Benefit Belajar Robot Line Follower? Emang ada ya?

Indobot Academy

Hai teman Indobot, kali ini kami akan membahas tentang apa aja sih benefit dari mempelajari robot line follower. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan dalam artikel Apa itu Line Follower? Robot Pengikut Garis? sebelumnya. Robot line follower memiliki program maze solving yang dapat membantu para usernya, khususnya anak-anak untuk meningkatkan kemampuannya.

Jual Robot Edukasi Line Follower Anami Basic Arduino di Lapak Alma Aarij Fathan | Bukalapak

Belajar dan bermain robot line follower Anami 

Nggak usah lama-lama ya? Yuk kita bahas satu-persatu benefit apa aja dan kemampuan apa yang dapat kita tingkatkan dengan belajar robot line follower?

Baca Juga : LIFOCO, Line Follower Competition #6

1. Meningkatkan kemampuan spasial

Menurut beberapa sumber yang kami peroleh, kemampuan spasmerekal adalah kemampuan memandang warna, garis, bentuk, ruang dan memahami visualisasi serta sifat-sifat. Wah panjang juga ya definisinya hehe, jadi intinya dengan meningkatnya kemampuan maka kemampuan perencanaan, proyeksi, merangkai informasi dan mengambil keputusan pada anak juga akan meningkat. Kok bisa kemampuan spasmerekal dapat meningkat dengan belajar robot? Ya bisa dong, untuk bisa menyelesaikan maze dari suatu lintasan, anak harus mengerti bentuk-bentuk maze tersebut, dan mengambil keputusan bagaimana cara dmereka menyelesaikannya.

2. Mengembangkan logika berpikir

Agar robot bisa menyelesaikan maze sesuai keinginan anak, maka anak harus memberikan perintah berupa program melalui setting robot langsung atau bisa juga melalui PC, nah kegmerekatan ini bisa juga disebut coding, keren ya hehe. Untuk mengcoding anak harus menggunakan logikanya, kapan harus belok kiri, kapan harus lurus, kapan harus belok kanan, dan kapan harus berhenti/finish.

3. Mempertajam proses analisa

Hah Analisa? Kok bisa? Oke, jadi gini, masih dalam proses coding ya. Nah setelah anak melogika perintah yang akan dimasukkan ke dalam coding, mereka juga harus bisa menganalisa sensor mana saja yang harus digunakan. Misal ya? Di depan si robot ada pertigaan, nah peritah kita, robot harus belok kanan, maka sensor sebelah kananlah yang akan bekerja membaca garis di sebelah kanan.

Titik perintah atau indeks pada setting robot line follower (sumber : dokumentasi Indobot)

4. Meningkatkan kemampuan membuat strategi

Setelah anak tau bagaimana cara memberikan perintah ke robot untuk menyelesaikan maze nya. Dmereka juga harus mengatur strategi untuk membuat check point di persimpangan-persimpangan yang rawan kerjadi kesalahan. Baca juga artikel “Mengerti Fungsi Check Point Pada Robot Line Follower”.

Baca Juga : 5 Hardware yang Wajib Ada Dalam Membuat Robot Line Follower

5. Mengembangkan kreatifitas

Kreatifitas menjadi salah satu hal yang krusmerekal bagi anak, dengan kreatifitas, anak dapat melakukan improvisasi untuk masalah-masalah yang mereka hadapi. Melalui pembelajaran menggunakan robot line follower ini, kreatifitas anak juga akan berkembang. Mereka bisa dengan leluasa membuat lintasan sesuai imajinasinya, perintah/coding sesuai keinginannya, dan mereka pun juga bisa mengupgrade robot line follower ini menjadi robot berfungsi lain dan memainkan robot ini sesukanya.

Nah itu tadi 5 benefit dari belajar robot line follower, dan tentunya pembelajaran ini akan sangat mengasikkan bagi anak, karena mereka tidak akan merasa bahwa sejatinya mereka bukan sedang belajar, tapi bermain dengan teknologi baru yang sangat bermanfaat bagi masa depannya.

Jika kamu suka dengan artikel singkat ini, silahkan share ke teman-teman kamu atau jika kamu tertarik untuk menulis, kamu juga bisa memposting tulisan-tulisan menarikmu di website www.indobot.co.id

See you on the next article guys, bye bye…

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp