Platform Cloud IoT Paling Recommended buat Pemula

Indobot Academy

Halo Fanbot.

Sedang ada project apa hari ini?

Kalian sudah tau apa itu Internet of Things?

Internet of Things (IoT) merupakan suatu sistem yang dapat kita terapkan di berbagai bidang seperti bidang industri, kesehatan, transportasi, pemasaran, dan bidang-bidang lainnya. Sistem IoT memungkinkan kita untuk dapat mengendalikan atau memonitoring suatu device dari jarak jauh, dimanapun dan kapanpun. Hal ini karena sistem ini menggunakan koneksi internet sebagai penghubungnya. Sehingga selama kita masih dapat terhubung dengan internet.

Sebagai sebuah sistem, pastinya IoT membutuhkan gabungan dari beberapa perangkat. Mulai dari perangkat dasarnya yaitu kontroler, cloud, internet, dan interface. Tambahan lainnya adalah seperti sensor, aktuator, dan indikator. Berbagai perangkat tersebut kemudian kita hubungkan baik secara kabel maupun nirkabel (internet).

Nah kali ini, kita akan membahas terkait platform cloud yang dapat kita gunakan sebagai perangkat cloud dari sistem IoT. Platform Cloud yang dapat berfungsi untuk sistem IoT sudah sangat banyak di website. Pada bahasan kali ini, kita akan merekomendasikan beberapa platform yang dapat berfungsi untuk kalian ketika ingin membuat sistem IoT. Apa saja? Yuk kita simak.

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

Blynk

Blynk merupakan platform untuk aplikasi OS Mobile (iOS dan Android) yang memiliki tujuan untuk melakukan monitoring dan kendali modul arduino, NodeMCU ESP8266, Wemos D1, Raspberry, dan modul mikrokontroler lainnya melalui koneksi internet. 

Tergolong platform yang praktis dan mudah kita gunakan . Platform ini sudah langsung terhubung dengan smartphone, bahkan untuk pengaturannya kita lakukan  di smartphone. Sehingga dapat langsung diaplikasikan.

Nah saat ini, Blynk mulai mengembangkan produk baru yang bernama Blynk IoT. Blynk IoT yang merupakan modifikasi lanjutan dari Blynk sebelumnya, memiliki kelengkapan widget yang lebih baik. Selain itu, pengaturan juga kita lakukan  pada platform Blynk di website. Tidak seperti sebelumnya yang langsung di smartphone. Project yang menggunakan Blynk IoT masih tergolong sedikit karena masih produk baru. Tapi tenang saja, aplikasi blynk versi lama masih tetap dapat kita gunakan dan tentunya sudah banyak tutorial yang dapat kalian gunakan untuk project IoT menggunakan platform ini.

 

Thingspeak

Thingspeak adalah  platform website yang umumnya berfungsi untuk proyek dengan sistem Internet of Things (IoT). dapat berfungsi  open source untuk menjalankan aplikasi dan API. Data yang masuk ke Thingspeak juga dapat tersimpan dan terakses melalui berbagai perangkat menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) melalui koneksi Internet atau LAN (Local Area Network).

Thingspeak sebagai platform cloud memungkinkan bagi kita untuk memantau dan mengontrol sebagai sistem IoT. Thingspeak dapat menerima data dan  menampilkan data yang terkirim ke perangkat atau antarmuka lain.

Ini tergolong mudah dalam penggunaannya. Mulai dari program,  pengoperasian, hingga interface ke aplikasi lain. Sama seperti Blynk, Thingspeak ini dapat kita gunakan untuk beberapa device mikrokontroler, seperti arduino, NodeMCU ESP8266, Wemos D1, Raspberry, dan modul mikrokontroler lainnya.

 

baca juga: Ingin Belajar IoT? Inilah Perangkat yang harus Kamu Punya

 

Arduino IoT Cloud

Berbicara tentang IoT, tak lengkap rasanya ketika kita tidak merekomendasikan platform buatan Arduino ini. Arduino IoT Cloud adalah platform  Arduino yang didedikasikan untuk project IoT. Seperti halnya produk modul mikrokontroler ciptaannya, Arduino IoT Cloud juga bersifat open source, artinya dapat berfungsi untuk berbagai hal di bidang IoT, mulai dari pembacaan suhu, tekanan, kelembaban, dll, seperti Arduino. Untuk mendukung platform ini, Arduino juga telah mengembangkan perangkat yang telah kompatibel dengan internet, seperti Arduino MKR WiFi 1010 atau Arduino Uno Wifi. Namun bukan berarti kita tidak bisa menggunakan yang lainnya ya. Arduino IoT Cloud juga memperbolehkan 3 jenis produk mikrokontroler untuk project yang menggunakan platform ini. 3 modul tersebut adalah ESP8266, ESP32, dan LoRa.

Platform ini juga cukup unik, di mana program dan tampilan interface dapat dibuat diplatform secara langsung. Bahkan hingga melakukan pengiriman sketch juga dapat dilakukan di platform ini. Cukup praktis kan?

 

Antares IoT Platform

ANTARES IoT Platform adalah Platform IoT yang dibuat oleh Telkom Indonesia. Memungkinkan kita untuk dapat menggunakan semua fitur sesuai dengan kebutuhan. ANTARES IoT Platform disertifikasi secara internasional oleh OneM2M dan tenang saja, platform ini tetap menggunakan protokol internasional.

Dalam hal keamanan, ANTARES mentransmisikan seluruh komunikasi di jalur yang telah dienkripsi yang diatur dengan aman, realtime, dan kuat. ANTARES juga dapat diakses dengan menggunakan modul Arduino, ESP, Android, Raspberry Pi dan modul mikrokontroler lainnya. 

Produk Telkom Indonesia tidak kalah keren dengan produk lainnya lo. Untuk mendapatkan cara membuat IoT dengan platform ini juga sudah tersedia di platform tersebut. 

 

baca juga: Rekomendasi Sensor Murah tapi Variatif untuk Belajar IoT Pemula

 

Nah itu adalah 4 rekomendasi dari Minbot buat kalian yang masih belajar IoT. Pengoperasian yang mudah, akses yang gratis, dan yang paling penting adalah sudah banyak tutorial yang membahasnya dari pendaftaran hingga pengoperasiannya.

Yuk kita belajar IoT dari sekarang.

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp