Grounding dan Earthing itu Beda ya? Mari Kita Bahas!

Indobot Update

Istilah grounding sudah sangat populer dalam dunia kelistrikan. Grounding merupakan sistem yang di gunakan dalam instalasi listrik yang berfungsi untuk menghilangkan beda potensial dengan mengalirkan arus dari kebocoran tegangan atau arus berlebih akibat dari sambaran petir. Seperti namanya, grounding (pentanahan) di pasang di dalam tanah dengan menggunakan elektroda khusus.

Lalu apakah Earthing memiliki makna dan fungsi yang sama dengan Grounding?

Jelas berbeda. Perbedaan utama antara grounding dan earthing adalah dalam hal pemasangan ke dalam bumi. Dalam grounding, yang di hubungkan ke tanah adalah bagian yang menghantarkan arus. Sedangkan untuk Earthing, yang di hubungkan adalah bagian yang tidak menghantarkan. Untuk perbedaan lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Titik sambung ke tanah

Grounding menghubungkan titik netral saluran listrik dengan tanah. Sedangkan Earthing menghubungkan body peralatan dengan tanah secara langsung maupun dengan terminal khusus.

Baca juga: Kamu Harus Tau! Mengapa Kita Belajar Arduino atau IoT?

  1. Penempatan

Grounding biasanya di tempatkan di antara kabel netral dan tanah. Sedangkan Earthing di tempatkan di antara body peralatan dan lubang yang berada di bawah permukaan tanah.

  1. Zero potential

Grounding tidak memiliki zero potential, sedangkan earthing memiliki zero potential.

Baca juga: Cara Belajar Arduino Untuk Pemula

  1. Protection

berfungsi untuk melindungi sistem kelistrikan dari alat, sedangkan earthing berfungsi untuk melindungi manusia dari sengatan listrik.

 

  1. Pengaplikasian

Grounding bertujuan untuk mengembalikan jalur kembali ke arus sebenarnya. Sedangkan earthing bertujuan untuk melepaskan energi listrik ke bumi.

  1. Tipe

Tipe pemasangan grounding adalah Solid, resistance, dan reactance. Pemasangan earthing ada 5 tipe, yaitu pipa, plat, rod earthing, tap earthing, dan strip earthing.

Contoh penerapan dari grounding adalah kabel netral pada generator, kabel transformator yang terhubung pada ground, dan lain sebagainya.sedangkan penerapan earthing ada pada selungkup generator, transformator dan lainnya yang terhubung ke bumi.

(Sumber: circuitglobe.com)

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp