Bersinergi Membangun Dunia Pendidikan: Indobot Academy dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Melakukan Link and Match, Update Teknologi dari Dunia Kerja pada Guru.

Indobot Update

Indobot dan SMK Muhammadiyah Jatinom bersinergi dalam acara

Sabtu, 01 Oktober 2022. Indobot Academy bersinergi dengan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom. Program yang bertajuk “Implementasi Link and Match: Update Teknologi dari Dunia Kerja pada Guru” ini dilaksanakan untuk melakukan update kondisi dunia industri. Khususnya kondisi kebutuhan Sumber Daya Manusia di dunia Industri Teknologi dan Informasi. Program ini dihadiri oleh Bapak Oby Zamisyak (CEO dan Founder PT Ozami Inti Sinergi/Indobot Academy) sebagai pembicara, Ibu Ekasthana N.S selaku kepala program studi jurusan Teknik Audio Video, Perwakilan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kabupaten Klaten, dan beberapa guru program studi Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.

[lwptoc]

Indobot dan SMK Muh 2 Jatinom Bersinergi Link & Match Industri

Program implementasi link and match ini di laksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom yang beralamat di Jalan Krajan No.2 Jatinom, Kabupaten Klaten. Program ini sangat di perlukan untuk membantu bapak/ibu guru SMK untuk memperoleh wawasan tambahan tentang teknologi-teknologi yang saat ini di gunakan di dunia usaha dan dunia digital, sehingga dapat membantu dalam persiapan dan peningkatan kualitas siswa-siswi SMK. Selain itu dengan adanya program ini di harapkan dapat menjadi bahan referensi untuk meningkatkan skill siswa-siswi yang di butuhkan untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Program ini juga dapat di manfaatkan oleh para guru untuk menyusun materi pembelajaran yang relevan dengan kondisi Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) pada saat ini. 

Sesi pemaparan materi oleh Bapak Oby Zamisyak

Rangkaian Acara

Acara kegiatan Link and Match ini di buka langsung oleh bapak Oby Zamisyak. Kemudian  di lanjutkan dengan pemaparan materi pembuka tentang Company Profile Indobot Academy, peluang kerja di bidang Teknologi Informasi khususnya Internet of Things di Era Revolusi Industri 4.0. 

Internet of Things (IoT) dapat di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan, dari mulai kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan untuk bisnis berskala besar. Selaras dengan manfaat IoT di era perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, kebutuhan akan SDM yang mumpuni juga semakin besar. Menurut data riset IoT Analytics Research, kebutuhan SDM Internet of Things akan semakin mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kebutuhan SDM bidang IoT di perusahaan akan naik hingga 22% pada tahun 2025 mendatang. Bahkan di perkirakan akan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2027. Tentu saja hal ini merupakan kabar baik di mana ini menandakan akan adanya serapan tenaga kerja yang cukup besar di bidang IoT. Selain itu ini juga menandakan akan adanya potensi perubahan kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Prediksi pasar IoT tahun 2019-2027
Peluang karir di bidang Internet of Things saat ini semakin bervariatif. Contohnya profesi IoT saat ini seperti IoT Engineer, Industrial IoT Strategist, IoT Platform and Marketplace, dan masih banyak lagi. Sejalan dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Ada potensi bahwa kedepanya akan ada semakin banyak variasi dan perubahan peluang kerja di berbagai bidang. Hal inilah yang menjadi dasar SMK harus mengupdate kondisi dan pengetahuan yang di butuhkan untuk mempersiapkan siswa-siswinya agar menjadi lulusan yang berkualitas. Dan mampu terserap sepenuhnya ke dunia kerja. 

Baca Juga SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Pelajari Mesin Laser Cutting Bersama Indobot

Program Link and Match ini nantinya dapat di terjemahkan kedalam berbagai bentuk bahan ajar dan program pembelajaran bagi siswa-siswi SMK. Dengan mengacu kepada tools-tools atau teknologi yang banyak di gunakan oleh DUDI. Bapak ibu Guru dapat mengadopsinya dan mengimplementasikannya di kegiatan belajar-mengajar di sekolah, agar siswa-siswi mulai terbiasa dengan teknologi-teknologi tersebut. Sehingga harapannya, sekolah dapat mencetak calon SDM unggul yang benar-benar bisa beradaptasi dengan dunia kerja nantinya.

Setelah pemaparan materi, kegiatan di lanjutkan dengan diskusi tanya-jawab guru SMK dengan Bapak Oby Zamisyak. Kemudian kegiatan di tutup dengan foto bersama-sama peserta dan Bapak Oby Zamisyak selaku pembicara sekaligus perwakilan dari Indobot Academy.

Indobot Academy bersinergi di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Klaten
Sesi diskusi tanya jawab bersama pemateri

Tujuan dan Harapan 

Dengan adanya Indobot Academy sebagai referensi, di harapkan dapat membantu pihak SMK dalam memberikan insight baru yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas lulusan-lulusannya. Selain itu di harapkan dengan adanya penyelarasan kurikulum ini dapat mempengaruhi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk Industri di masa mendatang. Indobot juga berharap kedepannya akan ada lebih banyak lagi kerjasama yang dapat berdampak positif baik bagi dunia pendidikan. Khususnya dengan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom, Klaten. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp