Arduino Masuk Kategori Mikrocontroller atau Mikroprocessor?

Indobot Update

Pendeteksi Jarak dengan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino
Alat Pendeteksi Jarak dengan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino

Hai Fanbot, para Arduino mania. Di sini Minbot mau tanya, Arduino itu masuk ke kategori Mikrocontroller atau Mikroprocessor ya? Nah lho, kalau masih bingung, di sini kita akan bahas mengenai perbedaan antara Mikrocontroller atau Mikroprocessor.

 

Gb. Board Arduino Uno

Kita mulai dengan mengetahui dulu apa sebenarnya yang di maksud dengan Mikrocontroller dan Mikroprocessor.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Mikrokontroler

Adalah computer mikro dalam satu chip tunggal. Mikrokontroler memadukan memori untuk menyimpan program atau data pheriperal I/O untuk berkomunikasi dengan alat luar. Pemanfaatan mikrokontroler saat ini sangat populer di bidang kendali dan instrumentasi elektronik. Hal ini terjadi karena mikrokontroler memiliki keunggulan dan kemudahan dan harganya yang relative murah.
Contoh Microcontroller yang banyak di temukan di pasaran yaitu Arduino UNO dengan IC Atmega328 dan variasi lain dari Arduino, Selain itu ada Atmel ATmega169, Cypress PsoC chips, dsb.

Mikroprocessor

Mikroprosesor sering juga di sebut dengan prosesor atau CPU. Di beri sebutan CPU karena fungsinya sebagai unit pemroses pusat. Mikroprosesor sebagai sebuah chip tidak bisa bekerja sendiri. Dalam Chip IC Mikroprocessor tidak terdapat ROM, RAM, I/O dan perangkat peripheral, sehingga di perlukan adanya tambahan komponen eksternal dan interkoneksi antar komponen agar Mikroprocessor dapat bekerja. Biasanya, Mikroprocessor di gunakan untuk tujuan umum (general purpose) yang membutuhkan komputasi kompleks.
Contoh Mikroprocessor yang umum di temukan yaitu Intel Pentium, Intel Core I3, I5, I7, AMD A7, dan banyak lainnya.

Berdasarkan kedua deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa Mikrokontroler terdiri dari chip dan juga periperalnya, sedangkan Mikroprosesor hanya terdiri dari chip saja. Dari segi harga dan pengaplikasian secara umum, mikrokontroler masih menjadi idolanya, namun untuk kecepatan proses, microprocessor lebih unggul dari pada mikrokontroller.
Jadi sudah menemukan jawaban? Arduino masuk kategori apa? Coba tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah ya?

 

Penulis : Eva Kurnia Sari

Kamu ingin memperbanyak jam terbang dan portofolio bikin project elektronika/ Arduino/ IoT? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp