SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Adakan Pelatihan Pengoperasian Mesin Laser Cutting

Indobot Update

SMK muhammadiyah 2 Jatinom adakan pelatihan laser cutting
SMK muhammadiyah 2 Jatinom adakan pelatihan laser cutting

Pada Sabtu, 01 Oktober 2022 lalu Indobot kembali bersinergi menjalin kerjasama dengan instansi pendidikan dalam program pelatihan Mesin Laser Cutting bersama SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Klaten. 

[lwptoc]

Agenda Kegiatan Pelatihan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom dan Indobot

Pelatihan yang bertajuk “Pelatihan dan Desain Pengoperasian Mesin Laser Cutting” dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom yang beralamat di jalan Krajan No.2, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Pelatihan tersebut berlangsung dari pukul 09.00-15.00 WIB dan diikuti oleh Ibu Ekasthana N.S, selaku Kepala Program Studi Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 2 Jatinom beserta 5 guru, 4 orang siswa dan 1 orang trainer Indobot Academy yaitu Bapak Amin Amaludin. Antusiasme guru dan siswa dalam menjalani pelatihan ini terlihat dari keaktifan mereka memberikan feedback. Dan mempraktikan pengoperasian mesin laser cutting tersebut bersama Trainer.

Gambar Pelatihan Desain dan Pengoperasian Mesin Laser Cutting

Rangkaian Kegiatan

Susunan acara pada Pelatihan Mesin Laser Cutting di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom di buka langsung oleh trainer, yaitu Bapak Amin Amaludin. Kemudian acara di lanjutkan dengan pemaparan Materi 1. Materi yang di sampaikan antara lain pengenalan mesin, contoh pengaplikasian mesin, dan desain produk. Mesin Laser Cutting yang di gunakan dalam pelatihan ini merupakan seri 6090 dengan media berupa akrilik, grafir, stiker carbon, dan busa hati. Output yang di hasilkan oleh mesin laser cutting berupa pemotongan dan ukir atau grafir benda-benda yang berukuran kecil. Bahan yang dapat di olah menggunakan mesin ini cukup bervariasi, mulai dari akrilik, kayu, karet, dan lain sebagainya. 

Baca Juga Indobot Perkenalkan Industri IoT Pada SMK Pasirian

Kemudian acara di lanjutkan dengan istirahat sholat Dzuhur dan makan, lalu kembali di lanjutkan dengan pemaparan materi 2 oleh trainer Amin. Pada materi ke-2 ini peserta diajak mempraktekkan secara langsung pengoperasian mesin. Pertama yang harus di lakukan adalah menyalakan dan melakukan setting pada pengaturan mesin. Selanjutnya peserta di arahkan untuk mengkoneksikan mesin dengan Perangkat Komputer atau laptop yang akan di gunakan untuk import data line desain. Peserta di arahkan untuk membuat contoh desain produk yang akan di olah menggunakan Aplikasi CorelDraw X7. Setelah desain jadi langkah selanjutnya adalah mengimport data ke aplikasi RD Works dan melakukan setting kecepatan dan kekuatan pada mesin. Lalu mesin siap d ijalankan. 

Praktik Pengoperasian Mesin Laser Cutting
Pemaparan materi yang terakhir di isi dengan cara merawat mesin. Mulai dari membersihkan meja kerja mesin, melumasi solar mesin, penggantian air secara rutin, hingga melakukan servis. Maintenance mesin sangat di perlukan untuk menjaga agar kondisi mesin tetap prima dan dapat menghasilkan produk-produk berkualitas. Peserta pelatihan juga sangat antusias mendengarkan instruksi sekaligus mempraktekan secara langsung bersama trainer. Para Guru merasa sangat senang dengan ilmu pengetahuan baru yang di dapatkan. Dan Siswa peserta pelatihan mengikuti pelatihan dengan penuh perhatian dari awal hingga akhir. 

Baca Juga Kebiasaan Guru Unggulan yang Menginspirasi

Praktik pengoperasian Mesin Laser Cutting oleh Trainer

Tujuan dan Harapan

Tujuan di adakanya pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan siswa sebelum terjun ke dunia kerja agar memiliki hardskill pengoperasian mesin laser cutting, khususnya seri 6090. Dan mempersiapkan Guru SMK Muhammadiyah 2 Jatinom. Khususnya jurusan Teknik Audio Video untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan skill praktikal yang nantinya akan di jadikan bahan ajar praktik kepada siswa-siswinya.

Harapanya adalah agar guru dan siswa peserta pelatihan mendapatkan ilmu baru dan praktek yang mumpuni untuk di jadikan modal pembelajaran. Maupun modal mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu Indobot Academy berharap agar kedepannya akan terus terjalin kerjasama bersama SMK Muhammadiyah 2 Jatinom, Klaten dalam kegiatan yang berdampak positif seperti ini. 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Satu pemikiran pada “SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Adakan Pelatihan Pengoperasian Mesin Laser Cutting”

  1. Ping-balik: Indobot dan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Bersinergi

Tinggalkan komentar

whatsapp