Membuat Project Arduino Sederhana #1 LED BLINK (Kedip)

Indobot Academy

Motor Servo
Motor Servo

Halo Sahabat Indobot , Nah sebagai pemula, setelah sahabat Indobot belajar ardunio  memilih proyek yang sederhana nah namun untuk proyek ini kita cukup membuka pengertian akan akses pin pada Arduino Uno Board , bagi sahabat Indobot yang belum tau macam – macam arduino itu ada apa saja bisa klik di sini.

Nah pada topik ini , Led Blink, program akan mengakses pin 10 dan memerintahkan arduino untuk mengulang blink led. Dengan mengerjakan proyek ini, kita akan mempelajari beberapa dasar-dasar elektronik dan sketch programming Arduino. Bagi Sahabat Indobot yang belum tau dasar – dasar Pemograman Arduino bisa klik di sini

Hal yang di perlukan

  • Breadboard
  • Led 5 mm
  • 100 ohm resistor

 

Nah Mari mulai ya Sahabat Indobot, Warna kabel jumper tidak harus sesuai gambar, namun untuk kebiasaan yang baik, usahakn untuk positif gunakan warna merah, untuk ground gunakan hitam. Lubang pada breadboard pun tidak masalah, kita bisa memasang di lubang yang mana saja. Yang harus betul-betul di perhatikan adalah hubungan antar komponen dan pin pada arduino, harus sesuai gambar , Harus semangat ya untuk belajar ardunio .

Baca Juga : #Belajar Dasar – Dasar Pemograman Arduino , Pengetahuan Dasar C Arduino

Sketch

 

// Project 1 – LED Flasher

int ledPin = 10;

void setup() {

pinMode(ledPin, OUTPUT);

}

void loop() {

digitalWrite(ledPin, HIGH);

delay(1000);

digitalWrite(ledPin, LOW);

delay(1000);

}

Nah, setelah sketch di ketik, tekan tombol verivy, bila tidak ada error, tekan tombol upload. (silakan lihat cara upload dan konek arduino uno dengan komputer).

Baca Juga : Persiapan Membuat Program Sederhana Pada Arduino

Pembahasan Sketch

 

// Project 1 – LED Flasher

Yang Pertama ini Sahabat Indobot , adalah komentar baris yang berguna untuk dokumentasi program, kompiler akan mengabaikan bagian ini. Baris komentar berguna bagi programmer agar bisa mengerti maksud program.

 

int ledPin = 10;

Ini merupakan ,Inisialisasi variable, dalam hal ini inisialisasi variable bernama ledPin dengan type data integer dan nilai 10.

 

void setup() {

pinMode(ledPin, OUTPUT);

}

Setiap sketch arduino wajib memiliki fungsi setup() dan loop().  Fungsi setup() di panggil hanya sekali saat pertama kali program berjalan. Fungsi setup() biasanya tempat untuk men-setup hal-hal umum agar program Anda siap di jalankan, seperti setup pin modes, setting serial baud rates, dan lainnya.

 

Pada sketch Led Blink, fungsi setup hanya memiliki 1 baris perintah yaitu

 

pinMode(ledPin, OUTPUT);

 

pinMode fungsi yang berguna untuk memberitahu arduino bahwa pin pada board akan di gunakan sebagai input atau output.Dalam baris program di atas,  kita memberitahu arduino untuk menset pin 10 (nilai ledPin adalah 10) sebagai OUTPUT.

 

void loop() {

digitalWrite(ledPin, HIGH);

delay(1000);

digitalWrite(ledPin, LOW);

delay(1000);

}

 

Fungsi loop() function adalah program utama yang di panggil secara continue selama arduino menyala (di aliri power). Setiap perintah dalam fungsi loop() akan di panggil satu persatu sampai perintah terakhir dalam blok loop di capai, lalu Arduino akan kembali ke awal perintah di blok fungsi loop(), sampai Arduino di matikan atau tombol reset di tekan.

Kesimpulan

Jadi dalam proyek ini Arduino akan menyalakan led, menunggu selama 1 detik, lalu mematikan led, lalu menunggu 1 detik. Urutan perintah ini akan di ulang terus menerus sampai arduino di matikan atau di reset.

Nah, itu dulu ya sahabat Indobot materi belajar ardunio untuk kali ini, eits tenang untuk pembahasan lengkapnya akan di bahas pada materi selanjutnya, makanya bookmark dulu website kita dan tunggu update an dari kita ya !

Jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp