Apa itu Tes MBTI

Indobot Academy

psikologi tes MBTI

Mengenali potensi diri tentunya akan membuat fanbot mudah mengarahkan kemampuan agar memperoleh pekerjaan lebih cepat. Saat ini sudah banyak jenis tes psikologi yang hadir untuk mengenali kepribadian manusia, salah satunya adalah Tes MBTI atau Myers-Briggs Personality Test. MBTI saat ini populer di kalangan masyarakat modern, karena sering menjadi perbincangan para publik figur.

Lalu, sebenarnya apa itu Tes MBTI? Dan unsur apa saja yang menjadi penilaian dalam Tes MBTI? Berikut adalah ulasan lengkap di sertai 16 kepribadian menurut MBTI!

[lwptoc]

Apa yang Dimaksud dengan Tes MBTI?

Tes MBTI adalah tes psikologi atau metode pengukuran yang di pakai untuk membaca kepribadian manusia, seperti bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Tes MBTI mulai di perkenalkan pada tahun 1940-an oleh Katherine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers.

Kemudian MBTI di kembangkan oleh psikolog asal Swiss Carl Gustav Jung yang membagi kepribadian manusia berdasarkan empat sifat dasar, yaitu di mensi pemusatan perhatian di mana di dalamnya ada Extrovert (E) dan Introvert (I).

Lalu dimensi memahami informasi dari luar, yang di dalamnya memuat Sensing (S) dan Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) dan Feeling (F). Dan terakhir adalah di mensi pola hidup, yang di dalamnya meliputi Judging (J) dan Preserving (P). 

Dari empat dimensi sifat tersebut, setelah di kombinasikan nantinya bisa melahirkan hingga 16 tipe kepribadian MBTI.

Baca Juga Catat Tanggal Persiapan Tes CPNS BUMN 2023

Menurut perusahaan yang sudah membesarkan namanya, The Myers Briggs Company, Tes MBTI sudah di lakukan oleh hampir 1,5 juta orang setiap tahunnya, mereka pada umumnya melakukan Tes MBTI secara online.

Seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya orang yang tertarik dengan Tes MBTI, hingga saat ini Tes MBTI masih terus di kembangkan menjadi lebih baik lagi.

Apa Saja Unsur Penilaian Tes MBTI

Setelah mengetahui pengertian dari Tes MBTI, selanjutnya akan di jelaskan mengenai unsur-unsur yang menjadi komponen penilaian Tes MBTI dari empat domain kepribadian. Empat domain tersebut terbagi menjadi dua jenis.

Kombinasi tersebut kemudian akan menentukan kepribadian seseorang. Nah, berikut ini adalah jenis-jenisnya!

Extraversion (E) – Introversion (I)

Berdasarkan teori psikologi Carl Jung, pembagian antara tipe kepribadian manusia yang ekstrovert dan introvert bisa dilihat dari bagaimana mereka melakukan interaksi dengan manusia lainnya.

Orang-orang ekstrovert umumnya menyukai kegiatan yang berhubungan dengan interaksi sosial, dan merasa bahagia saat menghabiskan waktu dengan orang lain.

Sedangkan orang-orang introvert memiliki kecenderungan sifat yang berkebalikan dengan ekstrovert, mereka lebih condong menyukai menghabiskan waktu sendiri, atau berinteraksi dengan sedikit orang secara personal.

Sensing (S) – Intuition (N)

Beberapa orang memiliki sifat dan kepribadian bisa mempelajari sesuatu saat mereka sudah melakukan pekerjaan tersebut secara terus-menerus, mereka umumnya menganut teori “learning by doing”. Orang-orang yang mengerjakan sesuatu dengan praktis dan realistis, pada dasarnya memiliki dominasi sensing.

Sedangkan sebagian orang yang mengandalkan intuisinya dalam mengerjakan suatu hal, mereka lebih banyak waktu untuk berimajinasi dan berpikir secara abstrak.

Thinking (T) – Feeling (F)

Setelah mendapatkan informasi dengan sensing-intuition, data yang didapatkan kemudian diolah menjadi pengetahuan untuk menghasilkan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Ada dua spektrum yang bisa digunakan, pertama bagi orang-orang yang suka mengambil keputusan empiris berdasarkan data-data, maka sudah bisa dipastikan bahwa masuk dalam spektrum thinking.

Sedangkan orang yang yang mengambil keputusan berdasarkan kata hatinya, dengan mempertimbangkan kebaikan orang lain yang ada disekitar, berarti masuk dalam spektrum feeling.

Judging (J) – Preserving (P)

Melengkapi tiga elemen sebelumnya, Tes MBTI akan dilanjutkan dengan melihat bagaimana cara seseorang saat menangani hal-hal yang terjadi di dunia luar dan akan mempengaruhi pola pengambilan keputusan yang akan dibuat.

Orang-orang yang pendiriannya kuat biasanya memiliki kecenderungan judging, karena tidak mudah berkompromi terkait hal-hal tertentu yang menurut penilaian orang tersebut tidak sejalan.

Sedangkan orang-orang yang memiliki kecenderungan preserving, mereka akan lebih terbuka dan bisa beradaptasi dengan hal-hal baru atau hal yang mungkin tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya.

Keempat elemen yang dijelaskan di atas, nantinya akan membentuk kombinasi kepribadian seseorang, setiap tipe kepribadian akan menggambarkan kekuatan yang ada dalam diri orang tersebut. Misalnya tingkat kecocokan berhubungan dengan orang lain, atau karir yang cocok dengan tipe kepribadian yang mereka miliki.

16 Tipe Kepribadian Menurut MBTI

tes MBTI personality test

Nah, setelah mengetahui unsur-unsur penilaian dalam Tes MBTI. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang 16 kepribadian menurut MBTI!

  1. ISTJ

Tipe kepribadian ini lebih di kenal dengan “The Inspector”. Mereka memiliki kecenderungan pendiman, praktis, menyukai keteraturan dan ketertiban.

  1. ISTP

kepribadian ini juga sering di sebut sebagai “The Crafter”, mereka akan lebih senang mendapatkan ketenangan saat memikirkan sesuatu dengan menyendiri.

Selain itu mereka juga sangat mandiri, ahli di bidang yang di geluti, cenderung menyukai aktivitas praktis dan memiliki pola sendiri dalam melakukan sesuatu.

  1. ISFJ

Tipe kepribadian yang sering di juluki sebagai “The Protector” ini memiliki sifat yang hangat dan sederhana dengan caranya sendiri. Mereka juga efisien dalam melakukan sesuatu dan selalu bertanggung jawab.

  1. ISFP

kepribadian ini memiliki sebutan “The Artist” mereka cenderung memiliki pikiran yang terbuka, sangat menyukai tantangan dan pengalaman baru, serta di kenal hangat dan rendah hati.

  1. INFJ

Tipe kepribadian ini juga sering di sebut sebagai “The Advocate”. Mereka fokus mengerjakan sesuatu secara lebih mendalam. Memiliki misi yang berhubungan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian.

Baca Juga Pengukur Detak Jantung berbasis IoT

INFP

kepribadian ini juga di kenal dengan julukan “The Mediator”. Sering di gambarkan sebagai pribadi yang idealis, tertutup, kreatif, dan memiliki nilai-nilai yang tinggi dalam memandang kehidupan.

  1. INTJ

Tipe kepribadian yang sering di sebut sebagai “The Architect” ini cenderung ingin meningkatkan nilai kehidupan dengan ide yang inovatif, memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan, intelek, dan berpikir dengan penalaran logis dan penuh strategi.

  1. INTP

kepribadian satu ini sering di kenal sebagai “The Thinker”, mereka cenderung pendiam namun memiliki kemampuan berpikir analisis, dan juga pintar menemukan solusi dari permasalahan yang sulit.

  1. ESTP

Tipe kepribadian ini di juluki dengan “The Entrepreneur”, umumnya memiliki semangat positif dan energik, berorientasi pada tindakan, cekatan, dan mampu membaca peluang yang ada di depan mata.

  1. ESTJ

kepribadian yang di kenal sebagai “The Executive” ini adalah gambaran seorang pemimpin yang tegas, pemikir yang logis, dan mampu menghasilkan solusi dari masalah-masalah yang ada.

  1. ESFP

Tipe kepribadian satu ini di kenal sebagai “The Performer”, mereka cenderung memiliki semangat yang tinggi, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan cenderung bisa mempengaruhi orang untuk melakukan kebaikan yang sama.

ESFJ

kepribadian ini sering di sebut sebagai “The Caregiver”, mereka adalah orang-orang yang menempati peran ibu dalam lingkup persahabatan. Mereka juga di kenal ramah, terorganisir, setia, dan memiliki hati yang lembut.

  1. ENFJ

Tipe kepribadian ini di juluki sebagai “The Protagonist”, mereka adalah orang-orang yang memiliki sifat setia, ramah, dan sensitif. Mereka sering di sebut sebagai “People person”

  1. ENFP

kepribadian yang satu ini sering di sebut sebagai “The Campaigner”, mereka umumnya adalah orang-orang yang suka merangkul visi besar dan menjadi harapan banyak orang, memiliki energi yang positif, serta pandai membawa suasana.

  1. ENTJ

Tipe kepribadian ENTJ di kenal sebagai “The Commander”, mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan memimpin, tegas, menyukai pencapaian, berani, dan juga mempunyai intuisi yang tepat.

  1. ENTP

kepribadian yang terakhir ini dikenal sebagai “The Debater” umumnya mereka cenderung kreatif, berani, suka mendekonstruksi dengan dan gagasan dengan kemampuan intelektual yang cerdas. Selain itu, mereka juga suka berargumen dan menyukai perdebatan.

Dimana Berlatih Tes MBTI Online?

Fanbot dapat melakukan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) secara online di berbagai situs web. Berikut adalah beberapa pilihan situs web yang menyediakan tes MBTI online:

  1. 16personalities.com: Situs ini menawarkan tes MBTI yang populer dan akurat. Setelah menjawab serangkaian pertanyaan, kalian akan menerima hasil yang terperinci tentang tipe kepribadian Anda.
  2. Truity.com: Truity juga menyediakan tes MBTI online yang dapat membantu Fanbot menemukan tipe kepribadian Fanbot. Mereka juga menyediakan deskripsi yang komprehensif tentang setiap tipe kepribadian.
  3. Humanmetrics.com: Situs ini menawarkan tes MBTI online gratis yang dapat membantu Anda menentukan tipe kepribadian Anda. Hasil tes juga memberikan informasi tentang preferensi kalian dalam berbagai aspek kepribadian.
  4. PersonalityPerfect.com: Situs ini menyediakan tes MBTI online gratis yang dapat membantu Fanbot menemukan tipe kepribadian. Tes ini menggabungkan elemen-elemen dari teori MBTI dengan penjelasan yang lebih praktis.

Fanbot tertarik untuk mengetahui apa kepribadian kalian? bisa langsung ikutan tesnya di sini. Selain mengenal karakter kalian dengan baik, yang tidak boleh kalian lupakan adalah kemampuan skill kalian di bidang kerja yang kalian lamar. Gabung di Indobot Academy untuk belajar skill terbaru seputar dunia internet of things

Nah, itu dia informasi lengkap tentang apa itu tes MBTI, apa saja unsur penilaiannya, serta 16 tipe kepribadian MBTI. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp