Antares, Platform Cloud IoT Indonesia

Indobot Update

Halo Fanbot

Sedang ada project apa hari ini?

Yuk kita rehat sejenak dan berkenalan langsung dengan platform buatan Indonesia. Yaps apalagi kalau bukan Antares.

Sebelum mengenal platform ini, Minbot akan mencoba memberikan penjelasan sederhana terkait sistem IoT yang perlu kita pahami.

Internet of Things atau sering disingkat dengan IoT merupakan sistem yang menggunakan koneksi internet untuk memantau dan mengontrol. Dengan   menggunakan IoT, kita dapat memantau status atau mengontrol perangkat kapan saja, di mana saja. Sistem IoT  membutuhkan beberapa perangkat untuk melengkapinya, seperti perangkat kontroler (mikrokontroler, misalnya: NodeMCU, ESP8266, dan lainnya), cloud, dan interface. Juga dalam hal monitoring, kita membutuhkan tambahan berupa sensor  untuk membaca suatu kondisi, seperti cahaya, suhu, kelembaban, tekanan, dan lain sebagainya.

Nah dalam penjelasan di atas, tentunya kita sudah tau Antares berada di bagian mana kan?

Antares merupakan salah satu platform untuk project Internet of Things. Antares memiliki berbagai fitur, mulai dari device management hingga data storage untuk memudahkan para developer aplikasi dalam mengembangkan idenya pada sistem Internet of Things.

Nama Antares ini diambil dari Rasi Bintang dengan bintang terbesar di rasi Scorpio dengan harapan menjadikan Antares sebagai platform yang terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia. Saat ini, ANTARES IoT Platform sudah disertifikasi secara internasional oleh OneM2M dan mengakomodasi protokol internasional dan standar teknis untuk memastikan interoperabilitas dan konektivitas tanpa batas untuk setiap perangkat yang akan diintegrasikan.

Beberapa kelebihan Antares IoT Platform adalah dapat bekerja di berbagai jenis konektivitas dari 4G, 5G, dan berbagai jenis protokol sepert http, mqtt, atau lainnya. Antares IoT Platform juga mengunggulkan zero infrastructure management yang membuat kita tidak perlu mengurusi server karena API sudah disediakan oleh Antares. Platform ini memiliki database yang dekat karena berada di dalam negeri. Meskipun begitu, sudah menggunakan standar internasional dan independen terhadap network dan konektivitas.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

Fasilitas ANTARES IoT Platform

Ada beberapa fasilitas dari Antares yang dapat kita manfaatkan oleh developer dalam mengembangkan project IoT.

Keamanan

Faktor keamanan sangat penting dalam setiap pembuatan aplikasi. Terutama bahaya hacker yang dapat menembus beberapa situs. Pada Antares IoT Platform menggunakan komunikasi melalui jalur terenkripsi. Semuanya sudah diatur dengan sangat reliabel, aman, dan kuat di atas Secure Transport Layer. Enkripsi dilakukan untuk menghindari adanya pencurian dan penyadapan data pengguna. Data yang dikirimkan ke server akan dienkripsi sehingga data tidak dapat bisa dibaca secara langsung.

Reliabel

Infrastruktur dalam pengembangan aplikasi menggunakan Antares IoT Platform dapat terus dilakukan secara 24/7. Artinya kapanpun kita ingin mengakses data, uji coba, melakukan perbaikan atau yang lainnya dapat kita lakukan kapanpun dan di manapun.

 

baca juga: Platform Cloud IoT Paling Recommended buat Pemula

 

Dapat digunakan di Berbagai Perangkat

Antares IoT Platform sebagai platform buatan Telkom Indonesia juga sudah dapat digunakan di berbagai perangkat controller seperti Arduino ESP8266, ESP32, Raspberry, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Antares juga dapat berfungsi untuk berbagai aplikasi bahasa pemrograman, baik Arduino IDE, Java, MIT App Inventor, dan aplikasi pemrograman lainnya.

Open API

API (Application Programming Interface) adalah suatu perangkat lunak yang mengizinkan 2 aplikasi/website saling terhubung satu sama lain. Dalam hal IoT, API sangat penting untuk menghubungkan tiap bagian project.

Langkah Pembuatan Akun

Akun harus bisa masuk ke konsol dari ANTARES. Lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka laman https://console.antares.id/ untuk memasuki konsol Antares.
  2. Klik pada bagian Register
  3. Tuliskan nama, email, dan tuliskan password (bebas dengan ketentuan karakter)
  4. Kemudian dari Tim Antares akan mengirimkan email untuk konfirmasi email. Klik saja Confirm Email untuk mengaktifkan akun di Antares.
  5. Kembali ke https://console.antares.id/. Masukkan email dan password. Kemudian klik login.
  6. Klik 3 garis di kiri atas untuk memilih menu untuk Pembuatan Project.

baca juga: Perusahaan Indonesia yang Sudah Kembangkan IoT

Antares IoT Platform juga sudah menyediakan beberapa tutorial project yang dapat langsung kita terapkan dan dapat kita kembangkan oleh kita. Untuk mengakses contoh dari Antares, masuk ke laman Documentation dari Antares ( Klik di sini ). Kemudian Scroll ke bawah untuk menemukan “Contoh Kode dan Library”. Pilihlah sesuai dengan device yang anda gunakan.

Itulah beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui dari Antares IoT Platform. Buat yang masih penasaran bahkan sudah langsung ingin mencobanya, langsung saja untuk mengunjungi website dari Antares IoT Platform (Klik di sini). Antares IoT Platform ada free trial untuk bisa kalian coba. Trial dapat berfungsi untuk membuat 1 aplikasi, 10 devices, Hit API Unlimited, dan 3 bulan aktif. Jadi kalian dapat melakukan uji coba sebelum benar-benar menggunakannya.  

Yuk belajar IoT pake Antares IoT Platform.

(Sumber: www.telkomiot.com dan antares.id)

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp