keamanan yang penting dan tak boleh di abaikan dalam upaya melindungi nyawa pekerja tambang.

Helm Keselamatan yang Kokoh

Merupakan perlengkapan paling mendasar namun krusial bagi pekerja tambang. Helm yang kokoh dan tahan terhadap benturan dapat melindungi kepala dari pukulan benda jatuh, runtuhan, atau benda tumpul yang dapat menyebabkan cedera serius.

Masker Pelindung Pernapasan

Di tambang, terdapat risiko paparan gas beracun, partikel debu, dan bahan kimia berbahaya. Masker pelindung pernapasan di rancang khusus untuk menyaring udara yang di hirup oleh pekerja. Mencegah masuknya zat berbahaya ke dalam paru-paru dan sistem pernapasan mereka.

Peralatan Deteksi Gas

Gas beracun dapat menjadi ancaman serius di lingkungan tambang. Peralatan deteksi gas yang canggih memungkinkan pekerja untuk mendeteksi keberadaan gas berbahaya di sekitar mereka. Dengan sistem peringatan dini yang akurat, pekerja dapat segera mengambil tindakan evakuasi yang tepat jika ada gas beracun terdeteksi.

Baca juga Buat Sendiri Alat Deteksi Kebocoran Gas

Pakaian Pelindung

Pakaian pelindung di rancang untuk melindungi tubuh pekerja dari kontak langsung dengan bahan kimia, percikan logam panas, atau paparan panas ekstrem. Alat pelindung diri berupa seragam tambang yang tahan api, jaket pelindung. Dan baju pelindung khusus dapat membantu mengurangi risiko luka bakar dan cedera kulit.

Alat Pemantauan Kesehatan

Pekerja tambang harus menjalani pemantauan kesehatan secara teratur untuk memastikan mereka tetap dalam kondisi fisik yang baik. Alat pemantauan seperti detektor denyut jantung, alat pengukur suhu tubuh. Atau perangkat pemantauan kadar oksigen dalam darah membantu mengidentifikasi tanda-tanda masalah kesehatan yang mungkin terjadi selama bekerja.

Pelindung Pendengaran

Di lingkungan tambang, pekerja sering terpapar suara bising yang berbahaya bagi pendengaran mereka. Alat pelindung pendengaran seperti bantalan telinga atau alat penyerap suara membantu mengurangi risiko gangguan pendengaran jangka panjang akibat kebisingan.

Sistem Evakuasi Darurat

Ketika terjadi keadaan darurat seperti ledakan atau runtuhan, sistem evakuasi darurat yang efektif menjadi sangat penting. Pekerja harus di latih untuk mengenal rute evakuasi, peralatan keselamatan, dan prosedur yang harus di ikuti dalam situasi darurat.

Baca Juga Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Semoga pembaca akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang APD dan perlengkapan keamanan yang di perlukan di industri tambang. Semakin meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan pekerja. Di harapkan kita dapat mencapai lingkungan kerja tambang yang lebih aman dan bebas dari cedera serius.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp