#Belajar Dasar Pemograman Arduino, Pengetahuan Dasar C

Indobot Academy

#Belajar Dasar – Dasar Pemograman Arduino, Pengetahuan Dasar C Arduino

Halo Sahabat Indobot, mari kita lanjutkan kembali untuk belajar ardunio , pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang Pengetahuan Dasar Bahasa C pada Arduino. nah untuk kalian yang belum tahu tentang dasar dasar pengetahuan pemograman, kalian bisa cek Postingan ini .

Oke Mari Kita Mulai Sahabat Indobot !.

Pertama tama kita harus paham Bahwa Semua bahasa perograman  terdiri dari :

  1. ekspresi,
  2. statemen,
  3. blok statemen
  4. blok fungsi

Baca Juga : Tutorial Pengetahuan Dasar C Arduino

Nah Ini merupakan bahasa basic untuk sahabat indobot dalam belajar ardunio . Masih bingung ?, mari kita bahas satu satu

Ekspresi  adalah kombinasi operand dan operator  contoh  2+3 ,  X > Y   dst…    2,3,X dan Y adalah operand  sedangkan  + dan > adalah operator .

Baca Juga : Membuat Project Ardiono Sederhana #1 LED BLINK (Kedip)

Statemen adalah  instruksi lengkap dalam bahasa C di akhiri dgn tanda  ;  (titik koma)   contoh :  A= 2+3;

Statemen dan ekspresi C arduino  indentik dengan ANSI-C , Struktur Program C Arduino  minimal terdiri dari dua fungsi yaitu setup() dan loop().

Saat kita hidupkan board Arduino, seperti yang mungkin kita pasang dalam proyek elektronik, fungsi yang pertama kali berjalan di sebut setup(). Ini seperti langkah awal atau persiapan sebelum kita masuk ke tugas utama. Misalnya, kita bisa mengatur apa yang harus di lakukan oleh sensor atau menetapkan bagaimana pin-pinpada Arduino seharusnya berperilaku.

Setelah itu, ada fungsi yang di sebut loop(). Loop() ini, seperti namanya, berjalan terus-menerus seperti lingkaran. Di dalamnya, kita bisa menetapkan apa yang seharusnya terus di ulang atau di lakukan secara berulang. Misalnya, membaca data dari sensor, mengirimkan informasi melalui komunikasi serial, atau menjalankan tugas-tugas rutin.

Ini berbeda dari bahasa pemrograman umum, seperti C, di mana biasanya ada fungsi main() sebagai tempat program di mulai. Dalam dunia Arduino, setup() adalah “tempat mulai” kita, di ikuti oleh loop() yang terus berjalan seperti siklus kerja utama yang membuat perangkat kita dapat melakukan tugas-tugasnya secara terus-menerus. Dengan memahami ini, kita bisa lebih mudah merancang dan mengontrol proyek-proyek sederhana hingga yang lebih kompleks menggunakan board Arduino.

Ingat kemarin kita sempat membahas variable belajar ardunio di postingan

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp