Apa itu Line Follower? Robot Pengikut Garis?

Indobot Academy

Apa itu Line Follower?
Tahukah kamu? Apa itu Line Follower? Robot Pengikut Garis?

Hai teman Indobot, pasti udah nggak asing lagi ya dengan kata “line follower”? Yap… bener, eh ada yang masih bingung juga ya? Ya udah deh, yuk kita bahas bareng-bareng apa itu line follower.

Line follower adalah salah satu jenis robot yang cara kerjanya mengikuti garis gaes, udah ketebak sih ya dari namanya hehe. Nah si robot line follower ini harus memiliki indra layaknya manusia untuk bisa melihat atau membaca suatu garis. Dia menggunakan sensor cahaya untuk bisa membaca dan mengikuti garis yang ada di depannya Simple banget kan?

Baca Juga : Grounding dan Earthing itu Beda ya?

Sensor ini di susun dari photodiode dan led. Jadi si led berfungsi sebagai sumber dan pengirim cahaya ke garis, lalu cahaya akan di pantulkan oleh garis dan kemudian akan di baca oleh photodiode sebagai penerima cahaya. Jika photodiode menerima cahaya, itu berarti sensor cahaya telah berhasil membaca adanya garis, dan robot akan mulai mengikuti garis tersebut.

Garis yang biasa di ikuti adalah garis hitam di atas permukaan yang berwarna putih atau garis putih di atas permukaan yang berwarna hitam. Kamu tau kan bahwa sifat dari warna putih (permukaan terang) dapat memantulkan cahaya, sedangkan warna hitam (permukaan gelap) tidak dapat memantulkan cahaya. Nah prinsip ini yang di gunakan sensor cahaya pada robot line follower.

 

Jenis Robot line follower

Robot line follower pun di bagi lagi menjadi 2 jenis yaitu analog dan mikro. Yang membedakan adalah otaknya atau kontrolernya. Jika robot line follower analog hanya menggunakan IC transistor sebagai kontroler, sehingga dia tidak akan bisa di beri peritah, dan hanya bisa mengikuti garis berbentuk lurus, oval atau kotak saja. Sedangkan robot line follower mikro menggunakan kontroler dalam bentuk IC board, contohnya arduino (Baca juga artikel Apa itu Arduino ? Yuk kita belajar arduino bareng ). Jadi dia bisa di program sesuai perintah kita, misalnya ada persimpangan dia bisa belok kanan, kiri, lurus atau bahkan berhenti.

Baca Juga : Apasih Pengertian ADC atau Analog to Digital Converter?

Teknologi robot line follower ini sudah berkembang sangat pesat sampai sekarang, termasuk untuk media edukasi anak, dengan program maze solvingnya. Di sini anak akan di ajak untuk menyelesaikan lintasan yang berkelok-kelok yang harus di lalui robot line follower dengan cara memprogram robotnya. Tentunya kemampuan spasial, kreatifitas, stategi, logika, serta analisa anak akan banyak di gunakan.

Gimana? Udah semakin ngerti ya apa itu line follower? Jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

See you on the next article guys, bye bye…

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp